Comscore Tracker

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Dunia

Berwarna-warni, unik sekali!

Masih ingatkah kamu dengan pelajaran mengenai panca indra waktu SD dulu? Salah satu organ dalam panca indra adalah mata, yang berfungsi untuk melihat sekeliling kita. Pada hewan, bentuk mata ini berbeda-beda bentuknya, baik dari segi warna, bentuk, ukuran, letak dan keistimewaannya.

Mau tahu, hewan apa saja yang memiliki bentuk mata paling unik dan extraordinary?  Temukan jawabannya di bawah ini! Geser layarmu ke bawah untuk membaca, ya!

1. Udang mantis

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Duniasciencealert.com

Apa spesialnya udang mantis? Matanya punya 16 fotoreseptor dan bisa melihat sinar UV. Selain itu, hewan ini adalah satu-satunya yang bisa mendeteksi cahaya terpolarisasi sirkuler, yakni ketika komponen gelombang cahaya berputar dalam gerakan melingkar.

Lebih uniknya lagi, udang mantis bisa menggerakkan tiap mata secara mandiri. Misalnya, mata sebelah kiri melihat ke atas, sementara mata sebelah kanan melihat ke bawah. Matanya tersusun dari dari puluhan ribu ommatidia yang membuatnya mirip dengan lalat.

2. Bintang laut

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Duniacountryfile.com

Apakah kamu mengira bahwa bintang laut itu buta? Salah! Bintang laut memiliki mata di ujung setiap lengannya. Ini berarti bintang laut yang memiliki lima lengan memiliki 5 mata! Titik mata ini terletak di bawah kulitnya. Kamu bisa mencoba melihatnya, lho!

Pegang bintang laut dengan lembut, lalu biasanya bintang laut akan memiringkan ujung lengan ke atas. Matanya terletak di ujung lengan dan berwarna hitam atau merah. Mata ini berukuran sangat kecil, berukuran 0,5 mm dan memiliki ratusan unit pengumpul cahaya.

3. Sotong

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Duniaocean.si.edu

Kalau biasanya mata berbentuk bundar, berbeda dengan sotong. Matanya besar, gelap dengan pupil berwujud seperti huruf W yang khas. Selain itu, berbeda dengan manusia, matanya tidak memiliki titik buta karena saraf optiknya berada di belakang retina.

Meski sotong buta warna, mereka bisa melihat kontras dalam cahaya yang disebabkan oleh polarisasi, ungkap laman Owlcation. Jika ingin memfokuskan penglihatan pada objek tertentu, sotong akan menggeser seluruh lensa di matanya supaya lebih akurat.

4. Tokek ekor daun

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Duniasciencesource.com

Sepintas, mata tokek ekor daun (Uroplatus phantasticus) mirip dengan mata alligator. Mata ini berukuran besar dan tanpa kelopak mata. Karena tidak mempunyai kelopak mata, tokek ekor daun membersihkan debu dan kotoran di matanya menggunakan lidah!

Selain itu, matanya memiliki pupil vertikal yang berisi lubang kecil dan bisa melebar di malam hari, ujar The Science Explorer. Dengan ini, penglihatannya di malam hari sangat menakjubkan. Menurut penelitian, penglihatan tokek ini 350 kali lebih baik dari manusia.

Baca Juga: 6 Hewan dengan Mata Terbanyak, Ada yang Punya Seribu Mata!

5. Tarsius

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Dunianationalgeographic.com

Apa kesan pertamamu tentang tarsius? Tentu saja, matanya yang bulat dan besar akan membuatmu jatuh cinta! Proporsi matanya sungguh luar biasa. Diameter matanya adalah 1,5 cm, sementara panjang tarsius itu sendiri 12 cm, jelas laman New Scientist.

Mata besar ini berfungsi untuk melihat di kegelapan malam. Uniknya, ukuran matanya lebih besar dari otaknya! FYI, mata tarsius 'terpaku' di dalam tengkorak. Akibatnya, tarsius tak bisa menggerakkan matanya dan harus memutar leher jika ingin melihat ke sekeliling.

6. Capung

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Duniarcannon992.com

Mata manusia berjenis trikromatik, kita melihat warna sebagai kombinasi merah, biru dan hijau (RGB). Berbeda dengan capung, serangga dengan penglihatan yang menakjubkan. Capung bisa melihat hingga 30 jenis visual yang berbeda, ujar laman New Scientist.

Menariknya lagi, capung memiliki 30.000 ommatidia per mata. Berkat ini, capung bisa melihat sinar ultraviolet dan cahaya yang terpolarisasi, ungkap The Science Explorer. Mata besar ini juga bisa melihat sudut hingga 360 derajat, lho! Keren banget, ya?

7. Bunglon

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Duniacanvaschameleons.com

Terakhir, mata keren juga dimiliki oleh bunglon, hewan yang bisa mengubah warna tubuhnya. Bunglon punya sistem visual khas yang memungkinkan untuk melihat hingga 360 derajat, yang terbagi atas 180 derajat horizontal dan 180 derajat vertikal.

Uniknya lagi, kelopak matanya menutupi seluruh area mata dan hanya menyisakan lubang kecil untuk melihat. Mata ini bisa bergerak secara independen, misalnya satu mata melihat ke arah mangsa yang ada di depan, sementara mata lainnya mengawasi bagian samping.

Nah, itulah 7 hewan yang mempunyai mata paling unik dan menakjubkan. Hewan mana yang punya mata terkeren versimu?

Baca Juga: 7 Hewan Ini Memiliki Mata Indah yang Bikin Takjub, Mana Favoritmu?

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You