Comscore Tracker

Waspada! Ini 6 Hewan dengan Tubuh Kecil, namun Sangat Mematikan

Lebih baik hindari kalau bertemu...

Bagi yang sangat senang bertualang di alam terbuka, kamu perlu tahu tentang hewan kecil, namun mematikan berikut ini. Meskipun ukuran tubuhnya sangat kecil, siapa sangka ternyata racun di dalam tubuh hewan-hewan ini mampu membunuh manusia. Berikut daftar hewan kecil, namun sangat mematikan. 

1. Kalajengking

Waspada! Ini 6 Hewan dengan Tubuh Kecil, namun Sangat Mematikanasgmag.com

Hewan kecil yang tergolong jenis artropoda ini tentu sudah tidak asing lagi. Meskipun tubuhnya sangat kecil, ternyata hewan dengan bentuk tubuh berkubu-buku ini mengandung racun yang sangat mematikan. Dilansir dari Mother Nature Network, kalajengking adalah salah satu hewan yang sangat kecil, namun sangat mematikan.

2. Gurita bercincin biru (blue ringed octopus)

Waspada! Ini 6 Hewan dengan Tubuh Kecil, namun Sangat Mematikanmarinebio.org

Hewan bertubuh lunak ini memiliki warna yang sangat menarik pada permukaan tubuhnya. Namun, di balik warnanya yang sangat indah, ternyata hewan ini sangatlah beracun.

Buzz Feed menggolongkan hewan laut ini menjadi salah satu hewan kecil paling mematikan. Bagaimana tidak, meski ukuran tubuh hanya mencapai panjang 5 cm, racunnya 1.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan racun sianida.

3. Katak panah beracun (poison dart frog)

Waspada! Ini 6 Hewan dengan Tubuh Kecil, namun Sangat Mematikanearthrangers.com

Jika melihat bentuk tubuhnya yang kecil dan warna yang sangat cerah, siapa sangka bahwa katak ini sangatlah beracun. Masih mengutip dari Mother Nature Network, jenis katak panah emas (golden poison dart frog)  merupakan jenis katak yang paling beracun.

Bagaimana tidak, seekor katak ini mampu membunuh 10-20 orang pria dewasa, meskipun ukuran tubuhnya hanya 4 cm.

Baca Juga: 5 Kisah Persahabatan Manusia dengan Hewan, Unik dan Inspiratif

4. Laba-laba

Waspada! Ini 6 Hewan dengan Tubuh Kecil, namun Sangat Mematikanlivescience.com

Jenis hewan berbuku-buku ini sangat sering ditemui di sekitar kita. Meskipun tidak semua laba-laba beracun, setidaknya ada sembilan jenis laba-laba yang sangat mematikan.

Seperti yang diberitakan oleh Encyclopædia Britannica, laba-laba jenis brown recluse spider, brazilian wandering spiders, yellow sac spider, laba-laba serigala (wolf spider), black widow spider, brown widow spider, red widow spider, redback spider, dan funnel-web spiders  memiliki racun yang sangat mematikan.

5. Lalat tsetse

Waspada! Ini 6 Hewan dengan Tubuh Kecil, namun Sangat Mematikansciencedirect.com

Jenis lalat ini biasanya hidup di daerah Afrika. Mother Nature Network meyebutkan bahwa lalat yang penampilannya sekilas mirip dengan lalat rumah ini, ternyata sangat berbahaya.

Gigitan lalat ini dapat menyebabkan penyakit tidur pada manusia atau yang biasa disebut penyakit trypanosomiasis. Bersyukur lalat rumah tidak membahayakan seperti lalat yang satu ini, ya. 

6. Lebah asian giant hornet

Waspada! Ini 6 Hewan dengan Tubuh Kecil, namun Sangat Mematikanwikimedia.org

Hewan yang memiliki nama ilmiah Vespa mandarinia ini ternyata masuk ke dalam daftar hewan kecil paling beracun. Dikutip dari Buzz Feed, gigitan serangga yang masih merupakan jenis lebah ini dapat menyebabkan kelumpuhan, kegagalan fungsi organ tubuh dan bahkan kematian.

Meskipun sangat bermanfaat bagi manusia, lebah yang satu justru sangat mematikan.

Meskipun hewan-hewan kecil di atas sangat beracun dan mematikan, jangan pernah takut sama hewan, ya. Hewan di atas hanya sebagian kecil dari hewan yang ada. Namun, jika sewaktu-waktu berhadapan dengan hewan tersebut, tetap waspada, ya.

Baca Juga: Bikin Gemas, Ini 8 Aksi Nyentrik Hewan Saat Bersepeda

Gusti A Gultom Photo Writer Gusti A Gultom

Muda perbanyak ilmu, tua hidup bijaksana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya