Comscore Tracker

7 Hal Misterius dan Aneh yang Pernah Terjadi di Luar Angkasa Pt.2 

Neil Armstrong melihat alien, benarkah?

“Bayi-bayi ini sangat besar, Pak! Luar biasa besar! Oh God! Kamu tidak akan mempercayainya… Aku beri tahu, ada pesawat luar angkasa lain di sini, berjejer di ujung kawah… Mereka berada di sisi lain Bulan melihat kita!” - Neil Armstrong, 1969.

UFO, alien, dan makhluk luar angkasa lain adalah topik yang selalu menuai perdebatan. Banyak yang meyakini bahwa mereka benar-benar ada. Namun banyak pula yang menampiknya. Jelas saja, hingga saat ini tidak ada bukti yang pasti mengenai keberadaan mereka. 

Namun, berdasarkan kisah yang diceritakan langsung oleh para astronaut, terdapat sejumlah peristiwa aneh yang pernah terjadi luar angkasa. Sebagian darinya dikaitkan dengan UFO dan alien. Penasaran dengan kisahnya? Simak berikut ini!

1. Penampakan benda mirip kunang-kunang

7 Hal Misterius dan Aneh yang Pernah Terjadi di Luar Angkasa Pt.2 Ilustrasi. spacetelescope.org

Astronaut bernama John Glenn yang terbang ke luar angkasa pada tahun 1962 mengaku bahwa ia melihat hal yang aneh di luar pesawatnya. Berdasarkan apa yang ia saksikan, benda tersebut terlihat seperti sekelompok kunang-kunang yang berterbangan.

Namun apakah itu benar-benar makhluk hidup? NASA memperkirakan bahwa itu hanyalah sampah luar angkasa (space junk) yang terbuat dari logam. Ketika cahaya mengenainya, mereka akan terlihat seperti bercahaya.

2. Neil Armstrong melihat makhluk asing di Bulan, apakah benar?

7 Hal Misterius dan Aneh yang Pernah Terjadi di Luar Angkasa Pt.2 hdwallsbox.com

“Bayi-bayi ini sangat besar, Pak! Luar biasa besar! Oh God! Kamu tidak akan mempercayainya… Aku beri tahu, ada pesawat luar angkasa lain di sini, berjejer di ujung kawah… Mereka berada di sisi lain Bulan melihat kita!” lapor Neil Armstrong dalam sebuah dokumen rahasia dilansir dari buku Aliens and Man: A Synopsis of Facts and Believe.

Akibat pernyataan itulah, banyak orang yang berasumsi bahwa astronaut tersebut menemukan alien atau setidaknya UFO. Namun hingga saat ini belum ada yang bisa membuktikannya karena Armstrong sama sekali tidak buka mulut ataupun memberi komentar untuk menjelaskan apa yang ia saksikan. 

3. Kosmonaut Rusia mengambil video dari benda yang diduga UFO

https://www.youtube.com/embed/WZTjWbuI0dw

Kosmonaut asal Rusia, Musa Manarov dikirim ke luar angkasa pada tahun 1991 untuk menjalankan misi bernama Mir. Ketika ia sedang merekam sekeliling dari dalam pesawat, ia melihat sebuah objek yang terlihat seperti pesawat luar angkasa yang sedang menurunkan awaknya.

Namun Manarov tidak tahu dan tidak bisa menjelaskan benda tersebut. Yang ia yakini, itu bukanlah sampah luar angkasa.

Baca Juga: 7 Hal Misterius dan Aneh yang Pernah Terjadi di Luar Angkasa Pt.1

4. Penampakan cahaya aneh

7 Hal Misterius dan Aneh yang Pernah Terjadi di Luar Angkasa Pt.2 Ilustrasi. newatlas.com

Dilansir dari laporan NBC News, seorang astronaut NASA Leroy Chiao mengatakan bahwa ia melihat cahaya yang aneh saat sedang berada di luar angkasa. Terdapat lima cahaya yang berada di sisi lain Matahari, tetapi ia tidak bisa menjelaskan dari mana asalnya. 

Chiao mengatakan bahwa kelimanya bergerak dengan sangat cepat dan membentuk sebuah formasi. Setelah diperiksa oleh para ahli dan astronom, cahaya tersebut kemungkinan berasal dari Bumi.

5. Foto yang tidak sengaja menangkap penampakan UFO

Pada 2015 lalu, astronaut NASA Scott Kelly menggemparkan dunia maya karena foto yang ia tangkap saat berada di atas Bumi. Kelly mengatakan bahwa itu adalah penampakan daratan India yang sedang berada di malam hari. 

Namun bukan itu yang menyita perhatian. Orang-orang justru fokus ke sepasang cahaya aneh yang berada di bagian kanan atas. Warganet pun berasumsi bahwa itu adalah UFO. Namun hingga saat ini tidak ada yang bisa menjamin kebenarannya.

6. Asumsi adanya kubah alien di Bulan

7 Hal Misterius dan Aneh yang Pernah Terjadi di Luar Angkasa Pt.2 Ilustrasi. futurecdn.net

Alan Bean adalah orang keempat yang berjalan di Bulan. Pada saat itu, ia memberikan pernyataan bahwa ia melihat benda yang berwarna hitam dan mengilap di satelit Bumi tersebut. Ia mendeskripsikannya, “hitam, seperti sepatu kulit yang berkilau”.

Richard Hoagland, seorang ahli teori luar angkasa kemudian mengatakan bahwa seharusnya tidak ada benda yang mengilap di sana. Semua benda harusnya terlihat berwarna hitam doff. Dari situlah Hoagland memperkirakan bahwa Bean melihat sebuah kubah kaca di Bulan. 

7. NASA mengakhiri live stream-nya ketika ada objek aneh muncul di balik Bumi

7 Hal Misterius dan Aneh yang Pernah Terjadi di Luar Angkasa Pt.2 Penampakan benda abu-abu yang diduga UFO. collective-evolution.com

Pada 15 Januari 2015 lalu, NASA mengadakan sebuah live streaming untuk menunjukkan International Space Station (ISS) yang terletak di orbit Bumi. Namun tanpa penjelasan, mereka tiba-tiba mengakhirinya.

Ternyata, dalam video tersebut, terekam sebuah objek asing berwarna abu-abu yang mendadak muncul dari balik Bumi. Memang tidak terlihat dengan jelas, tetapi banyak orang yang mengatakan bahwa benda itu mirip sekali dengan UFO.

https://www.youtube.com/embed/Mloo3kxQfFM

Hingga saat ini, penampakan alien, UFO, dan benda misterius lainnya memang hanya sebatas opini dan asumsi saja. Belum ada bukti ilmiah yang bisa membenarkannya. Namun, setelah mengetahui pengalaman astronaut di atas, apakah kamu mempercayainya? 

Baca Juga: Wow, 8 Tempat Ini Ternyata Bisa Dilihat dari Luar Angkasa

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya