Comscore Tracker

Tidak Termakan Usia, Ini 5 Kota Romawi Kuno di Timur Tengah

Ada yang rusak berat karena ulah ISIS #IDNTimesScience

Serdadu Romawi yang dipimpin oleh Jenderal Pompey berhasil menguasai beberapa wilayah di Timur Tengah pada era pemerintahan Julius Caesar. Untuk menanamkan pengaruh dan bukti kekuasaan bangsa Romawi, pemerintah pusat merenovasi dan membangun kota-kota bergaya Romawi di sana yang sekarang menjadi daya tarik yang sangat unik.

Beberapa kota tersebut ada yang masih selamat sampai hari ini, serta menjadi cagar budaya atau bahkan masuk ke daftar Warisan Dunia UNESCO. Penasaran apa saja kota-kota Romawi yang cukup awet tersebut? Mari simak daftar singkat berikut!

1. Baalbek

Tidak Termakan Usia, Ini 5 Kota Romawi Kuno di Timur TengahKuil Jupiter di Baalbek, Lebanon (pixabay.com/djedj)

Baalbek, yang diperkirakan sudah ditinggali sejak tahun 9000 Sebelum Masehi, adalah kota purba bangsa Fenisia di Lebanon yang kemudian sempat dikuasai oleh Alexander the Great dari Makedonia. Sejak tahun 15 SM, kota ini jatuh ke tangan Kekaisaran Romawi. 

Bangsa Romawi membantu Baalbek berkembang pesat melalui pembangunan jalan, akuaduk, dan banyak bangunan raksasa. Bahkan, kuil Jupiter yang dikonstruksi di sana menjadi kuil terbesar sepanjang sejarah Kekaisaran Romawi yang didedikasikan kepada Dewa Jupiter.     

2. Gerasa

Tidak Termakan Usia, Ini 5 Kota Romawi Kuno di Timur TengahArch of Hadrian, Gerasa, Yordania (pixabay.com/Hisham_Zayadnh)

Gerasa di Yordania diyakini sudah ada sejak tahun 7500 SM yang sejak saat itu beberapa kali berpindah tangan. Mulai dari Makedonia, Kekaisaran Seleukia, dan Kerajaan Hasmonean. Setelah berhasil dikuasai oleh Kekaisaran Romawi, Gerasa mengalami periode "Zaman Keemasan" pada era pemerintahan Kaisar Trajan di abad ke-2 Masehi. 

Pada masa-masa tersebut, Gerasa mengalami perkembangan yang sangat pesat berkat pembangunan berbagai sarana publik yang masif oleh bangsa Romawi. Saat Kaisar Hadrian mengunjungi dan sempat tinggal di Gerasa untuk sementara waktu, Gerbang Hadrian atau "Arch of Hadrian" dibangun untuk merayakan kedatangan sang kaisar. 

Baca Juga: Memiliki Pengaruh Terbesar, Ini 11 Fakta Kekaisaran Persia Pertama  

3. Palmyra

Tidak Termakan Usia, Ini 5 Kota Romawi Kuno di Timur Tengahpilar-pilar Romawi di Palmyra, Suriah (pixabay.com/andrelambo)

Kota yang berlokasi di tengah-tengah gurun Suriah ini akhirnya bisa maju dan meningkat perannya setelah kedatangan bangsa Romawi. Menjadi bagian dari provinsi Kekaisaran Romawi pada abad pertama Masehi, Palmyra berkembang menjadi kota penting penghubung perdagangan dengan beberapa negara, antara lain Persia, China, dan India. 

Agak berbeda dari kota yang lainnya, bangunan-bangunan di Palmyra merupakan gabungan arsitektur lokal Suriah, Yunani-Romawi, dan Persia. Beberapa struktur yang masih selamat adalah teater Romawi, kamp militer Diocletian, kuil Baal (dewa di Suriah Kuno), dan beberapa kuil lainnya. 

Kota kuno Palmyra ini pernah menjadi korban ISIS beberapa tahun yang lalu. Meskipun masih ada yang selamat, banyak bangunan yang mengalami kerusakan parah akibat pengeboman ISIS. 

4. Tirus

Tidak Termakan Usia, Ini 5 Kota Romawi Kuno di Timur TengahArch of Hadrian, Tirus, Lebanon (livius.org)

Kota purba bangsa Fenisia ini sebenarnya sudah cukup maju dan makmur ribuan tahun yang lalu sebelum bangsa Romawi datang ke Lebanon. Namun, Tirus beberapa kali hancur setiap terjadi penjajahan oleh banyak bangsa, yang salah satunya adalah Makedonia. Pada tahun 64 SM, kota ini diambil alih oleh bangsa Romawi.

Tirus dibangkitkan kembali dari reruntuhan oleh Romawi melalui pembangunan banyak jalan, monumen, dan akuaduk, yang masih bisa dilihat sampai sekarang. Salah satu monumen ikonik di Kota Tirus adalah "Arch of Hadrian".

5. Bosra

Tidak Termakan Usia, Ini 5 Kota Romawi Kuno di Timur TengahTeater Romawi di Bosra, Suriah (livius.org)

Kota purba Bosra yang berlokasi di Suriah diyakini memiliki hubungan dengan peradaban Mesir Kuno, Fenisia, Amori, dan Nabatea. Pada akhirnya, kota ini dikuasai oleh Kekaisaran Romawi pada tahun 106 Masehi. Di bawah pengaruh bangsa Romawi, Bosra semakin maju dan menjadi kota besar yang dilalui oleh banyak rute perdagangan. 

Ikon yang paling mencolok di Bosra adalah teater Romawi yang dibangun pada abad ke-2 Masehi di zaman pemerintahan Kaisar Trajan. Bosra sebenarnya sangat unik dibandingkan dengan yang lainnya karena kota ini bagaikan museum terbuka yang masih menyimpan situs arkeologi dari era sebelum dan sesudah Romawi. Mulai dari Nabatea, Kekristenan Bizantium, sampai Dinasti Umayyah nantinya yang membawa agama Islam.  

Nah, itulah lima kota Romawi di Timur Tengah yang masih bertahan sampai detik ini, meskipun ada beberapa yang mengalami kerusakan. Tentu masih ada beberapa kota Romawi lainnya di sana yang tidak kalah menarik. Semoga informasi ini menambah wawasanmu, ya!

Baca Juga: 6 Fakta Seputar Caligula, Kaisar Romawi Gila yang Terobsesi Jadi Dewa

Juan A. Soedjatmiko Photo Verified Writer Juan A. Soedjatmiko

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan informasi atau kata dalam artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya