Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di Indonesia

Mirip komodo!

Siapa, nih, yang sering atau pernah melihat kadal besar di atas? Kadal satu ini memang familier banget bagi orang Indonesia. Mereka sering terlihat di saluran air atau di dekat sungai. Namanya biawak air. Dalam bahasa Inggris, mereka disebut Asian water monitor.

Gak cuma di Indonesia saja, biawak air juga bisa kamu temukan di beberapa negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Bisa dibilang mereka merupakan jenis kadal monitor yang paling umum ditemukan di benua Asia. Mereka juga salah satu kadal monitor terbesar di dunia, loh? Bobotnya bisa mencapai puluhan kilo!

Tahukah kamu kalau biawak air berkerabat dekat dengan komodo? Yuk, simak 9 fakta menarik biawak air yang wajib kamu tahu berikut ini!

1. Biawak air berkerabat dekat dengan komodo! Keduanya masuk dalam genus yang sama,  yakni Varanus

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di Indonesiabiawak air di Sri Lanka (commons.wikimedia.org/Carlos Delgado)

2. Menurut Animalia, tubuhnya bisa punya berat 50 kilogram dan panjang 2 meter!  

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di Indonesiabiawak air berukuran panjang 1,5 meter di Kalimantan (commons.wikimedia.org/Rob and Stephanie Levy)

3. Biarpun sering terlihat di saluran air, habitat yang paling baik bagi biawak air adalah hutan bakau, rawa-rawa, dan lahan basah

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di Indonesiabiawak air di Malaysia, memperlihatkan leher dan moncongnya yang memanjang (commons.wikimedia.org/Nur Hussein)

4. Mereka gak pilih-pilih makanan! Menurut Animal Diversity, mereka akan melahap apapun mulai dari ikan, burung, katak, ular, sampai buaya usia remaja

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di IndonesiaBiawak air mencari mangsa di atas pohon. (commons.wikimedia.org/T.Mitra Setia)

5. Mereka bisa menyelam sampai 30 menit lamanya saat berburu atau lari dari predator

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di Indonesiasepasang biawak air di dalam air (pixabay.com/mlbay-16623146)

6. Mereka punya lidah bercabang seperti ular untuk mendeteksi mangsa dari baunya

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di Indonesiabiawak air menjulurkan lidah bercabangnya (commons.wikimedia.org/Dibyendu Ash)

7. Mereka bisa menggeser atau melepas tulang tiroidnya supaya tenggorokannya punya ruang untuk menelan mangsa besar, terang Animal Spot

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di Indonesiasubspesies biawak air yang hidup di Thailand (commons.wikimedia.org/Lip Kee)

8. Biawak air yang hidup di penangkaran bisa berusia sampai 10 tahun

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di Indonesiabiawak air (commons.wikimedia.org/Foundling)

9. Kamu perlu hati-hati saat menghadapi biawak air. Gigitan mereka bisa berakibat fatal!

9 Fakta Menarik Biawak Air yang Banyak Dijumpai di Indonesiabiawak air (commons.wikimedia.org/Hafiz Issadeen)

Nah, sekarang sudah tahu lebih banyak tentang biawak air, kan? Kalau di daerahmu, kadal ini disebut apa?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya