Comscore Tracker

7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Dulu

Masyarakat zaman dulu banyak memelihara hewan liar

Memiliki hewan peliharaan memang sangat menyenangkan. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Kita tak lagi merasa kesepian, ada alasan untuk pulang ke rumah, hingga manfaat yang bersifat praktikal seperti mengusir tikus, hama, dan lain-lain.

Kebiasaan memelihara hewan sudah ada sejak zaman prasejarah, lho! Mereka mengadopsi hewan yang ada di alam liar untuk menjadi teman berburu. Tradisi tersebut pun terus diturunkan dan berevolusi hingga saat ini.

Kucing, anjing, kelinci, hamster, dan ikan adalah beberapa hewan yang populer dijadikan peliharaan saat ini. Lalu bagaimana di zaman sejarah dan prasejarah lalu? Hewan apa saja yang menjadi peliharaan favorit masyarakat pada saat itu? Simak berikut ini!

1. Serigala di zaman prasejarah

7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Duluwildearthguardians.org

Serigala adalah hewan peliharaan paling populer pada zaman dahulu, tepatnya di prasejarah. Dilansir dari laman Pedigree, mereka berhasil menjinakkan serigala dan menjadikannya teman untuk berburu di alam liar. 

Selain itu, serigala juga memegang peran besar dalam menarik transportasi, menggembala ternak, hingga menjadi teman untuk manusia. Ternyata serigala yang didomestifikasi itu menjadi anjing yang kita kenal saat ini.

2. Bebek di zaman Yunani Kuno

7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Duluaudubonportland.org

Di era modern ini, bebek biasa dipelihara sebagai hewan ternak. Untuk diambil dagingnya sebagai santapan. Namun hal itu tidak berlaku di kalangan masyarakat Yunani Kuno. Para wanita pada masa itu sangat menyukai bebek sebagai hewan peliharaan. 

Unggas tersebut diberikan keistimewaan layaknya kucing dan anjing. Mereka bebas berkeliaran di dalam rumah hingga makan di tempat yang sama dengan sang majikan. Bukan hanya bebek saja, mereka juga biasa memelihara ayam, angsa, dan unggas lainnya.

3. Ular di zaman Romawi Kuno

7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Dulusquarespace-cdn.com

Memelihara reptil bukanlah hal yang asing lagi saat ini. Ternyata hal itu diawali oleh masyarakat Romawi Kuno. Mereka memanfaatkan ular untuk mengusir tikus dan hama lainnya di rumah.

Ular yang dipelihara tentu sudah dijinakkan dan dilatih agar bisa hidup bersama dengan manusia. Mereka tidak akan menyerang walaupun tidur bersama dengan anak-anak, dielus-elus, atau bahkan terinjak. 

Baca Juga: Ini 7 Hewan Prasejarah yang Menakutkan Selain Dinosaurus, Tahu Semua?

4. Serval atau kucing besar di zaman Mesir Kuno

7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Duluimmediate.co.uk

Hubungan kuat antara manusia dan kucing ternyata telah berjalan selama 10 ribu tahun lamanya, yaitu sejak zaman Mesir Kuno. Namun kucing yang mereka pelihara bukanlah kucing yang biasa kita lihat saat ini. 

Masyarakat Mesir Kuno lebih suka memelihara kucing besar atau serval yang didomestifikasi dari hutan. Spesies tersebut bertubuh besar, gagah, kuat, bertaring runcing, serta memiliki corak mirip harimau.

Pada saat itu, kucing peliharaan sangatlah dihormati. Menurut laman Ancient.eu, masyarakat akan menyelamatkan hewan itu lebih dulu ketika terjadi bencana. Kucing peliharaan juga dijadikan mumi ketika mati dan disandingkan bersama dengan majikannya. 

5. Ikan emas di Tiongkok

7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Duluwikimedia.org

Ikan emas adalah salah satu hewan yang sering dijadikan peliharaan. Ternyata yang pertama melakukannya adalah masyarakat Tiongkok.

Tidak hanya dipandang karena kecantikannya, mereka juga menghormati ikan tersebut. Dilansir dari Ranker, kaisar Zhu Yuanzhang memelihara ikan emas peliharaannya di dalam sebuah cawan porselen yang kini berevolusi jadi akuarium.

6. Belut di Romawi Kuno

7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Dulustaticflickr.com

Selain ular, masyarakat Romawi Kuno juga suka memelihara belut yang lebih dikenal sebagai Muraena. Hanya orang kaya saja yang bisa memiliki hewan tersebut. Mereka biasanya menempatkan belut di kolam-kolam yang mewah.

Dilansir dari Mental Floss, sebagian keluarga akhirnya menjadikan belut tersebut makanan. Sedangkan sebagian justru melatih belutnya untuk menjadi karnivora. Mereka akan memberikan budaknya yang membangkang kepada sang peliharaan. 

7. Babon di zaman Mesir Kuno

7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Duluancientfacts.net

Memelihara babon mungkin terdengar aneh bagimu. Namun ini merupakan praktik yang biasa dilakukan oleh masyarakat Mesir Kuno. Sayangnya, primata tersebut tidak diperlakukan dengan baik.

Dilansir dari National Geographic, para arkeolog banyak menemukan kerangka babon dengan kaki dan tangan yang patah, retakan tulang di mana-mana, serta tempurung yang cacat. Hal ini mengindikasikan bahwa hewan itu disiksa semasa hidupnya.

Itulah sejumlah hewan yang biasa dijadikan peliharaan di zaman dahulu. Apakah kamu tertarik memelihara mereka? 

Baca Juga: Gak Disangka, Hewan-hewan Ini Pernah Jadi Alat Transportasi

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya