Comscore Tracker

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkan

Jangan takut sama burung hantu, ya #IDNTimesScience

Percayakah kamu kalau burung hantu disebut sebagai pembawa pertanda buruk? Orang Indonesia pada zaman dahulu menganggapnya demikian. Tentu saja hal tersebut hanya mitos belaka. Faktanya burung hantu secara umum tidak jauh berbeda dari burung-burung lainnya. Namun, karena cerita tersebut dan didukung dengan perilaku nokturnal, mereka disebut sebagai burung hantu.

Berbeda dengan Indonesia, di negara Barat, burung hantu dianggap sebagai lambang dari kebijaksanaan. Lalu, apa saja fakta mengejutkan dari burung hantu?

1. Burung hantu memiliki masalah rabun dekat

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@stefan-messing-2001650)

Tahukah kamu bahwa burung hantu memiliki mata yang berbentuk tabung, bukan bulat? Mengutip dari Mental Floss, bentuk tabung dari mata burung hantu ini menyebabkannya kesulitan melihat pada jarak dekat. Sebaliknya, burung hantu dapat melihat sangat tajam dan fokus pada jarak jauh.

Inilah yang memuat burung hantu bisa menangkap mangsanya secara akurat dan cekatan. Burung hantu akan mengawasi dan membidik mangsanya dari jarak yang cukup jauh atau tinggi sebelum beraksi.

2. Burung hantu terkecil tingginya 13 cm

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@erik-karits-2093459)

Mengutip dari Audubon, burung wantu elf adalah burung hantu terkecil di dunia. Tingginya hanya 13--15 cm saja. Untuk perbandingan, burung hantu terbesar yang terdapat di Amerika Utara ukurannya sekitar 81 cm.

Meskipun kecil, saat burung hantu elf berburu, mereka akan mencengkeram mangsanya dengan sangat kuat. Nah, kalau burung hantunya kecil seperti burung hantu elf, jadi tidak terlihat menakutkan lagi, ya!

3. Burung hantu dapat terbang secara senyap

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@vincent-ma-janssen)

Desain, tekstur, dan bentuk bulu burung hantu memungkinkannya untuk terbang secara tenang dan senyap tanpa suara seperti yang dikutip dari Science Kids. Keadaan ini membuat mangsanya terlambat menyadari kehadiran dari burung hantu.

Kamu dapat membayangkan bagaimana mangsa burung hantu terkejut secara tiba-tiba saat disergap dalam kegelapan oleh burung hantu tanpa menyadari kedatangannya.

4. Suara yang didengar burung hantu telah diperbesar sepuluh kali lipat

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@erik-karits-2093459)

Tahukah kamu mengapa burung hantu memiliki pendengaran yang super tajam? Mengutip dari World Birds, bentuk wajah burung hantu yang relatif datar membantunya mendengar suara dengan lebih baik. Bentuk wajah burung hantu tersebut membantu menyalurkan suara ke telinganya sehingga suara akan terdengar sepuluh kali lebih besar.

Oleh sebab itulah, suara dan gerakan kecil sekalipun akan didengar oleh burung hantu. Kemampuan ini sangat membantu burung hantu saat berburu di malam hari yang gelap gulita.

5. Burung hantu hanya dapat memutar kepalanya hingga 270 derajat

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@erik-karits-2093459)

Jika kamu menganggap burung hantu dapat memutar kepalanya hingga 360 derajat, kamu keliru. Seperti apa yang ditulis Treehugger, burung hantu hanya dapat memutar kepalanya sebesar 270 derajat atau 135 derajat ke kedua arah dari hadapannya.

Kemampuan ini berkaitan dengan burung hantu yang tidak memiliki bola mata sehingga jika ingin melihat sekeliling, burung hantu harus memutar kepalanya.

Baca Juga: 5 Jenis Fobia terhadap Hewan Peliharaan, Apa Saja?

6. Posisi telinga burung hantu tidak sejajar

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@jvdm)

Banyak orang yang mengira dua jambul bulu pada kepala burung hantu adalah telinganya. Apakah kamu juga mengira seperti itu? Sebenarnya dua bulu jambul tersebut bukanlah telinga burung hantu. Dilansir Cottage Life, telinga burung hantu sebenarnya tersembunyi di sisi kepala.

Uniknya, posisi kedua telinga burung hantu tidak sejajar karena satu telinga lebih tinggi dari telinga yang satunya. Kondisi ini membuat burung hantu bisa menentukan asal suara yang ia dengar dengan lebih akurat.

7. Film Harry Potter membuat burung hantu lebih terkenal

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@erik-karits-2093459)

Sadarkah kamu bahwa dalam film Harry Potter, burung hantu mengambil peran yang cukup banyak? Mereka membantu komunikasi karena bisa mengirim atau menerima surat. Menurut Bird Watching HQ, semenjak film Harry Potter populer, burung hantu juga jadi lebih terkenal.

Jika kamu mencari foto Harry Potter di internet, tidak sedikit yang menampilkan Harry Potter saat bersama burung hantu. Setelah melihat film Harry Potter, mungkin banyak orang yang menjadi penasaran dengan kecerdikan yang dimiliki oleh burung hantu.

8. Burung hantu betina lebih besar 25 persen dari burung hantu jantan

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@rajukhanp)

Mengutip dari Cool Kid Facts, ternyata ukuran burung hantu betina lebih besar dari pada burung hantu jantan, lho. Meskipun jika dilihat sepintas ukuran burung hantu jantan dan betina terlihat mirip, sebenarnya burung hantu betina lebih besar sekitar 25 persen.

Jadi, untuk membedakan antara burung hantu jantan dengan burung hantu betina, kamu dapat membandingkan ukuran badannya. Jangan sampai keliru, ya!

9. Burung hantu dapat bermanuver hingga 360 derajat

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@pixabay)

Ini, lho, hebatnya burung hantu. Selain dapat memutar kepalanya 270 derajat, saat terbang di udara, burung hantu ternyata juga mampu bermanuver 360 derajat, seperti yang dituis oleh Bird Control Australia.

Kemampuan ini memungkinkannya menangkap mangsa secara cepat meskipun mangsanya berlari dengan gesit. Di alam liar, kemampuan melakukan manuver 360 derajat yang dimiliki burung hantu juga membantunya untuk menghindari pohon dan benda penghalang secara cepat.

10. Burung hantu tidak pernah menggunakan sarang yang sama dua kali

Terkenal Berkat Harry Potter, 10 Fakta Burung Hantu yang Mengejutkanilustrasi burung hantu (pexels.com/@erik-karits-2093459)

Burung hantu adalah burung yang tidak membangun sarangnya sendiri. Ia akan mengambil sarang burung lain yang sudah ditinggalkan. Mengutip dari Facts, sekitar 90 persen burung hantu akan bersarang sekali dalam setahun dan sekitar 10 persen lainnya dua kali dalam setahun. Uniknya, burung hantu tidak akan memakai sarang yang sama lebih dari satu kali.

Saat ini, burung hantu cukup banyak dipeilhara dan dilatih. Orang-orang sudah mulai terbiasa dan tidak takut lagi terhadap burung hantu. Mungkin itu karena melihat kecerdikan burung hantu di film Harry Potter, ya?

Nah, itulah sepuluh fakta tentang burung hantu yang mungkin bisa membuat kamu terkejut. Untuk membantu menjaga habitat burung hantu, jangan lupa juga untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kamu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Unik Hewan untuk Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi, Tangguh Banget!

I Putu Bagus Indrawijaya Photo Writer I Putu Bagus Indrawijaya

AB - Melankolis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya