Comscore Tracker

Kenapa Rel Kereta Api Dipenuhi Batu Kerikil? Ini Alasannya!

#SainSeru: Akhirnya terjawab sudah...

Bagi para pengguna kereta api mungkin tidak asing bila melihat kerikil yang ada pada rel keret api. Tapi apakah kalian pernah tau bahwa ternyata itu ada alasan ilmiahnya lho. Ini dia alasannya..

1. Kerikil bertujuan untuk menghambat tumbuhnya tanaman liar

Kenapa Rel Kereta Api Dipenuhi Batu Kerikil? Ini Alasannya!tribunnews.com/

Dengan adanya bebatuan kerikil, cahaya matahari akan terhalang untuk langsung menyinari tanah, dengan begitu persentase tumbuhnya tanaman liar ataupun rerumputan akan semakin kecil. Bahkan, jika ada benih yang akan tumbuh dari dalam tanah pun akan kesulitan karena dibebani kerikil.

Karena jika sampai ada tanaman yang tumbuh, hal tersebut akan membahayakan dan menghambat kereta untuk melewati rel. Selain itu kerikil juga dapat menggemburkan tanah di bawahnya. Sehingga tanah di bawah rel akan menjadi lebih stabil saat dilewati oleh kereta.

2. Sebagai bantalan pemberat

Kenapa Rel Kereta Api Dipenuhi Batu Kerikil? Ini Alasannya!katadata.co.id/

Bebatuan kerikil yang terkumpul di sekitar rel kereta api juga berfungsi sebagai pemberat. Adanya batu kerikil pada batangan bantalan rel, membantu rel untuk tetap stabil. Dengan begitu, kereta api diatasnya dapat melaju dengan baik dan aman.

3. Sebagai penahan getaran

Kenapa Rel Kereta Api Dipenuhi Batu Kerikil? Ini Alasannya!gres.news

Coba kita bayangkan bila kereta api hanya disangga oleh sepasang baja. Pastinya akan menghasilkan gaya yang sangat besar. Maka dari itu dengan adanya bebatuan kerikil itu bermanfaat sebagai penahan getaran dan juga dapat mengurangi goncangan yang terjadi saat kereta api melintas serta dapat memperpanjang usia rel.

4. Untuk mencegah erosi

Kenapa Rel Kereta Api Dipenuhi Batu Kerikil? Ini Alasannya!enotrans.org

Kerikil yang terkumpul di sekitar rel kereta api juga berfungsi sebagai pencegah erosi. Karena bila hujan dan banjir tiba, akan berakibat pada pengikisan dan erosi tanah yang berada di bawah rel kereta. Jika sampai terjadi erosi, kemungkinan dapat mengakibatkan tanah ambles ataupun anjlok yang dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Nah, sudah tahu kan?

 

Hanna Chriestina Photo Writer Hanna Chriestina

A little mouse deer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya