Comscore Tracker

Punya Peran Spesial, 8 Hewan Ini Punya Hari Perayaan di Bulan Agustus

Meningkatkan kesadaran akan keselamatannya #IDNTimesScience

Bulan Agustus kembali hadir. Di bulan ini terdapat momen penting bagi rakyat Indonesia, yaitu peringatan hari kemerdekaan yang ke-76. Biasanya, peristiwa penting atau bersejarah memiliki hari perayaan setiap tahunnya.

Namun ternyata tidak hanya itu saja, lho. Berbagai jenis hewan juga memiliki hari perayaan tertentu. Biasanya ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan mereka. Berikut hewan yang punya hari perayaan di bulan Agustus!

1. Kucing

Punya Peran Spesial, 8 Hewan Ini Punya Hari Perayaan di Bulan Agustuskucing (pexels.com/Mark Tacatani)

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Hewan yang jadi pilihan favorit untuk dijadikan hewan peliharaan ternyata memiliki hari perayaaan tiap tahunnya, yaitu tanggal 8 Agustus.

Hari Kucing Sedunia atau World Cat Day ditetapkan oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) pada tahun 2002 dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kucing. Hari ini diadakan pula agar masyarakat mau belajar bagaimana cara membantu dan melindungi mereka.

2. Singa

Punya Peran Spesial, 8 Hewan Ini Punya Hari Perayaan di Bulan Agustussinga (unsplash.com/Keyur Nandaniya)

Awalnya, singa tersebar di wilayah Eropa, Asia, dan Afrika. Namun, mereka kini hanya tersebar di Afrika dan India. Dilansir Phantera, para ahli memperkirakan hanya ada sekitar 20 ribu singa yang tersisa di alam liar dan mereka berada di kategori rentan (vulnerable) dalam daftar merah IUCN. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait konservasi singa, tanggal 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Singa Sedunia.

3. Gajah

Punya Peran Spesial, 8 Hewan Ini Punya Hari Perayaan di Bulan Agustusgajah (pixabay.com/ajoheyho)

Gajah merupakan hewan darat terbesar yang populasinya semakin berkurang karena perburuan liar dan hilangnya habitat asli. Oleh karena itu, pada tahun 2012 silam muncullah ide untuk menjadikan tanggal 12 Agustus sebagai Hari Gajah Sedunia. Tujuannya guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melestarikan dan melindungi gajah dari berbagai ancaman.

Kehadiran hewan ini sebenarnya memiliki sejumlah manfaat bagi ekosistem. Sebagai hewan pemakan tumbuh-tumbuhan, gajah bisa membantu dalam penyebaran benih tumbuhan. Kotorannya juga bisa dijadikan pupuk alami untuk kesuburan tanaman.

4. Kadal

Punya Peran Spesial, 8 Hewan Ini Punya Hari Perayaan di Bulan Agustuskadal (animals.sandiegozoo.org)

Kadal merupakan kelompok reptil yang dapat ditemukan di seluruh dunia, kecuali Antartika. Kebanyakan kadal bersifat diurnal yang artinya mereka aktif di siang hari. Mereka menghabiskan hari-harinya dengan berjemur di bebatuan dan berburu makanan.

Hari Kadal Sedunia diperingati pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Masih belum diketahui siapa pencetus ide perayaan ini, tapi upaya tersebut bertujuan mendorong masyarakat untuk belajar atau berbagi pengetahuan terkait kadal.

Baca Juga: 5 Organ Penting yang Tak Dimiliki Beberapa Hewan, Termasuk Jantung

5. Orang utan

Punya Peran Spesial, 8 Hewan Ini Punya Hari Perayaan di Bulan Agustusorangutan (wildfor.life)

Orang utan merupakan primata endemik Indonesia yang berada dalam ancaman kepunahan. Mereka dapat ditemukan di pulau Sumatra dan Kalimantan. Ada 3 sub spesiesnya, yaitu orang utan sumatra, orang utan borneo, dan orang utan tapanuli.

Dalam daftar merah IUCN, ketiga sub spesies tersebut masuk ke dalam kategori sangat terancam punah (critically endangered). Akibatnya, dicetuskan Hari Orang Utan Sedunia pada tanggal 19 Agustus. Ini bertujuan untuk mendorong masyarakat dunia agar ikut menjaga dan menyelamatkan populasi mereka dari kepunahan.

6. Nyamuk

Punya Peran Spesial, 8 Hewan Ini Punya Hari Perayaan di Bulan Agustusseekor nyamuk sedang menghisap darah (pexels.com/Anuj)

Serangga yang suka mengganggu tidur dan bisa membunuh manusia ternyata memiliki hari perayaannya sendiri. World Mosquito Day atau Hari Nyamuk Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 20 Agustus. Ada sejarahnya mengapa tanggal 20 Agustus dipilih sebagai Hari Nyamuk Sedunia.

Tahun 1897 tepat di tanggal 20 Agustus, Sir Ronald Ross, seorang dokter pemenang Nobel berhasil mengidentifikasi bahwa parasit malaria ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Untuk menandai penemuan penting dalam menumpas malaria itu, setiap tanggal 20 Agustus diperingati sebagai Hari Nyamuk Sedunia.

7. Anjing

Punya Peran Spesial, 8 Hewan Ini Punya Hari Perayaan di Bulan Agustusanjing (unsplash.com/Angel Luciano)

Selain kucing, anjing juga jadi pilihan favorit manusia untuk dijadikan hewan peliharaan. Anjing dikenal sebagai hewan yang setia dan patuh kepada pemiliknya. Mereka selalu ada di saat suka dan duka. Tak heran, anjing dijuluki sebagai sahabat terbaik manusia. Persahabatan antara manusia dengan hewan cerdik ini juga sering dijadikan film.

Anjing pun ternyata memiliki hari perayaan yang jatuh pada tanggal 26 Agustus. Awalnya, hari ini dikenal sebagai National Dog Day karena hanya dirayakan di Amerika Serikat. Namun, kini peringatan tersebut dirayakan hampir di seluruh dunia.

Perayaan ini digagas oleh Colleen Paige pada tahun 2004 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai betapa banyak anjing yang telantar. Selain itu, ini juga merupakan upaya mengajak masyarakat untuk mengadopsi serta memberi perawatan yang terbaik kepada mereka.

8. Hiu paus

Punya Peran Spesial, 8 Hewan Ini Punya Hari Perayaan di Bulan Agustushiu paus (unsplash.com/Dorothea OLDANI)

Hiu paus dikenal sebagai spesies ikan terbesar yang ada di lautan. Dilansir laman Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, mereka dapat tumbuh sampai 20 meter dengan bobot mencapai 34 ton. Meski tubuhnya besar, makanan utama satwa ini justru berukuran kecil, seperti plankton, telur ikan, cumi-cumi, dan ikan kecil lainnya.

Dalam IUCN Red List, hiu paus berada dalam kategori terancam punah (endangered). Untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap upaya pelestarian hiu paus, pada tanggal 30 Agustus diperingati sebagai Hari Hiu Paus Internasional atau International Whale Shark Day.

Sekarang kamu sudah tau hewan mana saja yang memiliki hari perayaan di bulan Agustus ini. Kira-kira apa yang akan kamu lakukan untuk mereka?

Baca Juga: 5 Hewan Pemakan Bangkai di Laut, Berjasa Membersihkan Lautan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya