Comscore Tracker

5 Ras Anjing Terbaik sebagai Pemandu Tunanetra, Cerdas dan Bersahabat!

Kehadiran anjing pemandu sangat membantu tunanetra 

Ada berbagai alasan seseorang menjadikan anjing sebagai hewan peliharaannya. Salah satunya adalah untuk membantu kaum difabel, khususnya tunanetra dalam kesehariannya. Peran anjing pemandu ini juga dapat mengurangi stres, rasa kecewa, sindrom kekhawatiran, dan perasaan kesepian bagi tunanetra.

Dilansir dari situs pawzy, berikut ini adalah 5 jenis anjing pemandu yang paling banyak berperan sebagai penuntun dan pendamping tunanetra. Yuk, disimak!

1. German Shepherds 

5 Ras Anjing Terbaik sebagai Pemandu Tunanetra, Cerdas dan Bersahabat!German Shepherds (instagram.com/germanshepheerds)

German Shepherds adalah tipikal anjing yang rajin, setia, dan sangat cerdas. Anjing German Shepherds memiliki naluri pelindung alami, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai hewan pendamping dan penolong, seperti memandu tunanetra.

Karakteristik dan kepribadiannya yang dikenal tidak takut, percaya diri, dan tegas mempertahankan pendiriannya, membuat anjing German Shepherds cocok menjadi pengawas atau penjaga pada situasi apapun. Anjing jenis ini mampu terjaga dalam waktu lama. Karena itu bila sewaktu-waktu sang pemilik membutuhkannya, ia dapat segera datang menghampiri.

2. Golden Retrievers 

5 Ras Anjing Terbaik sebagai Pemandu Tunanetra, Cerdas dan Bersahabat!Golden Retrievers (instagram.com/petsmax.me)

Golden Retrievers terkenal sebagai anjing yang cerdas dan serba bisa. Dia dapat dilatih sebagai anjing penuntun bagi penyandang tunanetra. Dengan lincahnya anjing ini mampu memandu tuannya yang tidak bisa melihat, di antara hilir mudik orang yang penuh sesak.

Anjing berbulu emas ini memiliki karakter yang bersahabat, tidak agresif dan ramah pada siapapun serta selalu ingin menyenangkan pemilik dan keluarganya.

3. Labrador Retrievers 

5 Ras Anjing Terbaik sebagai Pemandu Tunanetra, Cerdas dan Bersahabat!Labrador Retrievers (instagram.com/labradorretriverdogslovers01)

Labrador Retrievers adalah salah satu jenis anjing yang dapat berperan menuntun atau mendampingi tunanetra dalam melakukan mobilitas. Anjing ini termasuk anjing yang patuh, penuh kasih, dan dapat dilatih untuk melakukan hampir semua hal.

Labrador juga termasuk anjing yang cerdas, memiliki insting keingintahuan, dapat sangat dekat dengan pemiliknya, mudah akrab dengan orang lain, dan memiliki insting sosial yang tinggi.

Baca Juga: 5 Ras Anjing Terlarang di Berbagai Negara Dunia, Apa Penyebabnya?

4. Doberman Pinschers 

5 Ras Anjing Terbaik sebagai Pemandu Tunanetra, Cerdas dan Bersahabat!Doberman Pinschers (instagram.com/dobermanrescue.al)

Duh seram ya melihat penampilan Anjing Doberman. Mereka memang memiliki karakter fisik yang tinggi, ramping, berotot, dan tampak agresif. Padahal jika dibesarkan dan dilatih dengan baik, Anjing Doberman juga memiliki sifat menarik lainnya, seperti penuh kasih sayang dan manis terhadap manusia.

Anjing Doberman juga tipe anjing yang setia kepada pemiliknya dan baik terhadap anak-anak jika dibesarkan bersama. Ia juga dikenal sebagai anjing penjaga dan pelindung yang sangat bisa diandalkan bagi penyandang tunanetra dan bisa menjadi sahabat manusia.

 5. Boxers  

5 Ras Anjing Terbaik sebagai Pemandu Tunanetra, Cerdas dan Bersahabat!Boxers (instagram.com/boxerdog.world.insta)

Boxers memiliki tubuh gempal dan rahang serta gigitan yang kuat. Boxers adalah anjing yang penuh semangat, kuat, cerdas, dan sangat setia. Mereka memiliki sikap sabar serta bisa menjadi sahabat yang penuh kasih dan menyenangkan. Mereka menunjukkan rasa keingintahuan, namun tetap waspada terhadap orang asing.

Ras ini tak kenal takut dan berani jika terancam. Mereka sangat waspada dan memiliki indra pendengaran yang tinggi, membuat mereka menjadi anjing penjaga dan pelindung yang sangat baik, sehingga sangat bisa diandalkan bagi tunanetra. Boxer juga menyukai anak-anak dan hewan peliharaan lainnya yang dibesarkan bersama mereka.

Peranan anjing pemandu ini sangat membantu mobilitas bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan, terutama saat berjalan di tempat terbuka. Sangat beruntung jika mempunyai anjing seperti mereka. Semoga info ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Unik Pug, Salah Satu Ras Anjing Tertua di Dunia

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

Happy single mom who loves cooking, baking, travelling, reading, eager to learn something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya