Comscore Tracker

Capai Ribuan Meter, 5 Hewan ini Bisa Menyelam Hingga Dasar Lautan

Lebih canggih dari kapal selam, nih! #IDNTimesScience

Lautan masih menjadi misteri bagi manusia, terutama bagian dasarnya. Mengingat manusia tidak sanggup berenang ke sana dan tidak semua negara memiliki kapal selam super canggih, lautan dalam menjadi sesuatu yang sulit untuk ditembus siapa pun.

Sementara manusia belum bisa menjelajah lautan, beberapa hewan memiliki kemampuan luar biasa dalam beradaptasi di dalamnya. Bukan sekadar berenang, mereka juga mampu menyelam hingga ratusan meter di bawah permukaan.

Dilansir World Atlas dan berbagai sumber lainnya, berikut ini lima hewan yang bisa menyelam hingga dasar lautan. Padahal mereka bukan termasuk spesies ikan, lho!

1. Emperor penguin 

Capai Ribuan Meter, 5 Hewan ini Bisa Menyelam Hingga Dasar Lautanilustrasi emperor penguin (pexels.com/Pixabay)

Penguin sebenarnya adalah burung. Namun tidak seperti lainnya, mereka justru tidak bisa terbang. Lucunya, penguin lebih ahli dalam urusan berenang dan menangkap ikan. Emperor penguin atau penguin kaisar merupakan salah satu spesies yang ahli dalam menangkap ikan.

Bukan hanya berenang di permukaan, emperor penguin bahkan tidak segan menyelam hingga kedalaman 1.755 kaki atau sekitar 535 meter untuk mengejar mangsanya. Kemampuan lain yang tidak kalah hebat adalah mereka sanggup memperlambat detak jantungnya hingga 15 sampai 20 detak/menit. Hal ini dilakukan untuk menghemat penggunaan oksigen saat menyelam.

2. Gajah laut 

Capai Ribuan Meter, 5 Hewan ini Bisa Menyelam Hingga Dasar Lautanilustrasi gajah laut (unsplash.com/Michael Herren)

Sekilas, gajah laut terlihat seperti hewan pemalas. Dengan tubuhnya yang lumayan besar, gajah laut sering terlihat berdiam diri di tepi pantai Antartika. Namun jangan salah, meski di daratan mereka tidak bisa bergerak dengan leluasa, di lautan mereka bisa berenang dengan cepat.

Tidak kalah dari emperor penguin, gajah laut juga ahli banget untuk urusan menyelam. Tak tanggung-tanggung, mamalia satu ini bahkan bisa menyelam hingga kedalaman 2.388 meter hanya untuk menangkap ikan. Selain ikan, gajah laut juga senang memangsa cumi-cumi dan gurita.

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

3. Penyu belimbing 

Capai Ribuan Meter, 5 Hewan ini Bisa Menyelam Hingga Dasar Lautanilustrasi penyu belimbing (unsplash.com/David Troeger)

Sama seperti gajah laut, penyu belimbing memang tidak bisa berlari di dataran, tapi kalau soal menyelam, mereka adalah jagonya. Dilansir Ocean, penyu pada dasarnya tidak bisa bernapas di dalam air, tetapi mereka mampu menahan napas selama 4 sampai 7 jam.

Bukan hanya itu, penyu belimbing juga akan memperlambat detak jantungnya hingga berdetak setiap 9 menit sekali untuk menghemat oksigen. Kelebihan lainnya, mereka memiliki cangkang fleksibel yang dapat menyerap nitrogen, plus paru-paru yang dapat dilipat untuk menghadapi tekanan di bawah air. Dengan segala kelebihannya ini, tidak heran kalau penyu belimbing bisa menyelam hingga kedalaman 1.000 meter.

4. Paus sperma 

Capai Ribuan Meter, 5 Hewan ini Bisa Menyelam Hingga Dasar Lautanilustrasi paus sperma (naturalworldsafaris.com)

Meski tak termasuk ke dalam spesies ikan, paus sperma bukanlah mamalia penakut yang hanya berani berenang di permukaan laut. Mereka bisa menyelam hingga kedalaman 7.380 kaki atau sekitar 2.250 meter di dalam laut tanpa mengalami masalah.

Ini karena mereka memiliki tulang rusuk fleksibel, dan darah yang mengandung mioglobin ekstra yang dapat mengendalikan jumlah oksigen dalam tubuh ketika menyelam. Namun mereka tidak bisa berlama-lama berada di bawah kedalaman. Biasanya seekor paus akan naik ke permukaan air setiap 90 menit sekali untuk mengambil napas, sebelum akhirnya menghilang lagi ke dalam lautan.

5. Paus paruh cuvier 

Capai Ribuan Meter, 5 Hewan ini Bisa Menyelam Hingga Dasar Lautanilustrasi paus paruh cuvier (scitechdaily.com)

Paus paruh cuvier atau yang lebih dikenal dengan nama cuvier's beaked whale juga merupakan salah satu paus yang andal dalam urusan menyelam. Malah lebih hebat dari paus sperma, seekor cuvier's beaked whale bisa menyelam hingga kedalaman 9.874 kaki atau 2.992 meter ke dalam laut.

Sama seperti paus sperma, seekor cuvier's beaked whale memiliki tulang rusuk fleksibel dan kemampuan untuk mengalihkan aliran darah menjauh dari organ penting agar bisa menghemat oksigen. Kehebatan lainnya, mereka dapat bertahan di kedalaman hampir 3.000 meter selama lebih dari 2 jam. Lama banget, kan?

Menyelam di kedalaman lautan bukanlah hal yang mudah, terutama bagi manusia. Sejauh ini, satu-satunya cara untuk menyentuh kedalaman lautan, manusia harus menggunakan kapal selam. Itu pun tidak sehebat seperti yang dilakukan oleh hewan-hewan yang disebutkan di atas. 

Baca Juga: 5 Fakta Orca si Paus Pembunuh, Bikin Hiu Langsung Melipir

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya