Tulang Titanosaurus Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Prancis

Ini adalah dinosaurus raksasa berleher panjang

Bagaimana perasaanmu jika tidak sengaja menemukan tulang dinosaurus saat sedang berjalan-jalan dengan anjing peliharaanmu? Itulah yang dialami oleh Damien Boschetto, laki-laki berusia 25 tahun asal Prancis.

Tak tanggung-tanggung, yang ditemukan adalah tulang Titanosaurus, salah satu dinosaurus terbesar yang pernah ada! Mau tahu kisah lengkapnya?

1. Titanosaurus adalah sejenis sauropoda

Dilansir Britannica, Titanosaurus adalah sejenis sauropoda yang hidup di Zaman Jurassic Akhir (163,5–145 juta tahun lalu) hingga akhir Zaman Kapur (145–66 juta tahun lalu).

Sauropoda ditandai dengan ukurannya yang besar, berjalan dengan empat kaki, memiliki leher dan ekor yang panjang namun kepalanya kecil, dan memakan tumbuhan (herbivora).

Titanosaurus terbesar diperkirakan panjangnya 37 meter dengan tinggi 15,2 meter dan berat 69 ton. Bandingkan dengan gajah semak Afrika (hewan darat terbesar di dunia saat ini) yang tingginya “hanya” 3 meter dengan berat 6 ton.

2. Tulang tersebut ditemukan di hutan di Montouliers, Prancis

Tulang Titanosaurus Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Prancisilustrasi replika kerangka Titanosaurus (commons.wikimedia.org/Dornicke)

Damien Boschetto menemukan tulang Titanosaurus saat sedang berjalan-jalan dengan anjingnya di hutan di Kota Montouliers, Prancis. Kemudian, ia melaporkan temuannya kepada peneliti di Cultural, Archaeological, and Paleontological Association di Kota Cruzy.

“Itu terjadi pada suatu pagi saat berjalan-jalan biasa. Ketika itu, tanah longsor di tepi tebing memperlihatkan tulang-belulang,” ungkap Damien kepada media lokal France Bleu.

Setelah dilakukan penggalian, fosil tersebut tidak lengkap seutuhnya, melainkan hanya 70 persen. Sebenarnya, tulang ini ditemukan dua tahun lalu, tetapi dirahasiakan karena ahli paleontologi khawatir dirusak atau dicuri orang.

3. Kini, fosil tersebut disimpan di salah satu museum di Cruzy

Setelah proses ekstraksi, fosil tersebut dibawa ke salah satu museum di Kota Cruzy untuk dipelajari lebih dalam sebelum akhirnya dipajang. Harus diakui, daerah di sekitar Cruzy kaya akan fosil dinosaurus dan hewan lain yang hidup di waktu yang sama.

Penemuan ini mengubah hidup Damien. Mengutip Newsweek, ia berhenti dari pekerjaannya di sektor energi dan berencana meraih gelar master di bidang paleontologi.