Comscore Tracker

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!

Terima kasih, Jupiter

Apa yang ada di pikiran kamu jika mendengar nama Jupiter? Jawabannya pasti planet terbesar di tata surya yang jadi tetangga bumi setelah Mars. Ya, Jupiter memang sangat besar dan saking besarnya satu planet Jupiter mampu menampung 1.300 planet seukuran bumi.

Jupiter sendiri terbentuk dari gas dan debu yang berasal dari sisa pembentukan matahari. Penduduk bumi sendiri baru mengenai planet raksasa ini pada 1610 ketika Galileo Galilei menemukannya pertama kali! Untuk tahu lebih jauh, yuk, simak fakta unik tentang Jupiter berikut ini!

1. Memiliki banyak nama

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!ancientrome.ru

Sama seperti planet lainnya, Jupiter dinamai berdasarkan nama dewa Romawi. Jupiter sendiri merupakan nama raja para dewa dalam bangsa Romawi Kuno. Nama ini bisa dibilang sangat sesuai dengan Jupiter. Itu karena dibandingkan dengan planet lainnya, Jupiter memiliki ukuran yang paling besar.

Meski begitu, Jupiter tak hanya mewakili dewa bangsa Romawi. Oleh bangsa Yunani, Jupiter adalah perlambang dari dewa guntur yang bernama Zeus. Selain itu, Jupiter adalah dewa Marduk yaitu dewa pelindung bagi bangsa Mesopotamia.

2. Jupiter ternyata lebih muda dari bumi

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!pics-about-space.com

Ukuran Jupiter boleh saja lebih besar puluhan kali dari bumi, tapi ukuran ternyata tidak membuat Jupiter berusia lebih tua dari bumi. Jika Neptunus yang berusia 4,6 miliar tahun bisa jadi kakak dari bumi, Jupiter yang berusia 4,503 miliar tahun adalah adik dari bumi. bumi sendiri berusia 4,543 miliar tahun.

3. Jupiter juga punya lautan

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!unsplash.com/Matt Hardy

Gak kalah dari bumi, Jupiter juga punya laut. Namun, tentu saja lautan ini tidak akan sama dengan lautan yang dimiliki oleh bumi kita. Di bagian tengah Jupiter terdapat sebuah lautan, bukan lautan berisi air melainkan logam cair atau hidrogen metalik. Lautan ini ditutupi oleh selubung hidrogen dan helium yang tebal.

4 Sama seperti Saturnus, Jupiter juga memiliki cincin

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!reddit.com

Planet bercincin, orang mungkin akan langsung teringat pada Saturnus. Namun, Jupiter pun ternyata punya cincin, meski ukurannya tidak sebesar cincin milik Saturnus. Cincin ini berasal dari satelit Jupiter yang tertarik oleh asteroid.

Baca Juga: 5 Planet dengan Percepatan Gravitasi Paling Tinggi, Apa Efeknya?

5. Jupiter sangat cepat, tapi juga sangat lamban

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!scienceve.com

Jupiter berputar sangat cepat pada porosnya. Itu sebabnya, satu hari di Jupiter hanya berlangsung selama 10 jam. Namun di sisi lain, Jupiter juga sangat lamban saat harus berputar mengelilingi matahari.

Penyebabnya, karena orbit Jupiter yang lebih besar dari bumi membuat planet raksasa ini butuh waktu lama untuk mengelilingi matahari. Saking lamanya, satu tahun di Jupiter setara dengan 11,8 tahun di bumi.

6. Merupakan planet pelindung bumi

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!amp.livescience.com

Jupiter adalah planet raksasa dengan gravitasi paling kuat di tata surya. Ternyata, gravitasi ini bukan hanya berguna bagi Jupiter, tapi juga planet sekitarnya, termasuk bumi. Saking kuat gravitasinya, Jupiter akan merusak komet, meteorit, hingga asteroid yang melintas di dekatnya.

Hal yang sama terjadi pada 1994, ketika itu komet Shoemaker-Levy 9 diprediksi akan menabrak bumi. Untungnya, sebelum menabrak bumi, komet ini terlebih dahulu melintasi Jupiter yang memiliki gravitasi kuat. Jupiter kemudian menarik komet tersebut untuk mendekat padanya. Jadi, alih-alih menabrak bumi, komet ini justru menabrak Jupiter.

7. Tidak ada yang bisa mendarat di Jupiter

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!geek.com

Meski ukurannya besar, manusia tidak akan bisa hidup di Jupiter. Bukan hanya karena letaknya yang jauh dari matahari dan bumi, tapi juga karena di sana tidak ada tempat untuk mendarat. Berbeda dengan Merkurius, Venus, bumi, dan Mars, Jupiter adalah bola gas raksasa. Tidak ada daratan di sana sehingga tidak akan ada yang bisa mendarat apalagi hidup di planet tersebut.

8. Memiliki badai terlama di tata surya

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!nypost.com

Kalau kamu banyak membaca tentang Jupiter atau pernah melihat fotonya, kamu mungkin mengenali titik merah raksasa yang ada di permukaan Jupiter. Namun titik merah ini ternyata bukanlah awan, melainkan sebuah badai raksasa yang memiliki ukuran tiga kali bumi.

Badai ini pertama kali ditemukan oleh astronom Itali bernama Giovanni Cassini pada 1665. Kini, setelah 354 tahun, badai tersebut nyatanya masih ada di Jupiter meski ukurannya mengecil sedikit demi sedikit.

9. Kamu bisa melihat Jupiter di langit

9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!deseretnews.com

Kabar baik bagi kamu para pencinta astronomi! Meski jaraknya dengan bumi sangat jauh, kamu bisa melihat Jupiter di langit malam. Ini karena Jupiter merupakan planet paling terang kedua setelah Venus di langit bumi.

Dengan menggunakan teleskop, kamu bisa dengan mudah melihat Jupiter, bahkan Galillea yang menjadi salah satu bulan utamanya. Sementara, dengan mata telanjang, Jupiter akan tampak seperti bintang terang berwarna putih.

Itu tadi fakta unik dari Jupiter. Apakah kamu punya fakta unik lain tentang planet ini? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Surya

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You