Comscore Tracker

Sejarah Es Krim Sundae yang Jadi Rebutan 3 Kota di Amerika

Yang bener yang mana ya?

Es krim sundae merupakan es krim sepanjang masa. Lahir pada tahun 1800-an akhir dan masih berjaya hingga kini. Dibalik ketenaran es krim sundae, masih menyisakan pertanyaan, kapan dan di mana tepatnya es krim sundae ditemukan. Beberapa kota di Amerika mengklaim atas kelahiran es krim sundae tersebut.

1. Tempat kelahiran es krim sundae menjadi rebutan

Sejarah Es Krim Sundae yang Jadi Rebutan 3 Kota di Amerikamentalfloss.com

Hidangan penutup yang sudah berumur ratusan tahun ini masih belum juga menemukan tempat lahirnya. Banyak kota di Amerika melakukan klaim atas kelahiran hidangan manis ini. Tercatat ada tiga kota yang cukup getol melakukan klaim yaitu Evanston, Ithaca dan Two Rivers.

2. Evanston, Illinois

Sejarah Es Krim Sundae yang Jadi Rebutan 3 Kota di Amerikadoordash.com

Beberapa orang mengatakan bahwa di kota Evanston, Illinois adalah kota pertama yang melahirkan es krim sundae. Pasalnya di kota Evanston, Illinois pada tahun 1890 terdapat peraturan larangan menjual soda pada hari Minggu. Akibatnya beberapa toko menyuguhkan minuman tanpa menggunakan soda dan menyisakan es krim dan sirup coklat. Berdasarkan hal itulah, Evanston, Illinois dikatakan tempat lahirnya es krim sundae.

Baca Juga: 6 Fakta Sejarah Tentang Pizza, Kamu Sudah Tahu?

3. Two Rivers, Wisconsin

Sejarah Es Krim Sundae yang Jadi Rebutan 3 Kota di Amerikarvlifestyle.com

Sejarah mengatakan hal berbeda dengan apa yang terjadi di Evanston, Illinois. Di Two Rivers, Wisconsin klaim sebagai kota es krim sundae juga lahir. Edward Berners, penjual es krim menemukan es krim sundae pada tahun 1881.

Pada saat itu ada pelanggannya, George Hallauer yang menginginkan es krim tapi karena hari itu adalah hari Minggu yang merupakan hari Sabat, Edward Berners menyajikan es krim tanpa soda. Tak disangka Edward Berners menyukainya dan akhirnya dijadikanlah menu reguler harian.

Pesaingnya George Giffy meniru apa yang dilakukan Edward Berners menyajikan es krim tanpa soda. Tapi karena harganya terlalu murah, George Giffy hanya menyajikan pada hari minggu (Ice Cream Sunday). Tanpa sadar, ternyata es krim tersebut laris sehingga George Giffy memutuskan mengubahnya menjadi Ice Cream Sundae agar dapat dihidangkan setiap hari.

4. Ithaca, New York

Sejarah Es Krim Sundae yang Jadi Rebutan 3 Kota di Amerikacreamerytwist.co.uk

Kota Ithaca, New York juga ikut mengklaim sebagai tempat lahirnya es krim sundae. Bahkan terdapat arsip-arsip masa lalu yang menunjukkan hal tersebut. Dikatakan Es Krim Sundae pertama kali ditemukan oleh Chester Platt, pemilik toko obat Platt & Colt pada tahun 1893.

Saat itu, Chester Platt dan pendeta John Scott melakukan melakukan percakapan panjang setelah kebaktian. Chester Platt menyuguhkan es krim dengan sirup ceri dan buah ceri sebagai pemanis.

Es krimnya tampak menyenangkan dan lezat sehingga pendeta John Scott memberi nama Cherry Sunday. Sejak saat itu Platt & Colt resmi menjual Cherry Sunday di tokonya, bahkan mengiklankan di surat kabar.

5. Hingga kini perebutan masih berlangsung

Sejarah Es Krim Sundae yang Jadi Rebutan 3 Kota di Amerikathoughtco.com

Di antara tiga kota tersebut, penduduk Evanston sudah menyimpan sejarah es krim sundae untuk kotanya sendiri. Sedangkan Two Rivers dan Ithaca masih mencari bukti-bukti konkrit atas lahirnya es krim sundae.

Two Rivers mencari keterangan lengkap Edward Berners guna mandapatkan kesaksian sedangkan Ithaca memberikan bukti berupa koran lama yang berisi iklan pertama kali es krim sundae lahir.

Terlepas dari pro dan kontra setiap kota atas es krim sundae, es krim ini tetap menjadi primadona hingga saat ini. Bahkan kini, es krim sundae sudah memiliki beraneka macam rasa. Krimnya yang lembut dan sirupnya yang lezat cocok untuk menyegarkan siang harimu.

Baca Juga: Ini 10 Keluarga yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah Dunia, Simak Yuk

miraliy Photo Verified Writer miraliy

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You