Comscore Tracker

Sampah Plastikmu Bisa untuk Bahan Membangun Rumah, Ecobrick Solusinya!

Sampah plastik menumpuk? Dibuat ecobrick aja~

Bukan rahasia lagi kalau sampah plastik merupakan masalah besar bagi lingkungan. Kita memproduksi 300 juta ton plastik setiap tahun dan 8 juta ton plastik dibuang ke laut setiap tahunnya. Bahkan, diperkirakan 100 ribu biota laut mati akibat plastik setiap tahun. Ngeri, ya?

Berbagai solusi pun dilakukan demi mengurangi limbah plastik. Salah satunya adalah dengan membuat ecobrick. Hmm, apa sih ecobrick itu dan seberapa efektif untuk lingkungan? Simak lebih lanjut, yuk!

1. Apa ecobrick itu?

Sampah Plastikmu Bisa untuk Bahan Membangun Rumah, Ecobrick Solusinya!aquarium.co.za

Let's get closer with ecobrick. Sebenarnya, ecobrick adalah botol plastik yang diisi dengan material plastik lain hingga memenuhi tingkat kepadatan tertentu.

Ecobrick yang sudah jadi dapat digunakan kembali sebagai material bangunan. Karena manfaatnya, komunitas lingkungan di berbagai negara pun mulai mengkampanyekan pembuatan ecobrick sebagai alternatif dalam pengolahan limbah.

2. Dibuat sebagai apakah ecobrick?

Sampah Plastikmu Bisa untuk Bahan Membangun Rumah, Ecobrick Solusinya!zerowaste.id

Dari namanya sendiri yaitu 'eco' dan 'brick' yang bisa diartikan sebagai bata ramah lingkungan, ecobrick memang bisa dijadikan material dalam bahan bangunan. Yap, kita bisa menggantikan batu bata konvensional dengan ecobrick untuk membuat rumah! Selain itu, kita bisa menjadikan ecobrick sebagai furnitur, seperti kursi, meja dan lain sebagainya.

3. Dari mana ide pembuatan ecobrick berasal?

Sampah Plastikmu Bisa untuk Bahan Membangun Rumah, Ecobrick Solusinya!aquarium.co.za

Pernah bertanya-tanya, siapa sih yang kepikiran membuat bangunan dari botol plastik? Well, ide ini sebenarnya datang dari Andreas Froese, seorang arsitek Jerman yang memakai botol plastik berisi pasir sebagai material bangunan pada tahun 2000 silam.

Di tahun 2003, ide ini diadaptasi oleh Alvaro Molina. Lambat laun, konsep ecobrick semakin dikenal dan menyebar ke seluruh penjuru dunia.

4. Bagaimana cara membuat ecobrick?

Sampah Plastikmu Bisa untuk Bahan Membangun Rumah, Ecobrick Solusinya!skinnylaminx.com

Mulai tertarik membuat ecobrick? Ikuti langkah-langkah berikut! Pertama, siapkan sampah plastik berukuran kecil, seperti bungkus makanan, sedotan atau plastik kemasan lain.

Lalu, siapkan botol plastik berukuran besar (minimal 1,5 liter). Setelahnya, masukkan sampah plastik tersebut ke dalam botol, gunakan stick untuk mendorong agar plastik itu muat ke dalam.

Terus lakukan hingga botol plastik itu penuh dan memiliki berat 500 gram. Lalu, tutup botol itu dan ecobrick sudah jadi! Kamu bisa menggabungkan beberapa ecobrick menjadi satu. Voila! You can make your own ecobrick chair!

Baca Juga: 13 Ide Kreatif untuk Mengurangi Limbah Plastik

5. Meski mudah, penuhi syarat dalam membuat ecobrick ini!

Sampah Plastikmu Bisa untuk Bahan Membangun Rumah, Ecobrick Solusinya!e2e.ti.com

Meskipun terdengar mudah, nyatanya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Misalnya, botol harus dalam keadaan bersih dan kering. Tak hanya itu, sampah plastik juga harus dalam keadaan bersih dan kering supaya gak ada bakteri yang tumbuh di dalamnya.

Botol juga wajib jadi padat dan keras. Untuk menguji kepadatan, kita bisa menekan botol dari luar. Ecobrick yang baik adalah tidak kempes dan tidak berbunyi jika ditekan. Simple, kan? Coba praktikkan deh!

6. Apa manfaat ecobrick bagi lingkungan?

Sampah Plastikmu Bisa untuk Bahan Membangun Rumah, Ecobrick Solusinya!greenglobaltravel.com

Apa peran ecobrick bagi lingkungan?  Biasanya, kita tidak pernah memikirkan bagaimana nasib botol plastik yang kita buang.

Ecobrick meningkatkan kesadaran ekologis dan membuat kita lebih peduli dengan lingkungan. Selain itu, plastik kecil yang dibuang akan mencemari lingkungan.

Dengan memasukkan limbah plastik ke botol ecobrick, akan mencegah penumpukan gas beracun yang menghasilkan gas metana. Botol plastik PET sangat cocok untuk menyegel plastik karena umurnya panjang dan melindungi isinya dari sinar UV, terang laman The Sustainability Project.

7. Namun, ecobrick juga punya kelemahan!

Sampah Plastikmu Bisa untuk Bahan Membangun Rumah, Ecobrick Solusinya!lifeandsoulmagazine.com

Setiap hal ditakdirkan memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan ecobrick. Meskipun diklaim ramah lingkungan, ternyata ecobrick bisa berbahaya juga, lho!

Ecobrick yang terpendam dalam beton sebagai material bangunan tidak mudah didaur ulang di masa depan! Ecobrick juga sulit untuk diurai dan dirusak. Selain itu, jika ecobrick meleleh, akan menghasilkan senyawa gas yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Nah itulah trivia unik seputar ecobrick. Tertarik untuk membuatnya?

Baca Juga: 10 Solusi Kreatif Ubah Sampah Plastik Jadi Barang Keren

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You