Amaterasu, Sinar Kosmik Terkuat Kedua yang Pernah Hantam Bumi

Partikel langka berenergi tinggi

Para astronom telah mendeteksi partikel langka dan berenergi sangat tinggi yang jatuh ke Bumi, menyebabkan kebingungan karena partikel tersebut berasal dari wilayah luar angkasa yang tampaknya kosong, mengutip dari situs The Guardian.

Partikel tersebut dinamakan 'Amaterasu', diambil dari nama Dewi Matahari dalam mitologi Jepang, merupakan salah satu sinar kosmik berenergi tertinggi yang pernah terdeteksi.

Baca Juga: Fotogenik, 10 Galaksi Ini Membentuk Struktur Kosmik yang Indah Banget!

Asalnya tidak diketahui

Mengutip dari situs Scientific American, sinar kosmik berenergi ultra tinggi (UHECR) merupakan partikel berbobot sangat kecil yang asalnya tidak diketahui, namun kadang-kadang menghantam planet kita dengan laju yang mendekati kecepatan cahaya.

UHECR biasanya tiba sendiri tanpa peringatan, seperti peluru dari luar angkasa yang melaju kencang, menabrak atmosfer Bumi dan meledak dalam rangkaian partikel sekunder yang memicu kilatan cahaya singkat yang tak terlihat saat partikel menghujani permukaan Bumi.

Amaterasu sendiri menghantam planet kita pada 27 Mei 2021, mengirimkan hujan muon, gluon dan partikel sekunder lainnya yang terdeteksi oleh 23 detektor Telescope Array dari jumlahnya yang melebihi 500.

Partikel energik semacam itu hanya bisa dihasilkan oleh peristiwa kosmik yang paling kuat di mana skalanya melebihi ledakan bintang. Amaterasu tampaknya muncul dari Local Void, sebuah ruang kosong yang berbatasan dengan galaksi Bima Sakti.

"Saat ditelusuri lintasannya hingga ke sumbernya, tidak ada energi yang cukup tinggi untuk menghasilkan partikel kuat itu,” kata Prof John Matthews, dari Universitas Utah, juga salah satu penulis makalah di jurnal Science yang menjelaskan penemuan tersebut.

Partikel Amaterasu memiliki energi melebihi 240 exa-electron volt (EeV), jutaan kali lebih banyak daripada partikel yang dihasilkan di Large Hadron Collider, akselerator paling kuat yang pernah dibuat dan setara dengan energi bola golf yang melaju dengan kecepatan 95 mph (mil per jam).

Setara energi lubang hitam

Amaterasu, Sinar Kosmik Terkuat Kedua yang Pernah Hantam Buminasa.gov

Amaterasu berada di urutan kedua setelah partikel Oh-My-God, sinar kosmik berenergi ultra tinggi lainnya yang mencapai 320 EeV, terdeteksi pada tahun 1991.

"Ketika saya pertama kali menemukan sinar kosmik berenergi sangat tinggi ini, saya pikir pasti ada kesalahan, karena ini menunjukkan tingkat energi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam tiga dekade terakhir," kata Toshihiro Fujii, seorang profesor di Universitas Metropolitan Osaka di Jepang.

Kandidat potensial untuk tingkat energi ini adalah lubang hitam supermasif di jantung galaksi lain. Di sekitar entitas yang sangat besar, materi dilepaskan kembali ke struktur subatom, proton dan elektron, membuat inti atom terlempar ke seluruh alam semesta dengan kecepatan yang hampir sama seperti kecepatan cahaya.

Sinar kosmik, gema dari peristiwa langit yang dahsyat, turun ke Bumi hampir terus-menerus yang terdeteksi oleh instrumen, seperti observatorium Telescope Array di Utah yang menemukan partikel Amaterasu.

Di bawah ambang batas energi tertentu, jalur terbang partikel-partikel ini menyerupai bola di mesin pinball yang bergerak zig-zag melawan medan elektromagnetik melalui latar belakang gelombang mikro kosmik.

Namun partikel-partikel dengan energi setingkat Oh-My-God atau Amaterasu diperkirakan akan meledak melalui ruang antargalaksi yang relatif tidak terpengaruh oleh medan magnet galaksi dan ekstra-galaksi, yang berarti asal-usulnya dapat dilacak.

Karena lintasannya mengarah ke ruang kosong, serupa dengan partikel Oh-My-God yang tidak memiliki sumber jelas, para ilmuwan berpendapat bahwa hal ini mungkin mengindikasikan adanya defleksi magnet yang jauh lebih besar dari perkiraan, adanya sumber tak dikenal di Local Void atau pemahaman yang tidak lengkap tentang partikel berenergi tinggi.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Komet, Keajaiban Kosmik!