Menjawab 4 Pertanyaan Tentang Tidur Siang

Kunci meningkatkan fokus dan keseimbangan hidup

Tidur siang sering kali diabaikan dalam rutinitas harian kita, namun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan produktivitas. Aktivitas ini sering dianggap sebagai waktu istirahat tambahan di tengah hari yang padat, tetapi khasiatnya lebih dari sekadar itu. Tidur siang telah lama menjadi bagian dari budaya di berbagai negara, dianggap sebagai cara untuk mengembalikan energi dan meningkatkan kinerja mental serta fisik. Dalam kesibukan zaman modern, menghidupkan kembali kebiasaan ini bisa menjadi kunci untuk meningkatkan fokus dan keseimbangan hidup yang lebih baik.

Tingkat stres dan tuntutan pekerjaan yang semakin meningkat seringkali membuat tidur siang dianggap sebagai hal mewah atau waktu yang terbuang. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa waktu istirahat ini memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kesehatan mental dan fisik kita. Sebuah jeda singkat untuk tidur siang dapat meningkatkan daya ingat, kreativitas, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Dengan memahami manfaat luar biasa dari tidur siang, kita bisa mengubah pandangan tentang kebiasaan ini menjadi investasi berharga untuk kesehatan dan kinerja sehari-hari.

1. Mengapa dianjurkan untuk tidur siang?

Menjawab 4 Pertanyaan Tentang Tidur Siangilustrasi tidur siang (freepik.com/wavebreakmedia_micro)

Tidur siang menjadi penting karena memberikan kesempatan bagi tubuh dan otak untuk beristirahat dan memulihkan energi di tengah aktivitas yang padat sepanjang hari. Tidur siang dalam rentang waktu yang singkat, kira-kira 10 hingga 30 menit, dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan kinerja kognitif, dan mengurangi kelelahan. Ini membantu otak untuk memproses informasi yang diterima selama periode terjaga, sehingga memungkinkan seseorang untuk lebih fokus dan produktif setelah bangun dari tidur siang.

Selain itu, tidur siang juga terbukti dapat membantu dalam mengatur tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, serta meningkatkan mood dan kesejahteraan mental. Istirahat sebentar di siang hari dapat membantu mengurangi tingkat stres yang diakumulasi, sehingga memengaruhi secara positif sistem kekebalan tubuh. Dengan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk bersantai, tidur siang dapat menjadi bagian penting dari rutinitas kesehatan yang menyeluruh.

2. Berapa lama waktu yang dianjurkan untuk tidur siang?

Menjawab 4 Pertanyaan Tentang Tidur Siangilustrasi tidur siang (pexels.com/cottonbro studio)

Secara umum, waktu yang dianjurkan untuk tidur siang berkisar antara 10 hingga 30 menit. Durasi tidur siang yang singkat ini dianggap optimal untuk memberikan manfaat tanpa memasuki tahap tidur yang dalam, yang dapat membuat seseorang merasa lebih lelah setelah bangun. Para ilmuwan telah melakukan berbagai penelitian untuk mengungkap manfaat durasi tidur siang yang tepat. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Sleep tahun 2015 menunjukkan bahwa tidur siang selama 10 hingga 20 menit dapat meningkatkan kinerja kognitif, kecerdasan, dan mood pada orang dewasa muda.

Sementara itu, penelitian lain dari National Sleep Foundation merekomendasikan tidur siang selama 20 hingga 30 menit untuk membantu mengembalikan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Durasi ini diklaim dapat mengurangi kelelahan serta meningkatkan fokus dan kinerja saat melanjutkan aktivitas setelah bangun dari tidur siang. Meskipun rekomendasi durasi tidur siang bisa bervariasi, kebanyakan penelitian menegaskan bahwa tidur siang dalam jangka waktu singkat, sekitar 10 hingga 30 menit, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kewaspadaan, fokus, dan kinerja kognitif.

Baca Juga: 5 Tips Membujuk Anak yang Susah Tidur Siang, Harus Dibiasakan!

3. Apa manfaat dari tidur siang?

Menjawab 4 Pertanyaan Tentang Tidur Siangilustrasi tidur siang (pexels.com/Nguyen Huy)

Tidur siang merupakan kesempatan yang berharga bagi tubuh untuk memperoleh kembali energi dan memperbaiki fungsi-fungsi penting. Salah satu manfaat utamanya adalah meningkatkan kinerja kognitif. Dengan tidur siang yang cukup, seseorang dapat meningkatkan daya ingat, fokus, dan konsentrasi, yang semuanya penting dalam menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari. Selain itu, tidur siang juga membantu mengurangi kelelahan yang terkumpul sepanjang hari, yang dapat berdampak negatif pada mood dan kesehatan mental. Ini mengakibatkan peningkatan kesejahteraan umum dan produktivitas yang lebih baik pada aktivitas selanjutnya setelah bangun dari tidur siang.

Manfaat lainnya adalah efek positifnya terhadap kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Tidur siang yang teratur telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan pengendalian hormon stres, yang secara keseluruhan membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, dengan mengurangi tingkat stres, tidur siang dapat memberikan dukungan pada sistem kekebalan tubuh, memperkuat pertahanan tubuh terhadap penyakit. Dengan demikian, tidur siang bukan hanya istirahat tambahan di tengah hari yang padat, tetapi juga merupakan investasi penting bagi kesehatan dan kinerja yang optimal.

4. Apakah dampak negatif dari tidur siang?

Menjawab 4 Pertanyaan Tentang Tidur Siangilustrasi tidur siang (unsplash.com/Elvis Bekmanis)

Secara umum, tidur siang yang terencana dan dalam durasi yang sesuai tidak memiliki dampak buruk yang signifikan pada kebanyakan orang. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait tidur siang yang berlebihan atau tidak teratur. Tidur siang yang terlalu panjang atau terlalu mendalam dapat memengaruhi pola tidur malam, menyebabkan sulit tidur di malam hari atau mengganggu ritme tidur alami seseorang. Ini bisa mengakibatkan masalah tidur jangka panjang seperti insomnia. Selain itu, bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu seperti sleep apnea atau gangguan tidur lainnya, tidur siang yang berlebihan dapat memperburuk kondisi mereka.

Selain dampak pada pola tidur, tidur siang yang terlalu lama juga bisa membuat seseorang merasa lebih lelah atau mengantuk setelah bangun, yang dikenal sebagai "sleep inertia". Ini terjadi ketika seseorang terbangun dari tidur siang dalam tahap tidur yang dalam, sehingga butuh waktu lebih lama untuk pulih sepenuhnya dan merasa segar. Namun, penting untuk diingat bahwa dampak buruk ini tidak umum terjadi pada setiap individu. Sebagian besar orang dapat menikmati manfaat tidur siang tanpa mengalami dampak negatif, terutama jika tidur siang dilakukan dalam durasi yang sesuai dan dalam kondisi yang mendukung tidur berkualitas.

Tidur siang, sering diabaikan, sebenarnya memiliki dampak besar bagi kesehatan dan produktivitas. Dengan manfaatnya dalam meningkatkan kinerja kognitif, memulihkan energi, serta mendukung kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh, tidur siang merupakan waktu istirahat yang bernilai. Menyadari manfaat besar dari istirahat singkat ini membantu kita menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat, sambil meraih potensi maksimal dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Kamar Tidur Harum, Bikin Betah dan Tidur Nyeyak 

Novriadi S Photo Writer Novriadi S

Hanya seorang newbie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya