Comscore Tracker

Terungkap, Ini Bedanya Si Pemalu dan Introver menurut Sains 

Jangan lagi bikin salah kaprah ya, karena kita berbeda

Karakter pemalu mungkin sering dikaitkan dengan kepribadian seseorang yang introver. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa dia yang pemalu merupakan si Introver juga.
Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar, dan hanya memunculkan pemahaman yang keliru. Simak 5 penjelasan sains mengenai perbedaan si pemalu dan introvert berikut ini!

1. Mereka sebenarnya memiliki alasan yang berbeda dalam menolak ajakan keluar 

Terungkap, Ini Bedanya Si Pemalu dan Introver menurut Sains Unsplash.com/Daniel Spase

Baik si pemalu ataupun introver keduanya mungkin sedikit enggan untuk menerima ajakan keluar, misalnya untuk bergabung dalam pesta. Walaupun terlihat memiliki kesamaan, nyatanya dua pribadi ini punya alasan yang berbeda dalam menyikapi hal tersebut.

Si introver mungkin menolak ajakanmu untuk keluar karena dia lebih menikmati waktu untuk menonton film ataupun melakukan hal lain yang dia sukai. Karena pada dasarnya Introver sangat menikmati waktu bersama dirinya sendiri. Sedangkan si pemalu enggan menerima ajakan bukan karena dia tidak ingin, namun lebih tepatnya karena dia memiliki rasa takut untuk pergi dan bersosialisasi dengan orang lain.

2. Lingkungan merupakan penyumbang yang cukup besar untuk membentuk pribadi pemalu 

Terungkap, Ini Bedanya Si Pemalu dan Introver menurut Sains imdb.com

Thalia Eley seorang Profesor Developmental Behavioural Genetics dari Kings College London percaya jika gen dan lingkungan turut membentuk kepribadian seseorang.

Dia mengatakan bahwa 30% karakter pemalu seseorang dipengaruhi oleh gen. Sisanya merupakan bentukan dari lingkungan. Namun tak perlu khawatir, karena hal tersebut sifatnya dinamis dan dapat diubah dengan teknik terapi yang sesuai.

Berkebalikan dengan pemalu, introver adalah salah satu jenis tempramen bawaan dari lahir. Jerome Kagan dan Nancy Snidman, psikolog dari Harvard University mengatakan bahwa tempramen jika diibaratkan telah mengakar dalam susunan otak manusia yang dibawa melalui gen. Seorang introver mungkin bisa menjadi ekstrover jika berusaha untuk melatih skill bersosialnya namun tidak sepenuhnya dia bisa berubah menjadi ekstrover.

Kepribadiannya saja yang mungkin bisa diubah, namun tempramen tetap melekat pada dirinya!

Baca Juga: 7 Alasan Work From Home Cocok Buat Introver, Makin Bikin Produktif!

3. Studi menunjukkan bahwa pemalu memiliki beberapa kategori, lho! 

Terungkap, Ini Bedanya Si Pemalu dan Introver menurut Sains Pexels.com/Pixabay

Untuk menguatkan perbedaan antara introver dan pemalu, sebuah studi dari Jonathan Cheek, Profesor Psikologi dari Wellesley College mengategorikan pemalu menjadi empat bagian:

  • Shy-secure: pada kategori ini seorang pemalu memang memiliki sedikit kecemasan untuk bergabung dalam interaksi sosial, namun mereka tetap akan melakukan interaksi walaupun sangat sedikit. Lebih lanjut Jonathan mengatakan jika seorang Shy-secure ditempatkan dalam sebuah lab dengan orang asing, mereka masih memiliki kemungkinan untuk memulai interaksi dengan gayanya yang tenang.
  • Shy-withdrwn: seorang pemalu dalam kategori kedua ini merupakan orang yang memiliki kegelisahan dan ketakutan tersendiri dalam hal bersosial. Seringkali mereka takut jika melakukan kesalahan, mendapat penolakan hingga memeroleh penilaian yang salah dari orang lain. Pada kategori ini si pemalu mudah merasakan kesepian hanya karena ketakutan yang ia miliki.

  • Shy-dependent: dalam kategori ini si pemalu sebenarnya memiliki keinginan bersosial yang tinggi. Mereka melakukan berbagai upaya agar dapat diterima dalam lingkungan sosial. Seringkali mereka mendahulukan orang lain dibanding dirinya agar dapat diterima dalam lingkungan.

  • Shy-conflicted: pada kategori ini si pemalu ada di posisi antara ingin bergabung dalam lingkungan sosial atau menarik diri dari lingkungan (hide and seek). Mereka cenderung memiliki konflik dengan diri sendiri.


Hasil penelitian tersebut memperkuat alasan bahwa seorang pemalu memang memilki ketakutan tersendiri akan bersosial. Berbeda dengan introver yang merasa jika energi mereka akan habis saat bersosial walaupun sebenarnya mereka dapat melakukannya.

4. Introver ternyata ada 4 tipe lho 

Terungkap, Ini Bedanya Si Pemalu dan Introver menurut Sains imdb.com/

Gak cuma pemalu aja, ternyata introver juga ada 4 tipe yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri yaitu:

  • Social Introverts: introver jenis pertama ini masih bisa digolongkan dalam salah satu yang pandai bersosial. Mereka bisa memiliki banyak kenalan, namun tetap saja lingkaran pertemanan mereka terbatas tapi awet.

  • Thinking Introverts: sesuai dengan namanya introver yang kedua ini merupakan orang yang cenderung larut dalam pemikirannya. Mereka lebih sering sendiri dengan isi kepala yang tak mau berhenti. Ide dan konsep mereka mengalir terus nih.

  • Anxious Introverts: introver yang ketiga adalah mereka yang memiliki ketakutan untuk bergaul. Hal ini disebabkan karena kurangnya kepercayaan diri. Mereka akan merasa cemas dan gelisah saat bersama orang lain.

  • Restrained Introverts: yang terakhir ini merupakan tipe introvert yang selalu berpikir sebelum bertindak. Mereka gak bisa melakukan hal dengan spontan. Positifnya mereka adalah orang yang berhati-hati

5. Malu dan introver adalah dua hal yang gak bisa disamakan

Terungkap, Ini Bedanya Si Pemalu dan Introver menurut Sains imdb.com

Pada akhirnya malu dan introver adalah dua hal serupa namun jelas berbeda. Introver merupakan tempramen yang dibawa oleh manusia dari lahir. Introver bukan berarti tidak bisa bersosial, hanya saja mereka akan merasa lelah dan lebih menyukai mengeksplorasi diri. Di sisi lain malu merupakan bentukan dari lingkungan yang terbentuk akibat ketakutannya terhadap pandangan atau penilaian dari orang lain. Hal inilah yang membuat mereka tidak nyaman sendiri dalam bersikap.

Itulah penjelasan Sains mengenai perbedaan Pemalu dan Introver. Karena dia yang pemalu gak selamanya seorang Introver. Jangan lupa bahwa karakter pemalu bisa diubah jika kamu ingin mengubahnya. Semoga harimu menyenangkan!

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Introver Sukses di Dunia Kerja, Kamu Punya? 

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya