Berperilaku Aneh, 5 Lubang Hitam ini Bikin Astronom Kebingungan

Lubang hitam ternyata juga bisa jadi kanibal ..

Lubang hitam menjadi mimpi buruk bagi hampir semua objek yang ada di alam semesta. Sesuai dengan namanya, lubang hitam adalah lubang raksasa berukuran jauh lebih besar dari matahari. Dan layaknya sebuah lubang, lubang hitam yang ada di luar angkasa akan menghisap apa pun yang berada terlalu dekat dengannya.

Namun menurut space.com, terlepas dari ukurannya yang berbeda satu sama lain, tidak semua lubang hitam itu sama. Beberapa di antaranya justru menunjukkan perilaku aneh dan membuat para astronom kebingungan. Seaneh apa, sih? Berikut ini jawabannya!

1. Lubang hitam super besar

Berperilaku Aneh, 5 Lubang Hitam ini Bikin Astronom Kebingungansci-news.com

Sebenarnya hampir semua lubang hitam memang sangat besar. Tapi sejauh ini para peneliti NASA dan badan antariksa internasional lainnya menemukan sebuah lubang hitam berukuran super besar yang berada di sebuah galaksi bernama Holm 15A.

Galaksi Holm 15A sendiri adalah galaksi super besar yang terbentuk dari tabrakan dengan berbagai galaksi kecil lainnya sehingga tidak heran kalau galaksi ini memiliki lubang hitam super besar dengan massa 40 miliar kali massa matahari.

Meski memiliki ukuran maha besar, tapi kamu tidak perlu khawatir dengan keberadaan mereka. Pasalnya, dua lubang hitam ini tinggal sangat jauh dari Bumi kita!

2. Lubang hitam yang berkeliaran bebas tanpa galaksi

Berperilaku Aneh, 5 Lubang Hitam ini Bikin Astronom Kebingungannasa.gov

Hampir semua galaksi memiliki lubang hitam, termasuk galaksi Bimasakti kita. Kebanyakan dari lubang hitam ini berada di pusat galaksi. Namun tidak semua lubang hitam tinggal menetap dalam sebuah galaksi. Pasalnya ketika dua galaksi bertabrakan, sebuah lubang hitam bisa saja terpental keluar dari  galaksi dan berkeliaran bebas di alam semesta.

Para ahli bahkan pernah menemukan sebuah lubang hitam yang diberi nama SDSSJ0927 + 2943, dengan massa 600 juta kali massa matahari sedang berkeliaran bebas dengan kecepatan 5,9 juta mph tanpa ada satu galaksi pun yang mengelilinginya.