Comscore Tracker

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadi

Mulai dari kraken, loch ness, hingga capricorn

Merupakan salah satu tempat yang kurang terjamah di Bumi, laut menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Terlebih lagi, sejak zaman dahulu, laut sering menjadi latar dari berbagai kisah menyeramkan. Mulai dari misteri Segitiga Bermuda, adanya peradaban laut, hingga berbagai anomali lainnya. 

Kisah yang tak pernah mati seputar lautan adalah adanya hewan-hewan mitos yang diduga hidup di dalamnya. Makhluk tersebut memang tidak terbukti ada hingga saat ini. Namun sebagian orang memercayainya dan bahkan ada pula yang mengaku pernah melihat hewan mitos tersebut. 

Penasaran hewan mitos apa saja yang ada di dalam lautan? Simak berikut ini!

1. Kraken

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadiartstation.com

Hewan mitos paling populer yang hidup di lautan adalah Kraken. Ia adalah monster laut kuno yang berpenampilan seperti gurita raksasa. Makhluk yang beredar di berbagai legenda dunia ini bahkan dipercaya mampu menenggelamkan kapal. 

Teror Kraken sangatlah nyata di abad ke-13 dulu. Para pelaut selalu merasa was-was ketika berlayar di samudra karena takut akan serangan makhluk ini. Saking mengerikannya, Kraken sering diadaptasi ke dalam film. Contohnya Pirates of Carribean dan Clash of the Titans. 

2. Loch Ness

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadibritannica.com

Hewan mitos berikutnya yang tak kalah populer dari Kraken adalah Loch Ness. Makhluk yang satu ini diceritakan hidup di perairan Skotlandia. Ia tampak seperti plesiosaurus yang memiliki leher panjang menyembul di permukaan air. 

Banyak orang yang mengaku pernah melihat Loch Ness. Namun hingga saat ini keberadaannya masih belum terbukti nyata. Walaupun begitu, monster tersebut begitu populer, terutama di kalangan anak-anak. Loch Ness bahkan diadaptasi ke dalam berbagai film dan serial kartun.  

3. Cetus

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadifineartamerica.com

Monster laut yang satu ini memiliki tubuh yang aneh dan mengerikan. Sekilas ia tampak seperti anjing yang bersisik, bersirip, dan hanya memiliki dua kaki. Bagian tubuh belakangnya berupa ekor yang panjang seperti duyung. 

Hewan yang berasal dari mitologi Yunani diceritakan merupakan percampuran antara hiu, lumba-lumba, paus, dan anjing greyhound. Cetus adalah makhluk yang ditaklukkan oleh Heracles dan Perseus ketika mereka ingin menyelamatkan Andromeda. 

4. Leviathan

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadistormfields.com

Leviathan merupakan hewan mitos yang berasal dari mitologi Yahudi. Dilansir New World Encyclopedia, masyarakat zaman dulu percaya bahwa makhluk mengerikan ini adalah simbol dari kreativitas Tuhan berupa monster jahat. 

Uniknya, Leviathan bisa dideskripsikan dengan berbagai macam wujud di wilayah yang berbeda. Namun secara garis besar, makhluk ini memilki tubuh yang luar biasa besar, panjang, bersisik, dan tampak seperti naga. Jangan lupakan pula cakar dan giginya yang tajam. 

5. Hippocampus

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadipinimg.com

Berasal dari mitologi Yunani, Hippocampus digambarkan seperti kuda yang hidup di lautan. Berbeda dari kuda biasa, makhluk yang satu ini bertubuh licin seperti ikan, memiliki sirip, dan ekor. Kaki-kakinya bahkan dilengkapi dengan selaput untuk membantunya bergerak lincah di air. 

Menurut kisah yang beredar, Hippocampus merupakan kuda yang sering ditunggangi oleh Poseidon, si dewa lautan. Berbeda dari hewan mitos sebelumnya, Hippocampus adalah makhluk yang jinak dan tak berdosa. 

Baca Juga: 7 Hewan Mitos Terpopuler di Dunia, Hoaks Zaman Kuno yang Menjadi Abadi

6. Lernaean Hydra

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadiwikia.nocookie.net

Hydra atau yang dikenal pula dengan sebutan Lernaean Hydra merupakan hewan yang menjadi teror di mitologi Yunani. Tubuhnya menyerupai dinosaurus namun ia memiliki begitu banyak kepala. Jika kamu memotong satu kepalanya, akan ada dua kepala lagi tumbuh di bagian yang terluka itu.  

Hampir semua orang yang berhadapan dengan Hydra bisa dipastikan akan mati. Dalam sejarah, hanya ada satu orang yang bisa menaklukkannya. Ialah Hercules. Ia dan satu keponakannya berhasil memotong habis kepala Hydra hingga makhluk tersebut mati. 

7. Sea serpent atau ular laut

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadireddit.com

Sea serpent atau ular laut adalah makhluk yang ada di hampir semua legenda dunia. Mulai dari Yunani, Romawi, Timur Tengah, hingga Jepang. Makhluk ini digambarkan memiliki tubuh raksasa, panjang, berkulit keras, dan tampak seperti naga.

Dalam setiap legenda, ular laut memiliki sebutan yang berbeda. Berikut ini di antaranya:

  • Bakunawa dari Filipina;
  • Mizuchi dari Jepang;
  • Jormungandr dari Jerman Utara;
  • Leviathan dari mitologi Yahudi (Timur Tengah).

8. Aspidochelone

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadipinimg.com

Pernahkah kamu membayangkan kura-kura raksasa yang punggungnya ditumbuhi pepohonan sehingga membuatnya tampak seperti pulau? Seperti itulah gambaran Aspidochelone. 

Nama 'Aspidochelone' berasal dari kata 'aspis' yang berarti perisai dan 'chelone' yang artinya kura-kura dalam Bahasa Yunani. Walaupun begitu, dalam kisah lainnya, makhluk ini digambarkan berupa paus yang sering mengambang di lautan. 

9. Capricorn

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadiunderthenightsky.com

Capricorn ternyata bukan hanya ada di dalam zodiak, lho. Nyatanya, dalam mitologi Yunani, ia adalah kambing laut atau yang dikenal dengan nama Pan. Makhluk ini tampak seperti kambing dari kepala hingga setengah tubuhnya. Namun ia memiliki ekor duyung di bagian belakangnya. 

Dilansir Greek Mythology, Capricorn memiliki tugas yang mulia di dunia. Ia adalah sosok yang mengatur makhluk laut, hutan, dan semua hewan yang tinggal di dalamnya. 

10. Scylla dan Charybdis

10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadimedium.com

Terakhir ada makhluk mengerikan bernama Scylla dan Charybdis. Kedua makhluk ini "sepaket" karena selalu bekerja sama untuk meneror siapa pun yang memasuki wilayahnya. 

Scylla merupakan monster dengan enam kepala panjang yang menyerupai Hydra. Ia tinggal di atas batu yang berada di selat sempit. Sementara Charybdis merupakan pusaran air yang berada di dekat Syclla. Ketika ada kapal yang melintas dan menghindari batu Scylla, mereka akan terperangkap ke dalam pusaran Charybdis. 

Itulah sejumlah hewan mitos yang diceritakan tinggal di laut. Menurutmu mana yang paling mengerikan?

Baca Juga: 7 Hewan yang Sering Dikorbankan untuk Fashion, yuk Stop!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya