Comscore Tracker

8 Ikan Ini Ternyata Mampu Memangsa Hewan Darat

Ternyata ikannya sakti juga

Tidaklah biasa bagi ikan untuk berburu binatang darat karena hewan yang hidup di air dan darat jarang berinteraksi maupun beradaptasi untuk bertahan hidup di wilayah lain. Meski kenyataannya jika hewan darat lebih mungkin pergi ke air untuk berburu hewan laut.

Namun kadang-kadang terjadi sebaliknya, ada ikan  berburu hewan darat. Mereka yang tidak bisa naik ke darat telah mengembangkan taktik khusus untuk menangkap hewan darat. Target mereka biasanya makhluk terbang di atas air atau mereka yang cukup malang untuk berkeliaran terlalu dekat ke perairan. Bisa dibayangkan betapa mengerikannya itu. So, langsung saja lihat daftar ikan yang biasa memangsa hewan darat

1. Wels Catfish

8 Ikan Ini Ternyata Mampu Memangsa Hewan Daratsimfisch.de

Wels Catfish di Sungai Tarn di Albi, Perancis, telah berevolusi untuk memangsa merpati di tepi sungai. Para peneliti tidak yakin mengapa ikan lele ini melakukan hal ini karena hanya di sungai Tarn inilah hal itu bisa ditemui, yang berarti Cuma hanya ada 1 di seluruh daratan Eropa. Teori yang berkembang saat ini adalah bahwa Wels Catfish telah kekurangan makanan di sungai dan memaksa mereka untuk berburu di tempat lain selain di wilayah perairan.

Teori lain adalah bahwa Wels Catfish yang terbesar ( yang dapat mencapai 3 meter), telah berburu di kedalaman sungai, memaksa ikan lele yang lebih kecil untuk menemukan sumber makanan lain. Ikan lele berukuran sedang berkonsentrasi untuk memangsa merpati. Begitu ikan lele menangkap merpati, mereka menyeret burung-burung ke dalam air dan memakannya.

Melalui pengamatan, para peneliti menemukan bahwa ikan lele Eropa berhasil membunuh 28 persen dari waktu. Walaupun ini kelihatannya kecil, kita harus ingat bahwa singa memiliki tingkat keberhasilan hanya 18 persen meskipun berburu dalam kelompok dan memangsa yang juga hewan darat. Jadi catatan ini sangat mengesankan untuk ikan yang berburu binatang darat seperti yang dilansir oleh futurism.com

2. Archer Fish

8 Ikan Ini Ternyata Mampu Memangsa Hewan Daratnews.mit.edu

Di alam liar yang tak kenal ampun, predator dan mangsa akan melakukan apa saja untuk bertahan hidup. Untuk mangsa seperti serangga, beberapa predator akan memburu mereka ketika terbang dan yang lain akan memangsa mereka saat di darat. Ranting pohon yang menggantung di atas air seharusnya menjadi tempat tinggal yang aman untuk serangga, tetapi itu tidak selalu benar. Terkadang, bahkan lebih berbahaya daripada terbang di atas tanah atau air.

Ikan pemanah adalah predator yang tidak terduga dari bawah. Ini telah berevolusi untuk berburu serangga yang tergantung pada cabang-cabang pohon di atas air. Ikan pemanah tidak melompat untuk menangkap mangsanya tetapi menembak mereka dengan aliran air saja.

3. Paus Orca

8 Ikan Ini Ternyata Mampu Memangsa Hewan Daratdavidsuzuki.org

Paus pembunuh alias orca adalah predator puncak yang akan berburu dan memakan hampir semua yang mereka temui. Orca memangsa anjing laut, burung laut, gurita, penyu, hiu, dan bahkan paus dari jenis lain.

Meskipun mereka hidup di air, orca bukanlah ikan. Mereka adalah mamalia dalam keluarga lumba-lumba. Tapi Orca tidak memangsa hewan laut saja. Mereka akan dengan mudah memangsa burung yang terbang di atas air atau hewan darat lainnya yang berkeliaran di sepanjang garis pantai.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Walabi, Kanguru Imut Satwa Indonesia Timur

4. Arwana Perak

8 Ikan Ini Ternyata Mampu Memangsa Hewan Darattravel.tribunnews.com

Arwana perak adalah pemburu ganas yang ditemukan di perairan Amerika Selatan. Ia mampu melompat keluar dari air untuk memangsa burung, serangga, dan ular dari dahan yang menggantung. Gerakannya sangat cepat sehingga mangsa sudah ada di mulut ikan sebelum korban menyadari apa yang terjadi. Arwana perak tumbuh hingga 1 meter dan dapat melompat hingga 2 meter keluar dari air. Di Amerika Selatan, mereka disebut monyet air karena kemampuan ini.

5. Ikan Gelodok

8 Ikan Ini Ternyata Mampu Memangsa Hewan Daratbobo.grid.id

Ikan Gelodok sering terlihat meninggalkan air untuk berjalan di atas untuk berburu serangga, cacing. Beberapa spesies bahkan dapat melakukan perjalanan jauh dari air, meskipun mereka sering membutuhkan lingkungan yang lembab dan berawa.

Selain mencari makan, Gelodok melakukan beberapa hal lainnya di darat. Ini termasuk kawin dan menandai wilayah. Gelodok dapat berpindah tempat dari daratn ke air karena kemampuan unik mereka yang bernapas melalui insang seperti ikan di bawah air dan melalui lapisan kulit, mulut, dan tenggorokan mereka di darat.

6. African Tigerfish

8 Ikan Ini Ternyata Mampu Memangsa Hewan Daratsnowbrains.com

Tidak seperti arwana perak yang berfokus pada serangga dan burung yang tergantung pada cabang-cabang pohon di atas air, African Tigerfish berkonsentrasi khusus hewa/burung yang terbang cepat di atas air. Ikan ini mampu melakukannya berkat bentuknya yang ramping, sepanjang 1 meter dan gigi tajam seperti taring. Menariknya, African Tigerfish adalah satu-satunya ikan air tawar yang diketahui berburu dengan cara ini.

7. Ikan Gabus atau Snakehead

8 Ikan Ini Ternyata Mampu Memangsa Hewan Daratanimalspot.net

Ikan Gabus atau Snakehead juga mampu berburu di darat. Ikan yang berasal dari Asia ini telah berubah menjadi spesies invasif di sungai-sungai Amerika. Mereka dulu diimpor secara legal dari Asia ke Amerika untuk makanan dan sebagai hewan peliharaan, sehingga diduga seseorang mungkin telah melepaskannya ke sungai. Sungai Potomac sendiri memiliki lebih dari 21.000 ekor ikan gabus atau snakehead.

8. Rainbow Trout

8 Ikan Ini Ternyata Mampu Memangsa Hewan Daratnps.gov

Rainbow Trout adalah ikan air tawar berwarna-warni yang tubuhnya ditutupi dengan bintik-bintik hitam. Rainbow Trout dikenal karena kemampuannya untuk melompat tinggi ke udara dan kecenderungannya untuk melawan ketika tertangkap. Ikan ini memiliki jenis makanan yang beragam dan siap memburu apa saja mulai dari serangga hingga ikan kecil lainnya dan bahkan mamalia darat kecil.

Para peneliti tidak yakin bagaimana trout pelangi menangkap hewan-hewan ini tetapi mencurigai bahwa trout memangsa hewan yang berada di tepi wilayah perairan dan ketika mereka berjalan terlalu dekat ke sungai, Rainbow Trout langsung memangsanya. Meskipun bukan perenang yang andal, Rainbow Trout dikenal karena mampu menyeberangi sungai yang sangat dangkal, yang membuat mereka menjadi mangsa yang mudah untuk trout pelangi seperti yang dilansir oleh nature.org

Tak cuma jadi hiasan saja. Ada beberapa ikan yang tergolong menjadi pemangsa mengerikan dan bahkan mempunyai keahlian untuk memangsa hewan darat. Kalau kalian bertemu ikan tersebut, hati-hati ya.

Baca Juga: 6 Satwa Endemik Australia Ini Jauh Menggemaskan dari Koala

Muhammad Ubaidillah Photo Verified Writer Muhammad Ubaidillah

Fans Liverpool FC yang mengisi waktu luangnya dengan membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya