Comscore Tracker

Ini Tips Makan All You Can Eat Paling Efektif Berdasarkan Ilmu Sains

Lakukan hal ini supaya uangmu tidak terbuang sia-sia!

Sesekali, memanjakan diri dengan wisata kuliner gak ada salahnya, kan? Kalau kamu bosan makan di tempat yang itu-itu saja, kenapa gak mencoba makan all you can eat? Dengan all you can eat, kita bisa makan apapun yang disediakan oleh restoran dengan membayar satu harga saja. Biasanya, all you can eat diberi batasan waktu 90-120 menit.

Nah, kalau kamu gak cerdik, kamu bisa kenyang sebelum batas waktu itu berakhir! Sayang kan dengan uang yang kita keluarkan? Ada cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengakali tubuh supaya gak cepat kenyang berdasarkan sains. Simak tips berikut yuk!

1. Mari kita mulai dengan memakan sup atau salad

Ini Tips Makan All You Can Eat Paling Efektif Berdasarkan Ilmu Sainsbusinessinsider.sg

Hah? Bayar mahal-mahal tapi disuruh makan sup atau salad? Gak salah nih? Eitss, tunggu dulu! Ada penjelasan ilmiah di balik saran ini. Makanan tersebut memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mudah diproses oleh perut. Ini berguna sebagai bentuk pemanasan!

Meski begitu, jangan lupakan beberapa hal penting. Misalnya, ambil sup atau salad dalam porsi yang kecil. Lalu, hindari atau kurangi penggunaan krim dressing pada salad, karena ini bisa membuat perut kita kenyang lebih cepat. Lebih baik, gunakan dressing berupa kombinasi olive oil atau lemon, jika disediakan.

2. Mencicipi semua menu dalam porsi kecil

Ini Tips Makan All You Can Eat Paling Efektif Berdasarkan Ilmu Sainscbsnews.com

Biasanya, restoran all you can eat menyediakan berbagai pilihan menu untuk kita nikmati. Kecenderungannya, kita akan pilih-pilih makanan yang disukai saja dan mengambilnya dalam porsi besar sekaligus. Hal ini tidak disarankan karena akan membuat kita kenyang lebih cepat. Lebih baik, ambil dan cicipi semua menu dalam porsi kecil.

Variasi makanan membantu memecah rasa yang monoton dan memungkinkan kita untuk makan lebih banyak, ungkap laman Save the Student. Selain itu, ini adalah trik psikologis yang efektif untuk 'menipu' otak. Dengan makan dalam porsi kecil, kita masih merasa lapar dan menyediakan ruang di perut untuk diisi kembali.

3. Selalu pilih air, bukan minuman manis

Ini Tips Makan All You Can Eat Paling Efektif Berdasarkan Ilmu Sainsdavidwolfe.com

Tak hanya makanan yang bervariasi, minuman pun juga. Biasanya, kita akan mudah menemukan berbagai varian minuman manis di restoran all you can eat. Hati-hati dan jangan terjebak! Sebab minuman manis akan membuat kita lebih cepat kenyang. Imbasnya, kita jadi kurang puas dalam mencicipi berbagai menu di restoran tersebut.

Selain membuat kita lebih cepat kenyang, minuman manis bisa menyebabkan perut kembung dan kram perut, tutur laman Live Strong. Ini karena minuman manis mengandung banyak gas, lalu bisa menyebabkan perut kram beberapa saat kemudian. Selalu pilih air putih dibanding minuman manis, ya!

4. Hindari makanan tinggi karbohidrat

Ini Tips Makan All You Can Eat Paling Efektif Berdasarkan Ilmu Sainshealthline.com

Orang Indonesia punya prinsip 'belum kenyang kalau belum makan nasi'. Memang, makan nasi bisa menimbulkan rasa kenyang lebih cepat. Pasalnya, nasi merupakan makanan yang tinggi indeks glikemik. Ini menunjukkan seberapa cepat karbohidrat dalam makanan diubah oleh tubuh manusia.

Makanan tinggi glikemik juga memicu respons ketagihan dalam otak yang membuat kita ingin makan nasi terus-menerus. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk makan makanan tinggi karbohidrat bila sedang berada di restoran all you can eat. Ini termasuk jenis karbohidrat lain seperti mie, pasta atau roti, ya!

Baca Juga: 10 Resto All You Can Eat di Surabaya, Rekomendasi Bukber Super Kenyang

5. Pilih makanan yang tinggi protein

Ini Tips Makan All You Can Eat Paling Efektif Berdasarkan Ilmu Sainsparenting.firstcry.com

Karena tidak dianjurkan makan makanan tinggi karbohidrat, lebih baik kamu beralih ke makanan tinggi protein saja! Memilih makan daging-dagingan seperti ayam, sapi, ikan dan lain sebagainya lebih worth it dengan uang yang kita keluarkan. Beberapa makanan tinggi protein terkenal mahal, seperti ikan salmon, udang, steak atau ikan dori misalnya.

Dibandingkan makanan tinggi karbohidrat, makanan tinggi protein tidak cepat membuat kenyang. Namun, efeknya sendiri justru mengenyangkan lebih lama dibanding karbohidrat yang membuat kita lebih cepat lapar. Berbagai manfaat makanan tinggi protein lainnya adalah membantu pembentukan otot, mengurangi asupan kalori, mempercepat pembakaran lemak dan lain-lain, tutur laman Nuzest USA.

6. Jangan sengaja melaparkan diri!

Ini Tips Makan All You Can Eat Paling Efektif Berdasarkan Ilmu Sainscare2.com

Bersiap-siap makan all you can eat membuat kita sengaja melaparkan diri. Dengan sadar, kita melewatkan sarapan demi buffet lunch di siang harinya. Padahal, ini tidak dianjurkan. Sebab, ketika kita melewatkan makan, ukuran perut akan menyusut dan akhirnya kita tak bisa makan sebanyak apapun yang kita mau, saran laman Save the Student.

Lebih baik, nikmati sarapan seperti biasa sebelum memulai makan all you can eat. Para ahli merekomendasikan sesuatu yang ringan namun tinggi serat, seperti semangkuk cereal. Makanan ini cepat diproses tubuh, namun tidak menyebabkan kenyang berlebihan. 

7. Akhiri sesi dengan dessert manis

Ini Tips Makan All You Can Eat Paling Efektif Berdasarkan Ilmu Sainskeckmedicine.org

Merasa sudah kenyang? Tunggu dulu, akan selalu ada ruang untuk makanan penutup! Jangan lupakan dessert manis seperti kue-kue, buah-buahan segar maupun es krim sebagai pencuci mulut. Rupanya, ini ada penjelasan ilmiahnya, lho!

Menurut Steven Witherly dalam laman Business Insider, nafsu makan kita akan memudar setelah makan terlalu banyak dari jenis makanan yang sama. Hidangan pencuci mulut bisa menipu otak untuk meningkatkan nafsu makan kembali. Itulah mengapa, kita masih kuat untuk makan hidangan pencuci mulut, bahkan setelah kita kenyang sekalipun.

Nah, itulah tips efektif makan all you can eat berdasarkan sains. Coba terapkan ini, dijamin berhasil!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Resto All You Can Eat untuk Bukber Asyik di Jakarta

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You