Comscore Tracker

7 Fakta Menakjubkan Ubur-ubur Surai Singa, Bisa Sepanjang Paus! 

Punya ribuan tentakel

Ubur-ubur merupakan salah satu hewan laut yang indah. Keanggunan mereka saat berenang-renang dalam air sangat menarik untuk disaksikan. Namun, pernahkah kamu membayangkan ubur-ubur raksasa sepanjang paus berenang misterius di perairan bumi? 

Mereka adalah ubur-ubur surai singa atau lion’s mane jellyfish. Mereka dinobatkan jadi spesies ubur-ubur terbesar di dunia. Gak cuma besar, mereka juga punya lebih dari seribu tentakel untuk menyengatmu! Simak deh tujuh fakta menakjubkan ubur-ubur surai singa yang wajib kamu tahu berikut ini!

1. Hidup di air dingin

7 Fakta Menakjubkan Ubur-ubur Surai Singa, Bisa Sepanjang Paus! Commons.wikimedia.org/Kip Evans

Ubur-ubur dengan nama ilmiah Cyanea capillata ini suka berenang di perairan dingin. Dilansir laman Thoughtco, habitat mereka biasanya bertemperatur kurang dari 20 derajat Celsius. Kamu bisa menemukan mereka berenang-renang sendirian atau dalam kelompok di perairan dingin Samudra Atlantik Utara dan Samudra Pasifik. 

2. Makan dan buang kotoran lewat lubang yang sama

7 Fakta Menakjubkan Ubur-ubur Surai Singa, Bisa Sepanjang Paus! Commons.wikimedia.org/Tony Hisgett

Layaknya ubur-ubur pada umumnya, ubur-ubur surai singa tidak memiliki lubang pengeluaran atau anus. Jadi, jangan kaget kalau mereka makan dan buang air lewat lubang yang sama. Mereka juga tidak memiliki organ otak dan jantung, lho!

3. Punya variasi warna yang menarik untuk dilihat

7 Fakta Menakjubkan Ubur-ubur Surai Singa, Bisa Sepanjang Paus! Commons.wikimedia.org/Arnstein Rønning

Ubur-ubur surai singa punya variasi warna yang menarik tergantung dari ukuran tubuhnya. Pada ubur-ubur yang berukuran kecil, kepala atau bell mereka cenderung berwarna terang: putih, kuning, jingga. Sementara, ubur-ubur yang berukuran besar variasi warnanya lebih gelap seperti merah tua atau kecokelatan.

Baca Juga: 10 Hewan yang Dinyatakan Punah dalam Beberapa Dekade Terakhir

4. Punya lebih dari seribu tentakel untuk menyengatmu

7 Fakta Menakjubkan Ubur-ubur Surai Singa, Bisa Sepanjang Paus! Commons.wikimedia.org/W.carter

Mengutip laman Oceana, ubur-ubur surai singa punya delapan kelompok tentakel yang masing-masing bisa terdiri dari 150 tentakel. Bila ditotal, satu ekornya bisa punya lebih dari seribu tentakel! Tentakel lebat nan tipis inilah yang menginspirasi penamaan surai singa atau lion’s mane pada ubur-ubur menakjubkan satu ini.

5. Tentakel bisa sepanjang paus biru

7 Fakta Menakjubkan Ubur-ubur Surai Singa, Bisa Sepanjang Paus! Commons.wikimedia.org/Derek Keats

Ubur-ubur surai singa memiliki ukuran yang bervariasi. Umumnya, mereka memiliki diameter tubuh antara 30-50 sentimeter saja. Namun, beberapa individu bisa tumbuh begitu besar hingga melampaui panjang paus biru.

Laman Britannica menyebutkan spesimen ubur-ubur surai singa berukuran raksasa ditemukan di Samudra Arktik. Ukuran diameter tubuhnya mencapai lebih dari 2 meter dan panjang tentakelnya sekitar 36,5 meter! Gak heran kalau mereka dinobatkan jadi spesies ubur-ubur terbesar di dunia!

6. Sengatannya tidak mematikan, tapi tetap berbahaya

7 Fakta Menakjubkan Ubur-ubur Surai Singa, Bisa Sepanjang Paus! Commons.wikimedia.org/W.carter

Sengatan ubur-ubur surai singa bisa menyebabkan kemerahan atau iritasi pada kulit dan meninggalkan bekas luka. Tentakel mereka juga masih bisa menyengat sekalipun ubur-uburnya sudah mati. Ketika mereka mati, bangkai mereka akan tersapu ombak ke pantai dan bisa melukai orang-orang yang berkunjung. 

7. Dimangsa penyu yang kebal sengatan

7 Fakta Menakjubkan Ubur-ubur Surai Singa, Bisa Sepanjang Paus! Commons.wikimedia.org/Brian Gratwicke

Biarpun bisa tumbuh besar dan punya sengatan yang mampu melumpuhkan lawan, ubur-ubur surai singa bukannya tidak punya predator. Mereka yang berukuran kecil sering dimangsa burung, ikan, dan ubur-ubur lain yang berukuran lebih besar.

Penyu merupakan predator utama dari ubur-ubur ini. Uniknya, mereka kebal dari sengatan neurotoksin yang dikeluarkan tentakel ubur-ubur surai singa.

Nah, setelah tahu beberapa faktanya, bagaimana pendapat kalian tentang ubur-ubur satu ini?

Baca Juga: 5 Spesies Hewan Laut yang Memiliki Bisa dan Racun Mematikan, Apa Saja?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya