Comscore Tracker

7 Fakta Sejarah Permainan Catur, Perjalanan Menarik bagi Penggemarnya

Konon, catur diciptakan di India pada abad ke-6 masehi

Hayo, siapa di antara kalian yang suka bermain catur? Pemain catur identik dengan orang yang cerdas, sabar dan penuh strategi. Selain itu, pecatur juga memiliki IQ yang lebih tinggi dari orang kebanyakan. Namun, tahukah kamu kapan dan di mana catur diciptakan?

Lengkapi pengetahuanmu dengan mengenali sejarah seputar catur, yuk! Baca artikel ini sampai tuntas, ya!

1. Diciptakan di India pada abad ke-6 masehi

7 Fakta Sejarah Permainan Catur, Perjalanan Menarik bagi Penggemarnyaworldchesshof.org

Konon, catur berasal dari India bagian utara dan diciptakan selama periode kekaisaran Gupta. Catur tercipta pada abad ke-6 dan awalnya bernama chaturanga. Kata ini diterjemahkan sebagai empat divisi dalam militer yang berisi infanteri, kavaleri, gajah dan kereta. Lalu, bentuknya disempurnakan menjadi pion, ksatria, uskup dan benteng.

2. Lalu, catur meluas ke Persia dan Arab

7 Fakta Sejarah Permainan Catur, Perjalanan Menarik bagi Penggemarnyahistory.chess.free.fr

Perlahan-lahan, catur menyebar ke negara-negara lain. Di Persia, catur disebut dengan 'chatrang' dan dirumuskan beberapa aturan baru. Misalnya, pemain harus menyebut "Shah" (bahasa Persia untuk 'raja') ketika pemain mengancam raja lawan atau "Syah mat" (bahasa Persia untuk 'raja sudah selesai') ketika raja lawan tidak bisa lepas dari serangan. Penyebutan ini kemudian berubah menjadi "Skak mat" yang kita kenal sekarang.

3. Catur yang kita kenal sekarang berbeda dengan saat pertama diciptakan

7 Fakta Sejarah Permainan Catur, Perjalanan Menarik bagi Penggemarnyarvcj.com

Seperti yang sudah disinggung di awal, bidak catur modern berbeda dengan saat pertama diciptakan di India. Bidak catur itu terdiri dari kavaleri (cikal bakal ksatria modern), kereta perang (kini digantikan oleh benteng), gajah (kini digantikan oleh uskup) dan infanteri (versi awal dari pion). Keempat bidak catur ini mewakili posisi kemiliteran pada masa itu.

4. Catur memasuki Eropa pada abad ke-9

7 Fakta Sejarah Permainan Catur, Perjalanan Menarik bagi Penggemarnyametmuseum.org

Catur tak hanya menguasai Asia, pada abad ke-9 catur mulai masuk ke Eropa. Awalnya catur diperkenalkan oleh bangsa Moor di Semenanjung Iberia. Lalu, pada tahun 1000 catur telah menyebar ke seluruh Eropa. Pada abad ke-10 mulai diperkenalkan kotak hitam dan putih dalam papan catur seperti yang kita kenal sekarang.

Baca Juga: 7 Film tentang Mesir Kuno, Cocok Buat Kamu yang Suka Sejarah

5. Turnamen catur pertama diadakan pada tahun 1575

7 Fakta Sejarah Permainan Catur, Perjalanan Menarik bagi Penggemarnyachess.com

Bukan hal yang aneh ketika melihat turnamen atau kompetisi catur saat ini. Mundur ke belakang, turnamen catur pertama diselenggarakan pada tahun 1575. Turnamen catur pertama terjadi ketika pemain Italia, Leonardo da Cutri dan Paolo Boi pergi ke istana Phillip II di Madrid untuk bermain dengan Ruy Lopez dan Alfonso Ceron dari Spanyol.

Ruy Lopez telah mengalahkan Leonardo dan Paolo pada beberapa pertandingan sebelumnya. Tim Spanyol pun memenangkan dua pertandingan pertama atas tim Italia. Sebagai balasannya, tim Italia pun memenangkan tiga pertandingan berturut-turut untuk mengamankan kemenangan di turnamen catur pertama di dunia, terang laman Chess.

6. Desain bidak catur saat ini disebut dengan Staunton Set

7 Fakta Sejarah Permainan Catur, Perjalanan Menarik bagi Penggemarnyadesignchess.com

Beberapa ratus tahun lalu, Howard Staunton merupakan pemain catur terkuat di dunia dari tahun 1843 hingga 1851. Ia lalu menganjurkan untuk membuat gaya khusus pada bidak catur. Akhirnya, desain bidak catur itu dirancang oleh Nathaniel Cook dan diperkenalkan sebagai Staunton Set. Desain ini resmi digunakan di seluruh dunia hingga saat ini.

7. Komputer yang bisa memainkan catur pertama dibuat pada tahun 1950-an

7 Fakta Sejarah Permainan Catur, Perjalanan Menarik bagi Penggemarnyagizmodo.com

Pada pertengahan abad ke-20, teknologi komputer mulai mengubah segalanya. Di tahun 1948, Alan Turing bersama David Champernowne menciptakan Turochamp, sebuah program catur dalam komputer paling awal. Lalu, di tahun 1950, Claude Shannon menerbitkan makalah tentang metode agloritma catur pada komputer. 

Perlahan-lahan, teknologi mulai semakin canggih. Pada 11 Mei 1997, Deep Blue, super komputer buatan IBM mengalahkan juara catur dunia, Garry Kasparov. Ini merupakan pertandingan kedua antara Deep Blue dan Kasparov. Di pertandingan pertama yang diselenggarakan pada 10 Februari 1996 dimenangkan oleh Garry Kasparov.

Nah, itulah sejarah permainan catur dari awal hingga sekarang. Semoga secuplik informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Ini 6 Fakta Sejarah Awal Mula Internet di Dunia, Nyawanya Era Digital

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya