Comscore Tracker

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerika

Walaupun dari Amerika, hama ini bisa tumbuh di Indonesia

Kutu putih yang dikenal sebagai kutu kebul, merupakan hama bagi tanaman. Kutu putih biasanya ditemukan di bagian bawah daun dan menghisap getah dari tanaman yang ia tinggali. Fakta-fakta di bawah in akan mengupas lebih jauh seputar kutu putih. Dilansir dari berbagai sumber, yuk simak!

1. Meyebabkan dedaunan rusak dan berguguran

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerikamissouribotanicalgarden.org

Hal ini dapat dikarenakan kutu satu ini membawa virus. Virus itu adalah mosaic kuning atau virus Gemini yang menular dan merusak dedaunan.

2. Memakan nutrisi tumbuhan

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerikaindependent.co.uk

Layaknya hama, si kutu ini akan memakan makanan tumbuhan yang dihinggapinya. Akibatnya nutrisi tumbuhan akan berkurang dan menyebabkan kematian.

3. Menghasilkan zat lengket/sekresi

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerikaplanetsave.com

Saat hewan ini sudah berkembang biak di suatu tumbuhan, ia akan menghasilkan zat lengket/sekresi yang lebih dikenal dengan embun madu yang tertinggal di inang tumbuhan. Embun madu akan memicu tumbuhnya jamur jelaga, yang mengurangi kemampuan tanaman untuk menyerap cahaya matahari. Pertumbuhan tanaman akan terhambat, hasil panen sedikit dan kualitasnya memburuk.

4. Merubah struktur morfologi tumbuhuan

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerikaplantsinabox.com.au

Cara kutu putih menyerang tanaman adalah dengan menghisap cairan pada bagian daun dan pucuk tanaman. Hasil yang ditimbulkan daun akan mengerut dan pucuk tanaman menjadi kerdil.

Baca Juga: 10 Hewan Paling Setia di Dunia, Bahkan Mengalahkan Kesetiaan Manusia!

5. Menyebabkan rasa gatal pada kulit

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerikamycomputerhardware.net

Selain berbahaya bagi tumbuhan, hama ini juga berbahaya bagi manusia. Jika terkena kutu putih kalian akan merasakan gatal. Jadi hati-hati jika melihat tanaman yang terserang hama jenis ini.

6. Mobilitas yang tinggi

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerikaalmanac.com

Kemampuan dari hama ini adalah dapat terbang yang memudahkannya untuk berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain dengan cepat. Hal ini berbanding lurus dengan kemudahannya dalam merusak tanaman yang lain.

7. Memiliki hubungan khusus dengan semut

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerikaants.com

Hubungan ini dapat bersifat mutualisme dan predatisme. Hubungan predatisme, terjadi apabila pelakunya adalah semut primitif. Sedangkan hubungan mutualismenya, semut melindungi kutu putih dari musuh alaminya, cuaca buruk dan membantu penyebaran. Sebagai imbalan, semut akan mendapatkan embun madu.

8. Merusak buah tanaman

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerikawoodlandfoods.com

Hama ini tidak hanya menyerang daun maupun batang tanaman. Kutu putih menyerang bagian buahnya juga. Jika si buah diserang, maka bentuk buah menjadi abnormal.

9. Semua keturunannya betina

Kenal Lebih Dekat dengan Kutu Putih, 9 Fakta Unik Si Hama dari Amerikafloridagardener.com

Sifat dari hama ini adalah partenogenetik telitoki, yaitu keturunan yang dihasilkan berupa betina. Dalam kondisi optimal, satu betina akan menghasilkan 200-600 keturunan.

Nah, itu tadi seputar fakta dari kutu putih. Upaya membasmi kutu ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida bahan aktif imidaloprid, asetamiprid, lamda sihalotrin dan klorpirifos.

Baca Juga: Bukan Mamalia, 7 Hewan Unik Ini Terbukti Juga Menyusui Anaknya Lho!

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You