Comscore Tracker

5 Fenomena Alam yang Indah dan Menakjubkan, Keren Banget!

Indahnya alam ini!

Fenomena alam merupakan peristiwa yang terjadi tanpa campur tangan manusia. Ada fenomena alam yang berbahaya seperti tsunami, tornado, atau letusan gunung berapi dan ada juga yang sering terjadi dan tidak berbahaya seperti hujan.

Lalu ada juga fenomena alam yang terjadi dan tampak indah untuk dilihat. Seperti lima fenomena alam berikut.

1. Light pillars

5 Fenomena Alam yang Indah dan Menakjubkan, Keren Banget!express.co.uk

Light Pillars, merupakan fenomena alam pilar bercahaya yang tercipta akibat pantulan cahaya kristal es di dekat sebuah permukaan bidang horizontal. Biasanya muncul di wilayah yang sering muncul musim dingin, atau daerah kutub.

2. Awan lenticular

5 Fenomena Alam yang Indah dan Menakjubkan, Keren Banget!aviationcv.com

Fenomena awan ini terbentuk akibat embusan angin yang kencang yang menabrak dinding besar, seperti berupa bukit atau gunung sehingga menyebabkan terbentuknya suatu pusaran. Walaupun memiliki tampak yang indah pesawat harus menjauh dari awan ini karena bisa menimbulkan turbulensi pada pesawat.

3. Aurora

5 Fenomena Alam yang Indah dan Menakjubkan, Keren Banget!apod.nasa.gov

Aurora fenomena alam menakjubkan ini terjadi karena partikel dari matahari yang berkumpul yang bereaksi dengan atmosfer di bumi. Aurora banyak terjadi di daerah sekitar kutub utara dan kutub selatan magnetiknya.

Baca Juga: Ayo, Tebak Fenomena Alam yang Terjadi di Bumi Lewat Kuis Ini!

4. Bioluminescence

5 Fenomena Alam yang Indah dan Menakjubkan, Keren Banget!businessinsider.sg

Bioluminescence, merupakan fenomena yang terjadi di lautan. Fenomena ini terjadi ketika  biota  laut, seperti rumput laut, plankton, ubur-ubur, dan makhluk laut yang mampu menghasilkan cahaya yang terbentuk melalui reaksi kimia, lalu menghasilkan cahaya yang begitu indah saat malam hari.

5. Gerhana matahari cincin

5 Fenomena Alam yang Indah dan Menakjubkan, Keren Banget!universetoday.com

Gerhana matahari cincin, merupakan gerhana matahari yang terjadi saat jarak antara matahari dan bumi berada di posisi paling jauh, sehingga cahaya yang terpancarkan dari matahari berbentuk cincin. Fenomena ini akan terjadi di tahun ini pada 26 Desember 2019, bagi kalian yang berada di Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat bisa menyaksikanya.

Indah, menakjubkan, dan luar biasa itulah lima fenomena alam di atas, menunjukkan betapa hebatnya alam ini.

Baca Juga: 5 Tipe Polar Night, Fenomena Alam di Bumi Bagian Utara

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya