Comscore Tracker

5 Fakta Keren Tentang Lumba-lumba, Mamalia Ramah Sahabat Manusia

Ternyata mereka juga punya nama lho!

Lumba-lumba mungkin bukan hewan yang asing bagi kita semua. Kamu mungkin pernah melihat hewan ini di sirkus, di SeaWorld, atau bahkan melihat mereka langsung di laut lepas yang merupakan habitat asli mereka.

Selama ini kita hanya tahu lumba-lumba sebagai hewan yang ramah pada manusia. Tapi selain sifatnya yang bersahabat, ternyata lumba-lumba juga menyimpan beberapa fakta unik yang jarang orang ketahui, apa aja sih?

1. Lumba-lumba tidak bisa bernafas di dalam air

5 Fakta Keren Tentang Lumba-lumba, Mamalia Ramah Sahabat Manusiaunsplash.com/Leon Overweel

Meski menghabiskan banyak waktunya di lautan, nyatanya lumba-lumba sama seperti mamalia lainnya. Berbeda dengan ikan, lumba-lumba tidak memiliki insang dan itulah alasannya kenapa mereka sesekali muncul ke permukaan laut.

Mereka memiliki sebuah lubang sembur dibagian atas tubuhnya. Tujuannya? Agar mereka bisa menghirup udara untuk bisa bernafas di dalam air sekaligus mencegah agar paru-paru mereka tidak kemasukan air dan membuat mereka tenggelam.

2. Tidak suka sendirian, lumba-lumba bisa hidup bersama 1.000 lumba-lumba lainnya

5 Fakta Keren Tentang Lumba-lumba, Mamalia Ramah Sahabat Manusiaunsplash.com/@seefromthesky

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah bisa hidup sendirian. Nah sama seperti manusia, rupanya lumba-lumba juga tidak pernah bisa hidup sendirian. Untuk bisa hidup, mereka tergabung dalam sebuah kelompok yang disebut Pods. Dalam sebuah Pods terdiri dari puluhan lumba-lumba.

Mereka berenang bersama, mencari makan bersama, bahkan saling mengingatkan akan keberadaan musuh yang ada disekitarnya. Tidak berhenti sampai disitu, para lumba-lumba ini juga bisa bergabung dalam sebuah kelompok Superpods yang terdiri dari 1.000 lumba-lumba. 

3. Setiap lumba-lumba punya "nama"

5 Fakta Keren Tentang Lumba-lumba, Mamalia Ramah Sahabat Manusiaunsplash.com/Talia Cohen

Semua lumba-lumba mungkin terlihat sama dimata kita, tapi lumba-lumba mengenali teman-temannya dari "nama" mereka masing-masing. Kamu mungkin sudah tahu, lumba-lumba mengeluarkan suara yang mirip dengan suara siulan.

Tapi kamu pasti enggak tahu, kalau siulan lumba-lumba itu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Yang hebat adalah, lumba-lumba juga mengingat "nama" teman-temannya dan masih akan mengingatnya meski mereka sudah terpisah selama beberapa puluh tahun.

Baca Juga: Mengenal 5 Lumba-lumba Air Tawar, Mamalia dengan Bentuk Tubuh Unik

4. Meski punya 100 gigi, lumba-lumba tidak pernah mengunyah makanannya

5 Fakta Keren Tentang Lumba-lumba, Mamalia Ramah Sahabat Manusiaunsplash.com/darin ashby

Sama seperti semua hewan dan manusia, lumba-lumba juga punya gigi. Namun meski setiap lumba-lumba punya 100 gigi, mereka tidak pernah menggunakan giginya untuk mengunyah. Fungsi gigi lumba-lumba adalah untuk menangkap mangsanya dan ketika sudah mendapatkan mangsa tersebut, lumba-lumba akan langsung menelannya.

Mereka tidak perlu mengunyah, karena lambung mereka-lah yang akan melakukannya. Lumba-lumba punya beberapa lambung, satu lambung untuk mencerna dan lambung lainnya untuk menyimpan makanan sebelum dicerna.

5. Lumba-lumba ternyata juga suka "tidur siang" lho!

5 Fakta Keren Tentang Lumba-lumba, Mamalia Ramah Sahabat Manusiaunsplash.com/Courtnie Tosana

Berenang kesana-kemari ternyata juga sanggup membuat lumba-lumba merasa lelah lho! Untuk menghilangkan rasa lelah, mamalia satu ini butuh "tidur siang". Tidak selama beberapa jam, melainkan selama 15 sampai 20 menit dan mereka melakukannya beberapa kali dalam satu hari. Tentu saja, lumba-lumba tidak benar-benar menutup matanya dan tidur seperti manusia melainkan hanya mengistirahatkan satu otaknya.

Saat istirahat, lumba-lumba juga tidak sembarangan memilih tempat karena mereka hanya beristirahat di permukaan laut. Tujuannya agar lubang sembur mereka tidak kemasukan air dan membuat mereka bisa bernafas selama tidur, juga membuat mereka tetap waspada.

Baca Juga: 5 Fakta Paus Orca, Lumba-lumba Raksasa Predator Puncak di Lautan

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya