Comscore Tracker

5 Sisi Gelap Lumba-Lumba yang Jarang Diketahui, Jangan Tertipu Ya!

#IDNTimesScience Ternyata tidak kalah ganas dari hiu!

Kebanyakan manusia beranggapan bahwa lumba-lumba adalah hewan yang lucu, dan ramah pada manusia. Tidak dipungkiri, mamalia laut satu ini memang pernah membantu manusia beberapa kali. Namun anggapan bahwa mereka adalah hewan yang lucu dan ramah sebenarnya tidak selalu tepat.

Pada dasarnya, lumba-lumba sama seperti hewan lainnya yang bisa berubah jadi predator mematikan. Lebih parahnya lagi, sisi gelap dari lumba-lumba bisa keluar kapan saja, tanpa adanya ancaman. Dilansir Best Life Online, berikut lima sisi gelap lumba-lumba yang jarang orang ketahui!

1. Lumba-lumba bisa menggigit dan menyerang 

5 Sisi Gelap Lumba-Lumba yang Jarang Diketahui, Jangan Tertipu Ya!Lumba-lumba bisa menggigit dan menyerang. (unsplash.com/darin ashby)

Walaupun penampilannya terlihat cukup menggemaskan, lumba-lumba memiliki gigi tajam yang dia gunakan untuk menyerang mangsanya. Seekor lumba rata-rata memiliki 80 sampai 100 gigi, yang meski kecil tapi cukup berbahaya. Selain menggunakan gigi tajam untuk menghabisi pemangsa, mereka juga tidak segan menggunakan giginya untuk melukai manusia malang yang ditemuinya.

Meski belum pernah ada orang meninggal karena lumba-lumba, tapi ada banyak kasus dimana lumba-lumba menyerang manusia bahkan menariknya ke dalam air. Cukup berbahaya bukan?

2. Mereka juga suka main keroyokan 

5 Sisi Gelap Lumba-Lumba yang Jarang Diketahui, Jangan Tertipu Ya!Mereka juga suka main keroyokan. (unsplash.com/Rudney Uezu)

Lumba-lumba hidup dalam kelompok yang besar, yang terdiri dari ratusan bahkan lebih dari seribu lumba-lumba. Sama seperti hewan berkelompok lainnya, kawanan lumba-lumba sangat kompak satu sama lain. Kedengarannya sih bagus, tapi kelompok ini akan berubah jadi sangat ganas ketika mereka lapar.

Ditambah lagi, lumba-lumba adalah karnivora berdarah dingin. Biasanya mereka menyantap ikan kecil, udang, atau cumi yang jadi mangsa favoritnya.

Baca Juga: 5 Fakta Lumba-lumba Māui, Salah Satu Jenis Lumba-lumba Terkecil

3. Lumba-lumba jantan suka menculik lumba-lumba betina 

5 Sisi Gelap Lumba-Lumba yang Jarang Diketahui, Jangan Tertipu Ya!Lumba-lumba jantan suka menculik lumba-lumba betina. (unsplash.com/Talia Cohen)

Bukan cuma hobi ganggu orang yang lagi berenang, lumba-lumba juga merupakan hewan yang memiliki hasrat seksual tinggi. Tidak jarang beberapa lumba-lumba hidung botol "menculik" lumba-lumba betina, dan kawin dengannya selama beberapa minggu.

Bukan hanya itu, beberapa lumba-lumba jantan ini juga memukul, dan mengeluarkan suara mengerikan untuk menakut-nakuti lumba-lumba betina yang malang itu.

4. Lumba-lumba membunuh hanya untuk bersenang-senang

5 Sisi Gelap Lumba-Lumba yang Jarang Diketahui, Jangan Tertipu Ya!Lumba-lumba saat memangsa cumi-cumi. (particle.scitech.org.au)

Kebanyakan hewan, baik itu di lautan maupun daratan, hanya akan menyerang ketika mereka lapar atau ketika wilayahnya diganggu oleh hewan lain. Namun yang membuatnya terdengar lebih kejam adalah, lumba-lumba suka bermain-main dengan makanannya.

Saat berburu gurita misalnya, beberapa lumba-lumba akan memperlakukan gurita malang ini layaknya bola dengan melemparnya kesana-kemari. Baru setelah tubuh gurita ini terbagi jadi beberapa bagian, lumba-lumba akan mulai memakannya.

5. Pejantan bahkan tega membunuh bayi lumba-lumba 

5 Sisi Gelap Lumba-Lumba yang Jarang Diketahui, Jangan Tertipu Ya!Induk lumba-lumba dan bayinya. (unsplash.com/Jonas Von Werne)

Bukan hanya membunuh makhluk lain yang lebih lemah, lumba-lumba jantan bahkan tega membunuh bayi lumba-lumba dari kelompoknya sendiri. Biasanya tragedi ini terjadi saat musim kawin tiba. Lumba-lumba jantan berusaha menarik perhatian betina, tapi rayuan pejantan ini tidak akan mempan jika betina masih memiliki bayi-bayi kecil yang baru lahir.

Demi mendapatkan perhatian betina itu, para pejantan diam-diam membunuh bayi lumba-lumba sebelum mengawini induknya.

Selama ini kita hanya tahu bahwa lumba-lumba adalah hewan yang ramah. Tapi dibalik wajahnya yang lucu, hewan ini menyembunyikan banyak sisi gelap yang jarang diketahui, seperti membunuh bayi lumba-lumba hanya untuk menarik perhatian betina. Kejam sekali bukan? Bahkan singa pun tidak sekejam itu!

Baca Juga: Bukan di Laut, 6 Spesies Lumba-Lumba Ini Hidup di Sungai

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya