Tak Disangka, 7 Tanaman Ini Sudah Berusia Sangat Tua!

Mereka sudah ada sejak ratusan juta tahun lalu

Jika buaya dan hiu berjumbai (frilled shark) dianggap sebagai fosil hidup dalam wujud hewan, bagaimana dengan tanaman? Ternyata, ada beberapa spesies tanaman yang sudah hadir sejak ratusan tahun silam.

Melansir Oldest, hampir semua tanaman di daftar ini merupakan satu-satunya spesies yang tersisa dalam genus, famili, bahkan ordonya. Tak perlu berlama-lama, gulirkan layarmu ke bawah jika penasaran!

1. Water caltrop

Tak Disangka, 7 Tanaman Ini Sudah Berusia Sangat Tua!ilustrasi tanaman water caltrop (instagram.com/foodjoy.canada)

Jangan salah sangka, ini bukan tanduk Baphomet, melainkan water caltrop! Tanaman air terapung ini punya banyak julukan, seperti devil pod, buffalo nut, ling nut, bat nut, mustache nut, ling kio nut, singhada, dan lin kok.

Bentuk buahnya yang unik membuat water caltrop mudah dikenali. Buahnya mengandung biji yang bisa dimakan. Mengutip Oldest, fosil water caltrop tertua diperkirakan berasal dari zaman Kapur, sekitar 66-145 juta tahun yang lalu.

Di Amerika Utara, water caltrop dianggap sebagai spesies invasif karena satu hektar tanaman bisa berubah menjadi 100 hektar hanya dalam setahun! Hmm, mirip eceng gondok, ya?

2. Pinus Wollemi

Tak Disangka, 7 Tanaman Ini Sudah Berusia Sangat Tua!ilustrasi pinus Wollemi (instagram.com/iturraran)

Sebelum ditemukan di tahun 1994, keberadaan pinus Wollemi (Wollemia nobilis) hanya diketahui dari catatan fosil. Sebenarnya, Wollemi bukan pinus sejati, namun berkaitan dengan Agathis, tanaman purba lain.

Namanya diambil dari Taman Nasional Wollemi di New South Wales, Australia, tempat tanaman ini pertama ditemukan. Ilmuwan menduga, pinus Wollemi sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu.

Sedihnya, pinus Wollemi sangat terancam punah dan masuk dalam International Union for Conservation of Nature (IUCN Red List). Agar pinus Wollemi tetap hidup, program perbanyakan gencar dilakukan sejak tahun 2006.

3. Cycads

Tak Disangka, 7 Tanaman Ini Sudah Berusia Sangat Tua!ilustrasi tanaman cycads (gardeningknowhow.com/MasaoTaira)

Setidaknya, fosil cycads berasal dari zaman Permian awal, sekitar 280 juta tahun yang lalu. Namun, beberapa ahli menyebut ada fosil yang lebih tua yang berasal dari zaman Karbon, 100 juta tahun sebelum Permian.

FYI, cycads adalah gymnospermae atau tanaman berbiji terbuka. Cycads dikenali dari biji besar berwarna kuning yang tumbuh dari mahkota tanaman. Biasanya, cycads betina menghasilkan biji, sedangkan yang jantan memiliki kerucut yang berisi serbuk sari.

Tak hanya menjadi salah satu tanaman purba, cycads juga hidup sangat lama. Walau pertumbuhannya sangat lambat, cycads bisa hidup hingga 1.000 tahun! Tanaman ini paling banyak dijumpai di Amerika Selatan dan Tengah.

4. Welwitschia

Tak Disangka, 7 Tanaman Ini Sudah Berusia Sangat Tua!ilustrasi tanaman welwitschia (instagram.com/vanderful_adventures)

Tak jauh berbeda dengan tanaman lain dalam daftar ini, welwitschia adalah satu-satunya spesies tersisa dalam ordo, famili, dan genusnya. Tanaman yang menjuntai seolah layu ini berasal dari Gurun Namib di Afrika bagian selatan.

Namanya diambil dari ahli botani dan dokter asal Austria yang bernama Friedrich Welwitsch. Diperkirakan, tanaman welwitschia sudah ada sejak 100-146 juta tahun yang lalu, dilansir Oldest.

Sama seperti cycads, welwitschia adalah tanaman yang berumur panjang. Rata-rata bisa bertahan hingga 500-600 tahun. Namun, spesies tertua diperkirakan berusia 2.000 tahun!