Comscore Tracker

7 Penjara Paling Aneh di Dunia, Gak Habis Pikir!

Bukan penjara biasa

Berbahaya. Tidak layak huni. Penuh dan sesak.

Tiga karakteristik penjara ini sering digambarkan di film dan game. Menurut Penal Reform International pun, ciri-ciri itu benar adanya dan terjadi di kebanyakan penjara.

Namun, list ini bukan ingin berbagi tentang deretan penjara paling berbahaya. Dalam list ini, kita akan melihat tujuh penjara paling aneh di dunia yang akan membuat kamu berpikir 'Kok bisa?'.

Penasaran? Mari kita simak daftarnya, dilansir berbagai sumber.

1. Penjara Iwahig dan Penal Farm

7 Penjara Paling Aneh di Dunia, Gak Habis Pikir!ilustrasi Penjara Iwahig dan Penal Farm (commons.wikimedia.org/Ringer)

Penjara biasanya identik dengan tembok yang sangat tinggi dilengkapi dengan menara pengawas di setiap sisinya. Nah, berbeda dengan penjara pada umumnya, Penjara Iwahig dan Penal Farm tidak memiliki tembok. Sebagai gantinya, ada kawat yang mencegah aksi melarikan diri.

Terletak di Filipina, Penjara Iwahig dikelilingi hutan bakau pesisir yang lebat dan pegunungan.  Menurut Al Jazeera, penjara seluas 26 ribu hektar ini menawarkan cara yang unik untuk memperbaiki diri kriminal.

Setiap harinya, 200 tahanan dengan tingkat pengamanan yang rendah (minimum security) bertugas untuk bercocok tanam, mengerjakan tugas administrasi, dan mengawasi kerja tahanan berbaju biru.

Tahanan dengan baju biru tersebut memiliki tingkat pengamanan yang sedang (medium security). Jumlahnya hampir mencapai seribu dan tugasnya adalah mengurus sawah, perkebunan kelapa, ladang jagung, dan petak sayuran yang tersebar di seluruh halaman penjara.

Kamu mungkin berpikir bahwa kehidupan ini berbeda dengan penjara yang digambarkan film. Well, tujuan utama penjara ini bukan hanya hukuman, melainkan keadilan yang bersifat restoratif.

2. Penjara Black Dolphin

7 Penjara Paling Aneh di Dunia, Gak Habis Pikir!ilustrasi Penjara Black Dolphin (rt.com)

Berbeda 180 derajat dengan Penjara Iwahig dan Penal Farm yang manusiawi, Penjara Black Dolphin yang terletak di Rusia dinilai sangat tidak manusiawi. Melansir AP News, setiap tahanan didorong ke koridor sambil ditutup matanya, dipaksa membungkuk dengan tangan diborgol di belakang dan lengan mereka terangkat tinggi.

Tujuannya sederhana, agar para tahanan tidak dapat mempelajari tata letak penjara. Sebab, penjara ini menjadi tempat terakhir bagi kriminal-kriminal paling buruk di Rusia, yang masing-masing menjalani setidaknya hukuman kurung seumur hidup. Mengutip New York Postpenjara tersebut menjadi 'rumah' bagi pembunuh, pedofil, kanibal, dan teroris.

Setiap sel dilengkapi CCTV sehingga dapat dipastikan tahanan diawasi selama 24 jam nonstop. Para tahanan selalu makan sup dan roti yang diberi empat kali. Penjara dengan keamanan maksimum ini sering dijuluki sebagai penjara Rusia yang paling brutal.

3. Penjara Sark

7 Penjara Paling Aneh di Dunia, Gak Habis Pikir!ilustrasi Penjara Sark (atlasobscura.com)

Meskipun terlihat seperti toilet umum, bangunan yang kamu lihat di gambar merupakan penjara yang masih digunakan sampai sekarang. Penjara ini terletak di Pulau Sark, antara Britania Raya dan Prancis.

Penjara Sark hanya memuat dua tahanan saja dalam dua sel yang berdampingan. Satunya berukuran 1.8 meter x 1.8 meter. Sel berikutnya berukuran 1.8 meter x 2.4 meter. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bangunan yang terletak di pulau yang melarang penggunaan mobil ini menjadi penjara terkecil di dunia.

Menurut laporan Atlas Obscura, kini bangunan tersebut digunakan untuk mengurung turis yang mabuk. Lucu, ya!

Baca Juga: 7 Penjara Paling Berbahaya di Dunia, Isinya Penjahat Kelas Kakap Semua

4. Pusat Penahanan dan Rehabilitasi Provinsi Cebu

https://www.youtube.com/embed/mKtdTJP_GUI

Senam dan joget adalah keunikan yang sangat menarik dari Pusat Penahanan dan Rehabilitasi Provinsi Cebu. Seperti Penjara Iwahig, pusat penahanan ini juga terletak di Filipina.

Aksi joget yang viral ini merupakan hasil pikiran Byron Garcia, konsultan keamanan di tempat tersebut. Sejak tahun 2006, sosok ini mengunggah beragam video joget di YouTube.

Selain lagu Michael Jackson yang berjudul 'They Don't Care About Us', para tahanan ini juga pernah berdansa diiringi lagu 'Sorry, Sorry' oleh Super Junior dan 'Gangnam Style' oleh Psy. Penjara ini mendapatkan seri dokumentasi oleh Netflix dengan tajuk 'Happy Jail'.

5. Penjara San Pedro

7 Penjara Paling Aneh di Dunia, Gak Habis Pikir!ilustrasi Penjara San Pedro (architectural-review.com)

Di Penjara San Pedro, Bolivia, kepemilikan uang adalah suatu keharusan. Sebab, tahanan harus membayar kurang lebih 300 sampai 10 ribu dolar AS (Rp4.2 juta sampai Rp142,6 juta) sebagaimana dilansir Insight CrimeHarga tersebut bisa lebih mahal lagi tergantung jenis sel yang ingin dibeli oleh tahanan.

Menurut BBC, tahanan didorong untuk mencari nafkah di dalam penjara tersebut. Ada sekolah dasar untuk anak-anak tahanan. Dulu, ada juga pabrik kokain di dalamnya.

Sistemnya memang aneh. Penjara yang penuh kehidupan ini dilengkapi gereja, restoran, dan kios pasar. Itulah mengapa gambar di atas seolah-olah menunjukkan apa yang terlihat seperti perumahan dikelilingi tembok besar dan tinggi.

6. Penjara Bastøy

7 Penjara Paling Aneh di Dunia, Gak Habis Pikir!ilustrasi Penjara Bastøy (pulitzercenter.org)

Sistem keadilan kriminal di Norwegia menempatkan perhatian pada rehabilitasi dan keadilan yang restoratif. Maka dari itu, tidak heran apabila penjara-penjara Norwegia dikenal sebagai yang paling manusiawi.

Kita mengambil penjara Bastøy sebagai contohnya. Penjara keamanan minimum yang terletak di Pulau Bastøy ini menjadi tempat para pembunuh, pemerkosa, dan para tahanan dengan pelanggaran yang berhubungan dengan narkoba menetap.

Forbes mencatat bahwa para tahanan tinggal di kabin kayu sederhana yang dilengkapi perabot dan televisi yang membuat kehidupan semakin nyaman. Banyak tahanan yang bekerja di pertanian pulau tersebut. Mereka dapat beribadah di gereja dan menghabiskan waktunya di perpustakaan atau lapangan sepak bola. Pada musim dingin, tahanan dapat bermain ski.

Penjara ini menuai banyak kritik karena terkesan seperti kamp musim panas ketimbang penjara. Namun, data menunjukkan bahwa tingkat residivisme Norwegia mencapai 20%. Dengan kata lain, negara yang populer karena fjord-nya memiliki tingkat residivisme yang rendah dibandingkan negara lain.

7. Penjara Aranjuez

7 Penjara Paling Aneh di Dunia, Gak Habis Pikir!ilustrasi Penjara Aranjuez (toptenz.net)

Menempati nomor terakhir dalam list ini adalah Penjara Aranjuez di Spanyol. Informasi dari Taipei Times menunjukkan bahwa penjara ini memperbolehkan para tahanan untuk tinggal bersama anaknya.

Sel besar untuk keluarga yang disebut-sebut 'berbintang lima' ini dilengkapi tempat tidur bayi dan dinding yang dihias sedemikian rupa dengan karakter Disney. Di luar, terdapat tempat bermain anak-anak.

Diberlakukannya sistem ini memiliki tujuan, yakni supaya anak-anak yang tidak memahami sistem penjara dapat menjalin kedekatan dengan orangtuanya. Di sisi lainnya, sistem ini menjadi bentuk rehabilitasi bagi orangtua yang belajar mengasuh anak.

Tentunya sang buah hati tidak dapat selamanya tinggal di Penjara Aranjuez. Begitu menginjak usia tiga tahun, anak tersebut harus diberikan kepada anggota keluarga lainnya atau layanan sosial.

Seperti itulah tujuh penjara paling aneh di dunia. Apakah ada penjara yang jauh lebih absurd dari ketujuh penjara di atas? Kalau ada, kamu bisa menambahkan lewat fitur komentar.

Baca Juga: 8 Penjara Terparah di Dunia, Kamu Pasti Enggan Melihatnya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya