Comscore Tracker

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!

Yang penting, sedia payung sebelum hujan

Hujan adalah fenomena yang sering terjadi, terutama untuk kita yang hidup di daerah tropis ini. Ada sebagian orang yang merasa senang, ada juga yang menganggap bahwa hujan menghambat aktivitas mereka. Semua tergantung perspektif dan aktivitas kita masing-masing.

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!tenor.com

Namun tidak semua hujan diciptakan sama lho, guys. Ada beberapa hujan yang tidak menurunkan air ke Bumi, melainkan hal-hal lain. Eh, memangnya apa kalau bukan air? Dilansir dari berbagai sumber, simak 7 hujan teraneh berikut ini!

1. Daging mentah

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!amarujala.com

Beberapa potong daging jatuh dari langit di Kentucky. Salah satunya mendarat tepat di atas kepala seorang remaja. Para ilmuwan menduga dalangnya adalah burung camar, tetapi ternyata ini ulah dari burung bangkai.

Teori yang beredar di masyarakat adalah sekelompok burung bangkai tersebut sedang terbang setelah makan hewan-hewan yang telah mati. Kemudian mereka memuntahkan beberapa potongan saat sedang berada di langit. Fenomena yang aneh ini disebut dengan Kentucky Meat Shower.

2. Laba-laba

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!bustle.com

Jutaan laba-laba kecil berjatuhan dari langit di Australia pada tahun 2015. Tidak hanya laba-laba yang memenuhi jalanan, tapi juga jaring-jaringnya. Fenomena ini sering disebut dengan “spider rain” atau hujan laba-laba. Ada beberapa orang yang menyebutnya “angel hair” karena jaring yang mereka tinggalkan berwarna putih.

Dilansir dari Live Science, peristiwa yang sudah beberapa kali terjadi ini adalah salah satu cara laba-laba berpindah tempat. Ini tidak umum dilakukan. Laba-laba tersebut naik ke tempat yang tinggi, mengarahkan pantat ke udara dan mengeluarkan jaringnya. Cara tersebut yang bisa membuat mereka “terbang”.

3. Ikan

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!thebaghdadpost.com

Pernahkah kamu melihat hujan ikan? Ternyata fenomena ini adalah hal yang cukup umum terjadi. Sudah ada beberapa kasus yang tercatat. Bahkan di daerah Lajamanu, Australia, fenomena ini telah terjadi tiga kali, yaitu di tahun 1974, 2004, dan 2010. Beberapa ikan yang berjatuhan masih hidup dan sebagian lainnya mati.

Ada bermacam-macam hipotesis mengenai hujan ikan. Sebagian orang percaya bahwa ini adalah tanda-tanda akan datangnya hal buruk. Namun hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Ilmuwan percaya fenomena ini melibatkan “tornadic waterspouts”, yaitu tornado yang berbentuk air. Ikan akan masuk ke pusaran air tersebut dan kemudian terbawa arus hingga berjatuhan dari langit.

Baca Juga: Sering Alami Sinyal & Koneksi Lemot Saat Hujan? Ini 7 Alasan Ilmiahnya

4. Darah

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!infyworld.com

Antara tanggal 25 Juli hingga 23 September 2001, Kerala, India Selatan mengalami kejadian yang tak biasa. Masyarakat menyebutnya hujan darah. Para saksi mengatakan bahwa layaknya hujan biasa, hujan darah juga disertai dengan petir dan gemuruh.

Beberapa saat setelahnya, ilmuwan mengatakan bahwa air berwarna merah tersebut bukanlah darah. Air hujan tersebut tercampur DNA dari Trentepohlia annulata, sebuah spesies alga berwarna merah.

5. Katak

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!beyondsciencetv.com

Hujan yang melibatkan hewan berikutnya adalah hujan katak. Para ilmuwan mengatakan sebab dari fenomena ini sama seperti yang terjadi pada hujan ikan.

Ketika tornado menghantam air, katak-katak tersebut tersedot ke bagian atas pusaran dan menjadi “penumpang tak diinginkan”. Ketika angin tersebut mereda, katak kemudian terhempas dengan keras dan berjatuhan dari langit.

6. Hujan kotoran

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!thenypost.com

Hujan yang sangat tidak diinginkan ini terjadi pada 9 Mei tahun lalu di Kanada. Seorang saksi bernama Susan Allan sedang menyetir mobil dengan anaknya lalu tiba-tiba tercium bau tidak enak yang ternyata adalah kotoran.

Kejadian tersebut terlihat seperti tetes-tetes lumpur yang berjatuhan dari langit. Ilmuwan kesulitan untuk mengidentifikasi dari mana asal kotoran tersebut. Ada beberapa ilmuwan yang mengatakan bahwa itu adalah kotoran burung, tetapi masih belum ada bukti yang jelas mengenainya.

7. Uang

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!fdncms.com

Berbeda dengan yang sebelumnya, hujan uang adalah hal yang diinginkan banyak orang. Percayakah kamu hujan ini pernah benar-benar terjadi lebih dari sekali?

Pada tahun 1957, orang-orang yang tinggal di Bourges, Prancis dikejutkan dengan ribuan uang kertas yang berjatuhan dari langit. Kemudian di bulan Desember 1975, kejadian serupa dialami oleh warga Chicago.

Kejadian yang paling baru terjadi pada tahun 2007 di sebuah daerah di Jerman. Namun hingga saat ini, belum ada penjelasan yang pasti mengenai fenomena tidak biasa tersebut.

7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!giphy.com

Hujan-hujan di atas benar-benar nyata, lho. Hujan manakah yang paling aneh menurutmu?

Baca Juga: 10 Peristiwa Langit Mei, Ada Hujan Meteor yang Siap Temani Sahurmu! 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You