Comscore Tracker

Gak Kalah Kuat, 7 Hewan Ini Dapat Membunuh Singa dengan Mudah

Sang raja hutan bisa takluk dengan mereka

Singa menempati posisi teratas sebagai hewan paling berbahaya dan ditakuti. Bukan hanya oleh manusia, melainkan juga oleh hewan lain di alam liar. Terlebih lagi, mereka adalah salah satu makhluk yang berada di puncak rantai makanan. 

Selain gigi, taring, dan cakar yang tajam, seekor singa juga memiliki ukuran yang luar biasa besar. Bayangkan saja, seekor singa jantan memiliki berat 190 kilogram, sedangkan betinanya bisa mencapai sekitar 130 kilogram. Dengan badan seberat ini, gak bisa dibayangkan seberapa besar tenaga yang dimiliki oleh si raja hutan.

Well, singa memang kuat, tapi gak berarti mereka jadi tidak terkalahkan. Dilansir Listverse dan sumber-sumber lainnya, tujuh hewan berikut ini bisa mengalahkan dan bahkan membunuh sang raja hutan. 

1. Buaya 

Gak Kalah Kuat, 7 Hewan Ini Dapat Membunuh Singa dengan Mudahgambar seekor buaya (unsplash.com/Thomas Couillard)

Buaya memang lamban di daratan, tapi mereka akan jadi sangat cepat ketika sudah kembali ke air. Selain lebih cepat, reptil ini juga memiliki gigitan yang kuat.

Dengan kelebihan tersebut, buaya bisa dengan mudah menyeret seekor singa ke dalam air, menenggelamkannya, sebelum menikmati dagingnya sebagai menu makan siang. Singa memang kuat, tapi mereka jelas bukan tandingan buaya ketika berada di dalam air.

2. Badak 

Gak Kalah Kuat, 7 Hewan Ini Dapat Membunuh Singa dengan Mudahgambar seekor badak (unsplash.com/Nicole Wreyford)

Di padang savana yang ada di Afrika, singa bisa memangsa hewan apa pun, tapi mereka akan menghindari badak. Sekilas, badak memang terlihat lemah, lambat, dan pemalas. Namun mereka, akan berubah menjadi ganas ketika ada pendatang ilegal yang memasuki teritorinya dan membuat anak-anaknya terancam.

Badak membenci pendatang, bahkan jika itu adalah seekor singa. Dengan tubuh lima kali lebih besar dari si raja hutan dan cula yang tajam, badak akan melukai singa separah mungkin hingga gak mampu menyakiti anak-anaknya.

3. Jerapah 

Gak Kalah Kuat, 7 Hewan Ini Dapat Membunuh Singa dengan Mudahgambar kawanan jerapah (unsplash.com/MARIOLA GROBELSKA)

Selain menghindari badak si pemalas, singa juga enggan mencari masalah dengan si jangkung jerapah. Salah satu alasannya karena hewan ini memiliki tubuh setinggi 5 sampai 6 meter, yang membuat singa kesulitan untuk menjangkau lehernya.

Alasan kedua kenapa singa malas cari gara-gara dengan jerapah adalah karena tendangannya yang mematikan. Gimana gak mematikan kalau satu tendangan dari jerapah dapat mematahkan salah satu tulang singa? Belum lagi, kuku si jangkung yang sepanjang 30 sentimeter juga sanggup membuat singa luka-luka.

Baca Juga: 5 Hewan Unik yang Mendapat Sebutan 'Buaya', Ada Burung Buaya

4. Gajah 

Gak Kalah Kuat, 7 Hewan Ini Dapat Membunuh Singa dengan Mudahgambar kawanan gajah (unsplash.com/Marthijn Brinks)

Seperti yang kamu tahu, dengan berat mencapai 6500 kilogram dan tinggi 3,2 meter, gajah adalah salah satu hewan terbesar di planet ini. Tubuh besarnya juga berarti hewan ini memiliki tenaga yang sangat kuat. Bahkan, ternyata seekor gajah dewasa lebih dari sanggup untuk membunuh seekor singa.

Masalahnya, gajah gak mungkin bertempur melawan seekor singa sendirian. Mengingat mereka hidup dalam kawanan yang setia, gajah-gajah lain gak akan membiarkan siapa pun menyakiti saudaranya. Membunuh seekor gajah saja sulitnya minta ampun, apalagi menghadapi kawanannya.

5. Hyena 

Gak Kalah Kuat, 7 Hewan Ini Dapat Membunuh Singa dengan Mudahgambar hyena (unsplash.com/mana5280)

Meski ukurannya gak terlalu besar, hyena adalah lawan yang cukup tangguh bagi seekor singa. Pada dasarnya, singa gak pernah tertarik memburu hyena, begitu juga sebaliknya. Namun bukan berarti keduanya bisa hidup rukun di wilayah yang sama. Terlebih lagi, mereka punya target mangsa yang serupa. 

Bukannya cari aman, hyena sering kali berusaha mencuri mangsa yang sudah susah payah didapatkan oleh singa dan hal ini jelas membuat si raja hutan marah. Sebenarnya dalam pertarungan satu lawan satu, hyena hampir selalu kalah dari singa. Namun lagi-lagi, hewan ini selalu dibantu kawanannya yang setia sehingga sulit bagi seekor singa untuk memenangkan pertarungan tersebut.

6. Kuda nil

Gak Kalah Kuat, 7 Hewan Ini Dapat Membunuh Singa dengan Mudahgambar kuda nil (unsplash.com/Chris Stenger)

Kamu mungkin menganggap kuda nil sebagai hewan yang menggemaskan dan gak berbahaya. Namun di Afrika, hewan ini bisa membunuh lebih banyak manusia ketimbang singa per tahunnya.

Kuda nil bisa berlari sejauh 56 kilometer per jam. Ini tergolong sangat cepat untuk berat tubuhnya yang mencapai sekitar 1350 kilogram. Namun kemampuan lari kuda nil sebenarnya bukan hal yang terlalu mencemaskan, karena mereka lebih suka tetap berada di air.

Ketimbang kemampuan berlari, rahang hewan ini jauh lebih menyeramkan. Rahang mereka dipenuhi dengan gigi besar dengan kekuatan gigitan mencapai 1.800 PSI atau tiga kali lebih kuat dari gigitan singa yang hanya 650 PSI. Dengan kemampuan tersebut, kuda nil bisa dengan mudah membunuh singa hanya dengan satu gigitan.

7. Kerbau afrika

Gak Kalah Kuat, 7 Hewan Ini Dapat Membunuh Singa dengan Mudahgambar kerbau Afrika (unsplash.com/Leon Pauleikhoff)

Hewan terakhir yang dapat membuat seekor singa bertekuk lutut adalah kerbau afrika. Berbeda dengan kerbau yang biasa kita gunakan untuk membajak sawah, spesies ini jauh lebih kuat. Kerbau afrika tidak hanya memiliki berat sekitar 300 sampai 900 kilogram, tapi juga dua tanduk tajam yang kuat.

Ketika dirinya atau keluarganya diganggu, mereka gak akan segan untuk menanduk singa hingga mati. Terakhir, sama seperti gajah atau hyena, kerbau afrika juga adalah tipe hewan yang suka main keroyokan, terutama jika lawannya adalah singa.

Melihat banyaknya hewan yang bisa membunuh singa, kamu mungkin berpikir kalau mereka gak seberbahaya dan sekuat yang kita kira selama ini. Kalau kamu berpikir demikian, kamu jelas salah besar.

Singa masih termasuk hewan yang sangat kuat dan berbahaya. Namun kamu harus memahami bahwa hewan-hewan di atas juga sama berbahayanya, terutama karena mereka memiliki tubuh yang jauh lebih besar dan dilindungi kawanannya.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Singa Gunung, Teriakannya Bikin Merinding!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya