Comscore Tracker

5 Fakta James Watt, Ilmuwan Paling Berpengaruh di Abad 18

Salah satu ilmuwan populer sepanjang sejarah

Revolusi industri yang terjadi di benua Eropa pada abad ke 18 tidak terlepas dari kontribusi para ilmuwan-ilmuwan terkenal dan salah satunya ialah James Watt. Pria yang dulunya pernah bekerja di universitas Glasgow ini memiliki kontribusi penting dalam membawa peradaban manusia ke arah yang lebih maju dan modern.

Mengembangkan mesin uap di tahun 1769 yang sangat berpengaruh dalam revolusi industri di seluruh dunia, inilah 5 fakta menarik dari James Watt yang perlu kamu ketahui.

1. Berasal dari keluarga terpandang

5 Fakta James Watt, Ilmuwan Paling Berpengaruh di Abad 18allthatsinteresting.com

James Watt merupakan pria berkebangsaan Skotlandia yang lahir di kota Greenock yang terletak di wilayah Renfrewshire, Skotlandia. Berstatus sebagai anak paling tua dari lima bersaudara, ibu dari James Watt dikenal sebagai wanita terhormat dan berpendidikan tinggi serta memiliki karakter yang kuat.

Sedangkan ayah dari James Watt merupakan seorang pengusaha kaya yang memiliki banyak kapal dan bisnis kontraktor. Walaupun sejak kecil James Watt dididik secara religius namun ia berkembang menjadi seorang Deist.

2. James Watt bukanlah penemu dari mesin uap

5 Fakta James Watt, Ilmuwan Paling Berpengaruh di Abad 18collection.sciencemuseum.org.uk

Banyak orang beranggapan bahwa James Watt-lah yang pertama kali menciptakan mesin uap yang telah membawa perubahan secara besar-besaran pada bidang industri. Namun, fakta sesungguhnya ialah mesin uap pertama kali diciptakan oleh ilmuwan asal Inggris yaitu Thomas Newcomen.

James Watt menyadari bahwa mesin uap temuan Thomas Newcomen memiliki banyak kelemahan dan salah satunya ialah menghabiskan banyak bahan bakar ketika sedang beroperasi.

Oleh karena itu, James Watt berinisiatif untuk mengembangkan mesin uap tersebut dengan mengubah desain serta meningkatkan kapasitas, efesiensi serta efektivitas biaya dari mesin uap.

Baca Juga: 6 Hal Unik Isaac Newton yang Tak Banyak Orang Tahu

3. Pernah bekerja sama dengan John Roebuck

5 Fakta James Watt, Ilmuwan Paling Berpengaruh di Abad 18kraftkontor.com

John Roebuck merupakan ilmuwan asal Inggris yang juga sangat berpengaruh dalam revolusi industri yang terjadi di Britania Raya. Pada tahun 1768, John Roebuck membiayai proyek dari James Watt dalam mengembangkan mesin uap temuan dari Thomas Newcomen. Hanya membutuhkan waktu setahun, James Watt berhasil mengembangkan mesin uap dengan kinerja yang lebih baik dan kemudian mematenkannya di tahun 1769.

4. James Watt dikenal memiliki kepribadian yang kreatif

5 Fakta James Watt, Ilmuwan Paling Berpengaruh di Abad 18dazeinfo.com

Selain berhasil mengembangkan mesin uap, James Watt merupakan pencetus utama dari penggunaan istilah tenaga kuda sebagai satuan unit kekuatan. James Watt memang dikenal sangat antusias dan bersemangat dalam membagi gagasan yang ia miliki kepada orang lain. Ia mengontribusikan hidupnya untuk menciptakan sesuatu hal yang baru agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

James Watt selalu beranggapan bahwa semua temuan yang telah ada bisa diberikan inovasi serta dikembangkan lebih baik.

5. Banyak mendapat penghargaan

5 Fakta James Watt, Ilmuwan Paling Berpengaruh di Abad 18thoughtco.com

Berkat kontribusi yang telah diberikannya, James Watt telah banyak menerima penghargaan serta gelar kehormatan sepanjang hidupnya. Ia pernah mendapat gelar kehormatan sebagai doktor hukum dari Universitas Glasgow pada tahun 1806. James Watt juga masuk dalam anggota Royal Society of Edinburgh serta The Batavian Society for Experimental Philosophy di Rotterdam.

Selain itu, banyak monumen yang dibangun di negara asalnya, Skotlandia, untuk memberi penghormatan kepada James Watt.

Nah, itulah 5 fakta menarik dari James Watt yang merupakan ilmuwan paling berpengaruh di abad 18.

Baca Juga: 7 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh di Dunia Sains

Muhammad Idris Photo Verified Writer Muhammad Idris

impossible is the word only found in a Fool's dictionary. ( Napoleon Bonaparte )

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya