5 Fakta Unik Flapjack Octopus, Gurita Terimut Sedunia!

Bantuknya imut seperti pancake

Hingga saat ini tercatat ada sekitar 300 spesies gurita yang ada di dunia. Di antara jumlah itu, flapjack octopus sepertinya layak untuk dinobatkan sebagai spesies gurita paling imut sedunia. Memiliki nama ilmiah Opisthoteuthis californiana , jenis gurita ini pertama kali ditemukan pada tahun 1949 oleh seorang zoologist bernama Samuel Stillman Berry. Yuk, telusuri lebih lanjut 5 fakta unik dari gurita imut ini.

1. Berbentuk seperti pancake

Gurita ini lebih dikenal dengan nama flapjack octopus karena bentuknya yang seperti pancake. Melansir dari Animal Hype, rata-rata Flapjack octopus hanya memiliki ukuran sekitar 20 cm. Spesies ini tergolong dalam keluarga gurita berpayung karena memiliki mantel yang dimiliki membuat gurita ini berbentuk seperti payung ketika bergerak. Selain itu, flapjack octopus memiliki sirip seperti kuping yang menambah keimutan spesies ini.

2. Ada rencana untuk mengganti nama spesies

Saking imutnya, banyak orang menyarankan agar nama gurita ini diganti jadi Opisthoteuthis adorabilis. Kata adorabilis sendiri diambil dari kata adorable dalam bahasa Inggris yang berarti menggemaskan. Ide ini datang dari Stephanie Bush, peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute, California, yang sudah meneliti spesies ini cukup lama. Sebagai informasi, spesies ini juga menjadi inspirasi dari karakter gurita pink imut dan mungil di film Finding Nemo.

3. Hidup di laut dalam

5 Fakta Unik Flapjack Octopus, Gurita Terimut Sedunia! ilustrasi laut dalam (unsplash.com/Jonathan Borba)

Flapjack octopus hidup di laut dalam dengan sangat sedikit paparan sinar matahari. Gurita muda biasa hidup di kedalaman 200 meter, sedangkan yang lebih dewasa akan hidup di kedalaman 500-1500 meter. Kebanyakan dari mereka ditemukan di perairan Jepang dan California. Walaupun dapat berenang, gurita ini lebih suka diam di dasar laut untuk sembunyi di lumpur lunak.

4. Tidak memiliki tinta

5 Fakta Unik Flapjack Octopus, Gurita Terimut Sedunia! foto flapjack octopus (dok. Monterey Bay Aquarium Research Institute)

Berbeda dari kebanyakan jenis gurita lain, flapjack octopus ini tidak memiliki kantung tinta. Hal ini membuat flapjack octopus tidak dapat berkamuflase saat terancam oleh kehadiran predator. Selain itu, gurita ini juga tidak memiliki radula seperti mayoritas jenis lain. Radula adalah organ yang terdiri dari serangkaian gigi tajam yang berfungsi untuk memecah makanan sebelum ditelan.

5. Memiliki sistem reproduksi unik

5 Fakta Unik Flapjack Octopus, Gurita Terimut Sedunia! flapjack octopus (commons.wikimedia.org/NOAA Ocean Exploration)

Karena hidup di lautan dalam yang luas, gurita ini sulit untuk menemukan pasangan untuk reproduksi. Kondisi ini membuat spesies ini mengembangkan cara reproduksi yang unik. Flapjack octopus betina biasanya akan selalu membawa telur yang sudah siap untuk dibuahi sewaktu-waktu ia bertemu pasangan. Gurita betina juga memiliki kemampuan untuk menyimpan sperma dari jantan ditubuhnya yang dapat digunakan untuk membuahi telurnya kapan saja.

Dengan keunikannya, flapjack octopus menunjukkan kepada kita betapa menakjubkannya kehidupan di laut dalam. Dari bentuknya yang menggemaskan hingga sistem reproduksinya yang adaptif, spesies ini mengingatkan kita akan keragaman biologis bawah laut. Oleh karena itu, kita harus secara sadar berpartisipasi mulai dari hal-hal kecil untuk menjaga kelangsungan ekosistem bawah laut.

Baca Juga: 13 Hewan Laut yang Paling Berbisa Dapat Mematikan, Waspada!

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik