Comscore Tracker

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!

Ukuran yang besar tidak mengurangi keimutan mereka

Kucing memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Mulai dari bulunya yang indah dan lembut, matanya yang memikat, hingga sikapnya yang kadang bikin kita geleng-geleng kepala. 

Pada umumnya, kita lebih tertarik dengan kucing kecil. Apalagi mereka yang baru berumur beberapa bulan. Namun ternyata ada sejumlah ras kucing yang justru disukai karena tubuhnya yang jumbo. Mereka bisa dibilang jauh lebih besar daripada kucing yang sering kita jumpai. Bahkan ada yang melebihi ukuran anjing, lho!

Apakah kamu tertarik untuk bertemu dengan mereka? Yuk, kenalan dengan sepuluh ras kucing terbesar di dunia berikut ini!

10. American Bobtail

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!pets4homes.co.uk

Jangan heran dengan kucing yang satu ini., mereka memang dikenal memiliki ekor yang sangat pendek. Itulah kenapa mereka mendapat julukan “bobtail”. Ciri lain yang dimilikinya adalah mereka sangat lincah dan suka beraktivitas. Walaupun begitu American Bobtail memiliki ukuran yang besar dibandingkan kucing pada umumnya, yaitu dengan berat sekitar 3 sampai 7 kilogram.

9. Chausie

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!wikimedia.org

Chausie adalah ras campuran yang dihasilkan dari perkawinan antara kucing hutan dan kucing domestik. Tubuhnya atletis, dilengkapi dengan kaki panjang dan telinga yang lebar.  Tak heran jika berat badannya bisa mencapai 3 hingga 7 kilogram. Walaupun punya darah kucing hutan, Chausie tetap aman kok untuk dipelihara. 

8. Turkish Van

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!marylandpet.com

Dilansir dari Mental Floss, menurut cerita yang beredar, Turkish Van adalah ras kucing yang ikut serta di dalam kapal Nabi Nuh. Mereka dikenal memiliki corak bulu yang khas, yaitu putih dengan warna cokelat di sekitar ekor dan kepalanya. Turkish Van juga dapat tumbuh hingga berbobot 4 sampai 7 kilogram.

7. Siberian cat

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!petinsurance.com

Kucing berikutnya yang memiliki tubuh besar adalah Siberian cat. Mereka berasal dari Rusia dan telah hidup sejak seribu tahun yang lalu, menurut laman The Mysterious World. Karenanya, Siberian cat diberi julukan kucing nasional dari Rusia.

Siberian cat memiliki penampilan yang gagah. Berat tubuhnya bisa mencapai 4 hingga 7 kilogram. Sedangkan panjang tubuhnya pun berkisar antara 40 sampai 60 sentimeter.

6. British Shorthair

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!flickpingis.se

Siapa yang tak kenal dengan kucing imut ini? British Shorthair adalah salah satu ras kucing yang sering dijadikan peliharaan karena mereka sangat manja dan ramah untuk anak-anak. Tubuhnya yang fluffy juga sangat nyaman dipeluk. Mereka bisa tumbuh sangat besar, yaitu dengan berat mencapai 4 hingga 8 kilogram dan panjang mencapai 30 hingga 35 sentimeter.

5. Norwegian Forest

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!pinimg.com

Satu kata yang bisa menggambarkan Norwegian Forest adalah anggun. Mereka dikenal memiliki penampilan yang cantik dengan bulu sangat panjang. Walaupun begitu, kucing tersebut cukup berotot. Beratnya Norwegian Forest dewasa bisa mencapai 5 hingga 8 kilogram.

Baca Juga: Kenapa Kucing Suka Memberi "Hadiah" untuk Majikan? Ini Penjelasannya!

4. Ragdoll

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!catster.com

Ragdoll termasuk ras yang sangat cocok dipelihara keluarga. Mereka sangat kalem, ramah, dan setia terhadap pemiliknya. Tak hanya itu, Ragdoll juga memiliki tubuh yang sangat besar.

Beratnya mencapai 5 hingga 9 kilogram, dengan tubuh panjang, berotot, serta kaki yang besar pula. Pada umumnya, ras kucing ini memiliki empat warna utama, yaitu cokelat, abu-abu kebiruan, abu-abu gelap, serta keunguan.

3. Ragamuffin

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!brightspotcdn.com

Ragamuffin adalah ras kucing besar yang merupakan varian dari Ragdoll. Mereka juga dikenal memiliki kepribadian yang baik. Tidak agresif, tenang, setia, dan bisa berteman baik dengan hewan lain, termasuk anjing.

Ragamuffin dewasa bisa memiliki bobot 5 hingga 9 kilogram, mirip dengan Ragdoll. Namun pada umumnya, mereka terlihat sedikit lebih besar karena bulunya yang panjang. 

2. Maine Coon

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!independent.co.uk

Ras kucing paling besar nomor dua jatuh ke tangan Maine Coon. Berat badannya bisa mencapai 6,8 hingga 11,3 kilogram. Sedangkan panjang tubuhnya berkisar antara 48 sentimeter hingga 1 meter. Sangat besar, ya!

Maine Coon memiliki sejarah yang menarik. Dilansir dari Pet Finder, kucing tersebut ternyata sempat dinyatakan punah pada tahun 1950-an. Ini karena banyak bangsa yang lebih menyukai kucing Persia dan Angora. Sekitar 11 tahun kemudian, ras Maine Coon muncul kembali dan bahkan menjadi populer karena tubuhnya yang besar.

1. Savannah

Inilah 10 Ras Kucing Terbesar di Dunia, Ada yang Berukuran 1 Meter!quiet-corner.com

Predikat ras kucing terbesar di dunia layak diberikan kepada Savannah. Kucing dengan penampilan seperti cheetah tersebut bisa memiliki berat yang berkisar antara 6,8 hingga 13,6 kilogram. Panjang tubuhnya pun sekitar 40 sampai 46 sentimeter. Jauh lebih besar dari kucing biasa, bahkan bisa dibilang mirip dengan ukuran husky betina.

Ada alasan kenapa Savannah dapat tumbuh sangat besar. Mereka ternyata merupakan campuran antara kucing domestik Persia dan kucing besar (serval) Afrika. Tak heran, penampilannya pun mirip dengan kucing hutan. 

Itu tadi sejumlah ras kucing dengan ukuran paling besar di dunia. Jika dibandingkan dengan kucing kampung dan kucing rumahan biasa, ukuran mereka bisa berkali-kali lipat, lho! Tertarik untuk memeliharanya?

Baca Juga: Inilah 10 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Mau Pelihara Mereka?

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya