Danau Subglasial Super Asin Pertama Ditemukan di Arktik Kanada

#SainSeru: Airnya 5 kali lebih asin dari air laut lho!

Danau subglasial adalah danau yang terbentuk oleh alam, ada sekitar 400 danau subglasial yang ditemui di dunia. Danau-danau tersebut kebanyakan ditemui di daerah seperti Antartika dan ada beberapa yang dapat ditemui di daerah Greenland. Baru-baru ini para ilmuan menemukan danau subglasial pertama yang ditemukan di daerah Arktik Kanada.

1. Ini beberapa ilmuan yang menemukan danau subglasial pertama di Arktik Kanada

Danau Subglasial Super Asin Pertama Ditemukan di Arktik Kanadabnn.ca

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuan gabungan dari University of Texas di Austin, Montana State University, Stanford University, Scott Polar Research Institute, University of Alberta. Penelitian ini dipimpin oleh ilmuan dari University of Alberta bernama Anja Rutishauser seorang mahasiswa PhD.

Rutishauser saat ini telah bekerjasama dengan The West Garfield Weston Foundation untuk melakukan penelitian lebih lanjut danau subglasial pertama di Arktik Kanada yang disebut dengan Devon Ice Cap. Penelitian akan difokuskan pada konteks geologi dan hidrologi secara lebih terperinci.

2. Seperti apa metode yang digunakan oleh para ilmuan?

Danau Subglasial Super Asin Pertama Ditemukan di Arktik Kanadasciencedaily.com

Rutishauser dan timnya menggunakan bantuan radar penetrasi es untuk menemukan Devon Ice Cap. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan gelombang elektromagnetik yang dikirim melalui es yang kemudian dipantulkan kembali pada material yang berada di bawah permukaan. Radar tersebut memberikan tanda adanya air di bawah bongkahan es di Arktik Kanada yang memiliki suhu minus sepuluh derajat celsius.

3. Beberapa penemuan penting juga ada dalam penelitian ini

Danau Subglasial Super Asin Pertama Ditemukan di Arktik Kanadasci-news.com

Devon Ice Cap adalah danau subglasial pertama yang ditemukan di Arktik Kanada. Danau subglasial tersebut berada dalam kedalaman antara 550 hingga 750 meter di bawah bongkahan es di Arktik Kanada. Menurut salah satu ilmuan Devon Ice Cap merupakan danau subglasial hipersalin yang terisolasi.

Berbeda dengan danau subglasial pada umumnya, Devon Ice Cap adalah danau glasial yang terdiri darii air asin. Tingkat keasinan air di Devon Ice Cap bahkan mencapai 5 kali lebih asin dari air laut. Devon Ice Cap merupakan danau yang menjadi habitat potensial bafi kehidupan mikroba.

lia faiqotul muniroh Photo Verified Writer lia faiqotul muniroh