8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!

Panas di Indonesia ternyata gak ada apa-apanya lho!

Indonesia adalah salah satu negara tropis, tidak heran jika suhu di negara kita sedikit panas dibandingkan dengan beberapa negara lain. Menurut laman bmkg.go.id, rata-rata suhu di Indonesia adalah 32 sampai 35 derajat celsius di musim kemarau.

Bagi orang Indonesia, suhu 35 derajat sudah cukup panas. Namun, nyatanya suhu 35 derajat ini justru tidak ada apa-apanya. Di beberapa negara dunia, suhu bisa mencapai 50 derajat selama musim panas bahkan menyebabkan banyak kematian bagi warganya!

1. Al'Aziziyah, Libya

8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!chirkup.me

Libya adalah salah satu negara terpanas di dunia. Libya sendiri memiliki gurun Libya yang sudah 10 tahun lebih tidak pernah terkena air hujan. Selain wilayah gurun, tempat lain yang memiliki suhu sangat tinggi yaitu Al'Aziziyah.

Pada musim kemarau di tahun 1922, suhu di kota ini diklaim mencapai 58 derajat celsius yang membuatnya secara otomatis jadi tempat terpanas di dunia. Namun pada tahun 2012, klaim ini dicabut karena tidak terbukti kebenarannya. Meski begitu, tidak berarti suhu di Al'Aziziyah dingin.

Selama musim kemarau yang berlangsung dari bulan Maret hingga November, suhu di Al'Aziziyah bisa mencapai lebih dari 48 derajat celsius.

2. Ghadames, Libya

8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!instagram.com/murat_kodan

Selain Al'Aziziyah, kota lain yang juga memiliki suhu yang tinggi adalah Ghadames. Terletak di sekitar oasis, kota ini memiliki suhu rata-rata 40 derajat celsius di musim kemarau, bahkan suhu di sana pernah mencapai 55 derajat celsius.

Meski suhu di Ghadames sangat panas bahkan berbahaya, nyatanya tidak menyurutkan warga Libya untuk bermukim di kota tersebut. Ghadames sendiri merupakan rumah bagi 10.000 orang. Dan untuk melindungi diri dari sengatan panas, penduduk membangun rumah yang terbuat dari lumpur.

Hebatnya lagi, Ghadames juga berhasil menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO dan mendapatkan julukan sebagai "Mutiara Gurun".

3. Death Valley, California

8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!instagram.com/nomadiccaptures

Bukan hanya benua Afrika saja yang memiliki suhu di luar akal sehat. Di benua Amerika, tepatnya di California, Amerika Serikat terdapat sebuah tempat yang dikenal dengan nama Death Valley. Dari namanya, kamu mungkin bisa menebak bahwa ada yang tidak beres dari tempat ini.

Death Valley terletak di gurun Mojave, California merupakan tempat paling kering dan panas di Amerika. Suhu rata-rata di Death Valley adalah 47 derajat celsius, dengan suhu terpanas mencapai 56,7 derajat pada tahun 1913.

4. Kebili, Tunisia

8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!orangesmile.com

Sama seperti Ghadames, Kebili juga merupakan kota oasis. Kota ini sendiri dikenal dengan perkebunan kurma. Salah satu alasan kurma bisa tumbuh dengan baik di kota ini adalah karena suhunya yang cukup tinggi yaitu lebih dari 40 derajat celsius di musim panas.

Suhu tersebut merupakan suhu rata-rata Kebili di musim panas, sedangkan rekor suhu tertinggi di kota ini adalah 55 derajat celsius. Untuk melindungi dirinya, penduduk kota Kebili memiliki kebiasaan untuk berteduh di bawah naungan pohon palem.

Baca Juga: 5 Objek Bumi yang Kini Jadi Sampah Luar Angkasa 

5. Timbuktu, Mali

8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!relay.nationalgeographic.com

Berada tidak jauh dari gurun Sahara, kota Timbuktu di Mali menjadi salah satu tempat terpanas lainnya yang ada di dunia. Di kota ini, suhu musim dinginnya bisa mencapai 30 derajat celsius atau hampir mendekati suhu Indonesia di musim panas. Sedangkan di musim panasnya, penduduk Timbuktu pernah merasakan panasnya suhu 49 derajat celsius.

6. Dash-e-Loot, Iran

8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!iranwelcomesyou.com

Dash-e-Loot adalah nama sebuah dataran tinggi di Iran dan merupakan salah satu tempat dengan suhu terpanas bukan hanya di Iran tapi juga dunia. Pada tahun 2003 dan 2009, pengukuran satelit mencatat suhu di Dash-e-Loot mencapai 159 derajat fahrenheit atau sekitar 70,5 derajat celsius.

Jangan ditanya, apakah ada manusia yang tinggal di sana. Karena dengan suhu setinggi itu, mustahil ada orang yang bisa tinggal dan bertahan hidup di Dash-e-Loot.

7. Wadi Halfa, Sudan

8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!outofboundstours.com

Wadi Halfa terletak di Sudan dan berada di perbatasan antara Sudan dan Mesir. Kota ini memiliki curah hujan yang sangat sedikit sehingga suhu disana sangat kering dan panas. Bulan Juni adalah puncak musim panas di mana 41 derajat adalah suhu rata-rata. Hal itu belum seberapa jika dibandingkan dengan suhu pada tahun 1967, di mana suhu mencapai 53 derajat celsius. Selain sengatan panas, badai debu juga sering terjadi di kota ini.

8. Dallol, Ethiopia

8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!instagram.com/batlounis

Pada tahun 1960, Dallol merupakan rumah bagi para penambang sebelum akhirnya ditinggalkan dan berubah menjadi kota hantu. Salah satu alasannya karena udara yang panas dengan suhu mencapai 41 derajat celsius setiap harinya. Selain suhu, Dallol juga memiliki air mancur panas gas, dan merupakan bagian dari daerah vulkanik aktif.

Itu dia delapan tempat terpanas yang ada di dunia. Sebagian adalah kota dan sebagian tempat bahkan tidak dapat dihuni karena suhunya terlalu tinggi.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Atmosfer, Selimut Gas yang Penting bagi Kehidupan Bumi

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You