Comscore Tracker

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahu

Sangat sensitif oleh gangguan manusia!

Angsa trompet merupakan salah satu spesies angsa yang bisa kamu temukan di belahan Bumi utara. Mereka merupakan unggas air terbesar dan terberat di dunia. Saat usianya baru menginjak 15 minggu saja beratnya sudah mencapai 9 kilogram. Gak mengherankan kalau telurnya pun tergolong yang terbesar dan terberat di antara burung terbang lainnya. 

Uniknya, saking beratnya angsa trompet perlu "lari" di atas air untuk bisa terbang. Ukurannya yang besar juga bikin predator gentar duluan untuk mendekati. Simak sembilan fakta menarik angsa trompet yang perlu kamu tahu berikut ini, yuk!

1. Menurut laporan Animal Diversity Web, berat angsa trompet dewasa bisa mencapai 13,5 kilogram. Rentang sayapnya bisa lebih dari 2 meter

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahuilustrasi elang trompet (commons.wikimedia.org/Andy Reago & Chrissy McClarren)

2. Saking beratnya, angsa trompet perlu "landasan pacu" sepanjang kurang lebih 100 meter untuk bisa terbang

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahuilustrasi angsa trompet terbang (pixabay.com/fletchershauna-12737183)

3. Begitu terbang, unggas ini bisa mencapai kecepatan 64-128 kilometer per jam, tutur laman Animal Spot

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahuilustrasi elang trompet terbang (commons.wikimedia.org/Wildreturn)

4. Angsa terbang mulai belajar terbang di usia belia, yakni 15 minggu. Pada usia ini, bobotnya sudah mencapai 9 kilogram!

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahuilustrasi angsa trompet remaja (commons.wikimedia.org/Dick Daniels)

5. Dilansir Bird Eden, telur angsa trompet punya lebar 8 cm, panjang 11 cm, dan berat 320 gram

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahuilustrasi angsa trompet (commons.wikimedia.org/Sasata)

Baca Juga: Menyeramkan, 5 Hewan 'Zombi' yang Ada di Dunia Nyata

6. Uniknya, angsa trompet mengerami telur besarnya dengan kaki berselaputnya

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahuilustrasi angsa trompet (commons.wikimedia.org/USFWS Mountain-Prairie)

7. Paruh angsa trompet lebar dan pipih dengan gerigi untuk menyaring air saat makan tanaman air, ungkap laman Beauty of Birds

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahuilustrasi angsa trompet dengan paruh hitam yang jadi ciri khasnya (commons.wikimedia.org/Ltshears)

8. Dilansir All About Birds, perburuan yang tak terkendali sempat mendorong angsa trompet hampir di jurang kepunahan pada akhir 1800-an

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahuilustrasi angsa trompet (commons.wikimedia.org/Seney Natural History Association)

9. Unggas ini sangat sensitif terhadap gangguan manusia di tempat bersarangnya. Kalau diganggu, ia akan meninggalkan sarang dan anak-anaknya

Unggas Air Terberat, Ini 9 Fakta Angsa Trompet yang Perlu Kamu Tahuilustrasi angsa trompet (commons.wikimedia.org/Michael)

Kini angka populasi angsa trompet terbilang melimpah. Mereka memiliki status least concern atau risiko rendah alami kepunahan dalam Daftar Merah IUCN. Semoga keberadaan mereka tetap lestari, ya!

Baca Juga: 7 Hewan Ini Tidak Mati saat Jatuh dari Ketinggian, Apa Sebabnya?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya