Comscore Tracker

Selain Indah, 6 Tanaman Ini Juga Bisa Membersihkan Udara yang Tercemar

Membuat udara semakin bersih dan segar

Polusi udara dari asap pabrik, kendaraan bermotor serta pembakaran sisa-sisa sampah rumah tangga menjadi ancaman serius bagi kesehatan warga di kota besar. Pencemaran udara telah membuat warga kota kesulitan mendapat akses pada udara bersih dan segar.

Tapi tidak usah khawatir bagi kalian yang ingin mendapat udara bersih dan segar, karena ada beberapa jenis tanaman yang mampu menetralkan udara dan menjadikan udara terasa bersih dan segar. Jadi, langsung saja kita lihat daftar tanaman tersebut.

1. Boston Fern / Pakis Boston

Selain Indah, 6 Tanaman Ini Juga Bisa Membersihkan Udara yang Tercemartnnursery.net

Kita mungkin sering melihat ini. Tanaman yang aslinya dari Amerika, Meksiko, India serta Afrika ini ternyata mampu menyerap polusi udara serta membersihkan dalam ruangan.

Tanaman eksotis yang anggun dengan bentuk daun yang melengkung serta berjumbai ini, berperan sebagai pelembap ruangan alami.

2. Spider Plant

Selain Indah, 6 Tanaman Ini Juga Bisa Membersihkan Udara yang Tercemarcrocus.co.uk

Tanaman yang memiliki daun yang runcing dan tajam ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara. Selain itu, tanaman ini juga bisa menghilangkan gas beracun dan berbagai polutan.

Oleh karena, sangat disarankan menaruh Spider Plant di dapur yang mana kandungan Karbon Monoksida sangat banyak akibat dari pembakaran kompor.

3. Sansevieria / Lidah Mertua

Selain Indah, 6 Tanaman Ini Juga Bisa Membersihkan Udara yang Tercemarjamuin.com

Tanaman ini mampu menyerap 107 jenis racun termasuk polusi udara, asap rokok hingga radiasi nuklir. Sehingga sangat cocok dijadikan tanaman penyegar ruangan maupun di luar ruangan.

Manfaat lainnya adalah mempunyai kemampuan beradaptasi yang tinggi terhadap lingkungan, jadi perawatan tumbuhan ini sangat mudah.

Baca Juga: Budidayakan Tanaman Karnivora, Pria Ini Raih Omzet Hingga Rp10 Juta

4. Sri Rejeki

Selain Indah, 6 Tanaman Ini Juga Bisa Membersihkan Udara yang Tercemaralamendah.org

Tanaman ini hidup di kawasan tropis seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan beberapa di kawasan Asia ini memiliki pola daun yang sangat menarik. Selain pola daun yang indah, tanaman ini juga bisa berfungsi mengatasi berbagai polutan.

Caranya, kombinasikan tanaman Sri Rejeki dan Lidah mertua yang sudah dewasa maka akan didapat udara yang bersih dan segar. Tanaman ini juga memiliki efek anti bakteri yang mampu menekan populasi spora jamur yang merugikan sekitar 50%.

5. Palem Bambu

Selain Indah, 6 Tanaman Ini Juga Bisa Membersihkan Udara yang Tercemarpalembang.tribunnews.com

Tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Selain itu, Palem Bambu juga memiliki kemampuan untuk menyerap limbah udara.

Bahkan, ada pula yang menyebutkan jika ada orang yang tinggal dengan palem bambu memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

6. Sirih Belanda

Selain Indah, 6 Tanaman Ini Juga Bisa Membersihkan Udara yang Tercemaragrosegar.com

Tanaman yang termasuk dalam golongan monokotil ini mampu menyerap racun dan polusi di dalam ruangan. Sirih Belanda sangat efektif menyerap Benzena. Dalam sehari saja, tanaman ini mampu menyerap benzena 54% dari total 0.156 ppm.

Kalian cukup menaruh di pot atau wadah yang diisi air. Kemudian bisa kalian taruh atau digantung di tempat yang kalian inginkan.

Jadi, tak hanya mempercantik ruangan saja. Tanaman juga bisa membersihkan menetralkan udara dan efektif menghilangkan racun yang ada di udara.

Baca Juga: Gak Perlu Sering Disiram, 5 Tanaman Hits Ini Pas Jadi Hiasan Kamar Kos

Muhammad Ubaidillah Photo Verified Writer Muhammad Ubaidillah

Fans Liverpool FC yang mengisi waktu luangnya dengan membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya