Comscore Tracker

6 Hewan yang Memiliki Kemampuan Magnetoreception. Apa Saja, ya? 

Salah satunya adalah ikan salmon

Hai, Guys! Tahukah kalian apa itu magnetoreception? Magnetoreception adalah kemampuan yang dimiliki suatu organisme untuk dapat merasakan medan magnet di sekitarnya. Kemampuan khusus ini lebih sering dijumpai pada hewan ketimbang organisme lainnya. Lantas hewan apa saja yang memiliki kemampuan tersebut? Simak artikel berikut ini, ya!  

1. Penyu

6 Hewan yang Memiliki Kemampuan Magnetoreception. Apa Saja, ya? unsplash.com/Dustin Haney

Dikutip dari National Geographics, penyu atau yang bisa disebut juga kura-kura laut adalah salah satu hewan yang mempunyai kemampuan mendeteksi medan magnet. Penyu menggunakan medan magnet bumi sebagai penujuk arah saat mereka melakukan migrasi. Dengan begitu, mereka bisa menuju arah yang benar dengan menentukan garis lintang dan garis bujur bumi.

2. Lalat Buah

6 Hewan yang Memiliki Kemampuan Magnetoreception. Apa Saja, ya? pexels.com/Egor Kamelev

Berdasarkan penelitian yang dilakukan beberapa ilmuwan di Cina, hewan yang satu ini juga memiliki kemampuan mendeteksi medan magnet. Mereka menyaring genom lalat buah (Bactrocera sp.) dan menemukan gumpalan protein (cryptochromes) yang mereka yakini sebagai sensor magnet. Mereka juga berterori bahwa gumpalan ini dapat menggunakan efek kuantum untuk memperkuat magnet menjadi sinyal yang dapat dibaca oleh otak hewan.

3. Lobster Duri 

6 Hewan yang Memiliki Kemampuan Magnetoreception. Apa Saja, ya? pexels.com/Ellie Burgin

Menurut seorang peneliti bernama Kenneth J. Lohmann, lobster duri mampu memanfaatkan medan magnet bumi untuk bermigrasi. Lohmann melakukan penelitian dengan menempatkan hewan tersebut kedalam bak air yang dapat diatur medan magnetnya. Hasil penelitiannya pun menunjukan bahwa lobster duri selalu berusaha untuk tetap bergerak menuju kutub utara setiap kali medan magnetnya diubah.

4. Ikan Salmon

6 Hewan yang Memiliki Kemampuan Magnetoreception. Apa Saja, ya? unsplash.com/Marcos Paulo Prado

Ikan salmon adalah ikan anadromous. Jenis ikan ini akan kembali ke tempat mereka lahir setelah bertualang mengarungi lautan. Berdasarkan sebuah penelitian, diketahui bahwa ikan salmon yang melewati Sungai Fraser di Kanada dapat kembali lagi setelah dua tahun mengarungi Samudera Pasifik. Hal ini dikarenakan Sungai Fraser memiliki medan magnet khusus yang dapat dideteksi oleh ikan salmon.

5. Burung Merpati

6 Hewan yang Memiliki Kemampuan Magnetoreception. Apa Saja, ya? unsplash.com/Ronan Furuta

Burung merpati atau yang biasa disebut burung dara menggunakan medan magnet bumi sebagai penunjuk arah pulang. Hal ini berdasar pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Comel pada tahun 1974 yang memasang magnet di kepala burung merpati. Ternyata, setelah dipasang magnet pada kepalanya, burung merpati mendadak lost direction dan tidak tahu jalan pulang.

6. Mole Rat

6 Hewan yang Memiliki Kemampuan Magnetoreception. Apa Saja, ya? unsplash.com/ahmad kanbar

Tikus Mol atau yang sering disebut tikus telanjang ini adalah tikus yang berasal dari benua Afrika, lebih tepatnya Afrika bagian Timur. Dilansir Kumparan, tikus mol dewasa mempunyai ‘ilmu’ kebal terhadap rasa sakit dan penyakit kanker. Bahkan, tikus ini dapat bertahan 18 menit tanpa oksigen.

Seperti kebanyakan tikus pada umumnya, tikus mol memiliki penglihatan yang buruk. Mereka menghabiskan sebagian besar hari mereka dengan menggali terowongan bawah tanah. Mereka mengandalkan indera penciuman dan perasa untuk berpergian dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Tetapi, studi baru-baru ini  menunjukan bahwa mereka tidak hanya mengandalkan penciuman dan perasa tetapi juga menggunakan medan magnet  saat mereka ingin berpergian lebih jauh.

Nah Guys, sesudah membaca aritkel di atas, pasti kalian sudah tahu hewan apa saja yang memiliki kemampuan magnetoreception atau mampu merasakan medan magnet di sekitarnya. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan kalian khususnya di dunia hewan, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Wombat, Hewan Berkantong Terbalik dari Benua Australia

NR W Photo Writer NR W

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya