Comscore Tracker

7 Jenis Bunga Lili yang Paling Indah dan Memukau, Tanam yuk!

Bikin kebunmu lebih semarak

Lili (Lilium spp) adalah bunga yang memiliki mahkota berwarna-warni dan berbentuk bintang. Berasal dari belahan bumi utara, lili menyukai sinar matahari dan bisa tumbuh setinggi 2,5 meter.

Bunga yang dikenal harum ini terdiri dari 90 spesies yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Masing-masing memiliki pesona dan karakteristik tersendiri. Beberapa jenis lili yang tercantik akan disebutkan di bawah!

1. Stargazer

7 Jenis Bunga Lili yang Paling Indah dan Memukau, Tanam yuk!ilustrasi bunga lili stargazer (pixabay.com/Khajj)

Mengutip The Spruce, lili stargazer dikembangkan pada akhir 1970-an dan merupakan persilangan antara Lilium auratum dengan L. speciosum. Ujung bunganya melengkung ke bawah, membuatnya semakin cantik.

Lili stargazer adalah magnet bagi kupu-kupu, burung kolibri, dan hewan penyerbuk lainnya. Namun, bunga ini bisa membuat kucing keracunan dan menyebabkan gagal ginjal akut yang parah.

2. Harimau

7 Jenis Bunga Lili yang Paling Indah dan Memukau, Tanam yuk!ilustrasi bunga lili harimau (pixabay.com/naraefar)

Bukan tanpa alasan bunga ini diberi nama lili harimau. Sebab, warnanya oranye cerah dengan bintik-bintik gelap. Memiliki nama ilmiah Lilium lancifolium, bunganya hanya mekar setahun sekali.

Lili harimau menyukai sinar matahari penuh dan tanah yang sedikit asam. Sama seperti sebelumnya, bunga ini beracun bagi kucing. Menurut Colorado State University, kucing akan muntah dan mengeluarkan air liur berlebih 3 jam setelah mengonsumsi 1-2 daun atau kelopak bunga lili.

3. Tango

7 Jenis Bunga Lili yang Paling Indah dan Memukau, Tanam yuk!ilustrasi bunga lili tango (wikimedia.org/Bill Murray)

Lili tango tergolong sebagai lili Asiatik. Bunganya berukuran besar dengan warna dasar putih dan bagian tengah berwarna ungu kehitaman serta kepala sari oranye cerah, dilansir American Meadows.

Mereka menyukai sinar matahari penuh dan geluh (loamy soil), yaitu tanah dengan komposisi pasir, debu, dan lempung dalam jumlah yang relatif seimbang. Lili tango biasanya mekar di awal atau pertengahan musim panas.

4. Paskah

7 Jenis Bunga Lili yang Paling Indah dan Memukau, Tanam yuk!ilustrasi bunga lili Paskah (pixabay.com/mrbobdobolina)

Memiliki nama latin Lilium longiflorum, bunga berbentuk terompet dengan warna putih bersih ini biasanya digunakan untuk menghias gereja saat Paskah. Lili Paskah adalah simbol kemurnian, kelahiran kembali, awal yang baru, dan harapan.

Mereka tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh dan tanah yang kaya akan bahan organik dengan pH sedikit asam. Sirami setiap pagi dan pastikan tanahnya lembap namun jangan sampai airnya menggenang.

Baca Juga: 12 Jenis Bunga yang Sering Dijadikan Buket Pernikahan

5. Pixie jingga

7 Jenis Bunga Lili yang Paling Indah dan Memukau, Tanam yuk!ilustrasi bunga lili pixie jingga (pixabay.com/paulbr75)

Berwarna jingga cerah, bunga ini tergolong sebagai lili Asiatik. Disebut kerdil karena tinggi maksimalnya hanya 50 cm, sementara lili lainnya rata-rata tumbuh hingga 1 meter atau lebih, mengutip Gardeners World.

Lili pixie jingga menyukai tanah dengan drainase baik dan sinar matahari penuh. Jauhkan dari hewan peliharaan seperti kucing dan anjing karena bisa meracuni mereka.

6. Lolipop

7 Jenis Bunga Lili yang Paling Indah dan Memukau, Tanam yuk!ilustrasi bunga lili lolipop (wikimedia.org/F. D. Richards)

Lili lolipop mudah dikenali berkat bunganya yang besar dengan bagian tengah berwarna putih dan ujung merah muda. Mereka bisa tumbuh setinggi 1,5 meter. Diameter bunganya sekitar 12-14 cm dan biasanya mekar di awal hingga pertengahan musim panas.

Seperti lili pada umumnya, bunga ini menyukai sinar matahari penuh, namun bisa menoleransi pencahayaan parsial. Aromanya menarik sampai membuat kupu-kupu dan burung kolibri berdatangan.

7. Mona Lisa

7 Jenis Bunga Lili yang Paling Indah dan Memukau, Tanam yuk!ilustrasi bunga lili Mona Lisa (wikimedia.org/David J. Stang)

Sepintas, bunga ini tampak mirip dengan lili stargazer. Apalagi, keduanya sama-sama oriental hybrid. Hanya saja, lili Mona Lisa warnanya lebih soft dan tidak terlalu mencolok.

Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 16-18 inci atau 40-45 cm. Karena tak terlalu tinggi dan keharumannya memikat, banyak orang yang menaruhnya di dalam ruangan. Namun, pastikan tetap disinari matahari, ya!

Nah, itulah beberapa jenis bunga lili yang paling indah dan memesona. Mana yang paling mencuri perhatianmu?

Baca Juga: 12 Bunga yang Aromanya Paling Memikat, Tanam yuk!

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya