Comscore Tracker

Kucing 101: 5 Ras yang Cocok untuk Dipelihara oleh Pecinta Kerapian

Rambut mereka gak mudah rontok

Kucing termasuk hewan yang paling sering dijadikan peliharaan. Sifat mereka yang ramah dan pintar menjadi beberapa penyebabnya. Di samping itu, ternyata ada pula yang ingin memelihara kucing, namun tidak mau melihat rambut rontok kucing di mana-mana.

Kucing sendiri memang rata-rata mempunyai rambut yang mudah rontok, karena tak seperti unggas yang memiliki bulu tebal dan lekat pada tubuh, kucing memerlukan perawatan khusus demi mencegah kerontokan berlebih pada rambut mereka.

Nah, buat kamu yang tergolong sebagai orang yang sangat ketat dalam menjaga kerapian rumah, ada beberapa ras kucing yang dapat kamu jadikan peliharaan karena memiliki rambut yang tak mudah rontok. Dilansir Cat Time, ini dia lima di antaranya.

1. Persia

Kucing 101: 5 Ras yang Cocok untuk Dipelihara oleh Pecinta KerapianFishsubsidy.org/petsworld.in

Siapa yang tidak tahu ras kucing ini? Berpenampilan seperti boneka, pasti siapapun ingin menyentuhnya walau hanya sebentar. Kucing persia mempunyai rambut yang panjang, tebal, dan mengkilap.

Rambut mereka ini tak mudah rontok, namun daily grooming harus diperhatikan, termasuk dengan sering menyisirnya. Selain itu, mereka perlu dimandikan minimal satu bulan sekali. Kucing yang suka dibelai ini juga lebih baik dipelihara di dalam rumah agar tubuhnya tidak cepat kotor.

2. Russian blue

Kucing 101: 5 Ras yang Cocok untuk Dipelihara oleh Pecinta KerapianInstagram.com/cutemeowingcat

Pengin punya peliharaan, tapi gak mau terlalu sering memandikannya? Mungkin russian blue bisa menjadi pilihanmu.

Ras kucing berwarna perak kebiruan ini memiliki coat yang tebal dan lembut. Karena ukuran rambut mereka yang kecil, mereka harus disisir satu atau dua minggu sekali supaya minyak alami pada tubuh mereka dapat tersebar secara merata.

Mereka tidak perlu sering dimandikan sebab rambut mereka tidak mudah kusut. Mereka juga termasuk kucing yang rajin menjilat tubuh mereka guna membersihkan diri.

Baca Juga: Kucing 101: 7 Jenis Kucing Peranakan Paling Langka, Harganya Fantastis

3. Chartreux

Kucing 101: 5 Ras yang Cocok untuk Dipelihara oleh Pecinta KerapianMadpaws.com.au

Chartreux merupakan ras kucing langka yang mempunyai badan besar. Sering disalahpahami sebagai ras british shorthair, mereka memiliki massa otot ekstra hingga membuat mereka tampak begitu kekar.

Chartreux adalah kucing yang tahan air. Dengan lapisan bawah rambut yang lebih pendek dan lapisan atas yang lebih panjang dibandingkan milik british shorthair, rambut kucing ini akan sangat cepat kering apabila mereka terjatuh atau dimasukkan ke dalam genangan air.

4. Aphrodite giant

Kucing 101: 5 Ras yang Cocok untuk Dipelihara oleh Pecinta KerapianCattime.com

Berbeda dengan chartreux, kucing aphrodite giant mempunyai badan yang besar dan berotot, namun tetap terlihat ramping. Kucing kalem yang suka dimanja ini terdiri atas variasi berambut pendek dan semi panjang.

Mereka akan tetap merasa hangat di musim dingin karena memiliki lapisan khusus di bagian bawah. Walau tidak mudah rontok, kucing ini harus dirawat dengan teratur, salah satunya dengan menyisir rambutnya dua kali sehari agar terhindar dari ballhair (muntah akibat gulungan rambut).

5. Selkirk rex

Kucing 101: 5 Ras yang Cocok untuk Dipelihara oleh Pecinta KerapianHillspet.com

Ras kucing ini mungkin akan mengingatkan kita dengan domba. Ya, kucing yang satu ini memang mempunyai mantel tebal dan berbentuk ikal seperti wol. Oleh sebab itu, mereka sampai dijuluki kucing berbulu domba karena penampilan mereka tersebut.

Selkirk rex membutuhkan sedikit perawatan karena rambut mereka tidak mudah rontok bahkan pada musim panas (puncak kerontokan) sekalipun. Namun, perlu diingat bahwa ketika dimandikan dengan sampo, rambut mereka harus benar-benar dibilas sampai bersih agar tidak mudah kusut.

 

Itulah lima ras kucing dengan rambut yang tidak mudah rontok. Jadi, bagi kamu yang suka kerapian, tidak perlu bingung lagi nih untuk mengadopsi ras mpus yang cocok di rumah!

Baca Juga: Kucing 101: 5 Tips Pelihara Anak Kucing Pertama Kali

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya