Comscore Tracker

7 Tragedi Kecelakaan Kapal Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, Merinding

Ratusan hingga ribuan nyawa terenggut

Kecelakaan memang menjadi momok mengerikan yang sangat mungkin terjadi di mana pun. Kehati-hatian dan kejelian sangat diperlukan untuk menghindari hal tersebut terjadi. Dalam sejarahnya, sedikitnya ada 7 kecelakaan maritim yang menghebohkan dunia.

Berbagai penyebab terungkap menjadi alasan kecelakaan tersebut terjadi. Mulai dari kecerobohan hingga ketidaksiapan kru kapal dalam menghadapi kondisi darurat membuat ratusan hingga ribuan nyawa melayang. Berikut 7 kecelakaan kapal dengan jumlah korban terbesar sepanjang sejarah.

1. MV Wilhelm Gustloff

7 Tragedi Kecelakaan Kapal Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, Merindingnpr.org

Setelah tertembak 3 peluru terpedo di laut Baltik tahun 1945, MV Wilhelm Gustloff akhirnya tenggelam dengan menewaskan kurang lebih 9.400 jiwa. Kapal Jerman ini awalnya digunakan untuk mengevakuasi warga sipil, pasukan militer, serta para petinggi NAZI yang saat itu sedang di kepung oleh pasukan Rusia.

Naasnya, kapal tersebut akhirnya tenggelam dalam waktu 45 menit. Kecelakaan kapal ini dicatat sebagai kecelakaan kapal dengan jumlah korban paling banyak sepanjang sejarah.

2. MV Dona Paz

7 Tragedi Kecelakaan Kapal Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, Merindingelitereaders.com

Kapal feri ini terbakar dan tenggelam setelah bertabrakan dengan MT Vektor pada tahun 1987. Sedikitnya 4. 375 orang menjadi korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Kejadian yang terjadi pukul 2 dini hari ini menjadi salah satu tragedi kecelakaan kapal yang mengerikan yang pernah ada.

Sebagian besar penumpangnya sedang tidur saat itu, sehingga tak sempat menyelamatkan diri mereka. Terkuncinya pelampung yang telah disediakan di kapal pun menjadi salah satu penyebab banyaknya penumpang yang menjadi korban.

Para penumpang yang akhirnya memilih terjun ke laut pun tidak bisa menyelamatkan diri mereka dikarenakan kondisi laut yang dingin dan banyaknya ikan hiu di sana.

Baca Juga: 8 Miskonsepsi Perang Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Apa Saja?

3. Steamboat SS Sultana

7 Tragedi Kecelakaan Kapal Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, Merindingwerehistory.org

Kapal uap asal Amerika ini tenggelam setelah tiga dari empat boilernya meledak pada 1865 di Cincinnati. Dari 2.300 penumpang, diperkirakan hanya 600 orang yang selamat.

Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata tiga boiler yang meledak itu mengalami kebocoran. Selain itu, kelebihan muatan diduga ikut menjadi penyebab tenggelamnya kapal uap ini.

4. RMS Titanic

7 Tragedi Kecelakaan Kapal Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, Merindingmaritime-executive.com

Tragedi kecelakaan RMS Titanic merupakan tragedi yang paling terkenal di dunia. Kapal penumpang milik Inggris ini tenggelam setelah menghantam gunung es di Laut Atlantik Utara. Korban meninggal kala itu mencapai 1.514 jiwa.

Padahal sebelumnya, kapal ini diprediksi akan tetap terapung selama dua hari meskipun telah menabrak gunung es. Namun setelah diselidiki, ternyata cacatnya desain dan kegagalan material kapal yang luput dari pengawasan menjadikan fraktur baja rapuh dan kapal pun tenggelam.

5. SS Mont Blanc

7 Tragedi Kecelakaan Kapal Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, Merindingwashingtonpost.com

Kapal bermuatan bahan peledak milik Prancis ini meledak usai bertabrakan dengan kapal SS Imo asal Norwegia pada 1917. Kapal ini kemudian meledak dan membuat seluruh bangunan di pinggir kota Halifax hancur. Korban tewas diperkirakan sejumlah 2.000 orang yang terdiri dari penumpang kapal dan penduduk sekitar.

Meledaknya kapal SS Mont Blanc ini juga menimbulkan gelombang tsunami di wilayah sekitar pada malam saat kejadian itu berlangsung. Bahkan ledakannya menyebabkan seluruh kaca gedung yang berjarak 95 km pecah. Tragedi ini menjadi tragedi ledakan paling besar sebelum bom di Hiroshima dan Nagasaki terjadi.

6. SS Arctic

7 Tragedi Kecelakaan Kapal Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, Merindingseanmunger.com

Kapal mewah ini tenggelam karena kerusakan parah setelah menabrak kapal kecil yaitu kapal uap Vesta di Newfoundland pada 1854. Kabut tebal yang muncul tiba-tiba juga jadi penyebab kecelakaan ini terjadi. Dari 400 penumpang, hanya 80 orang yang selamat. Korban terbanyak adalah wanita dan anak-anak.

Kecelakaan ini menjadi tragedi yang memilukan. Pasalnya setelah menabrak kapal Vesta, kapten kapal SS Arctic berusaha kabur dan tidak menyadari bahwa kapalnyalah yang mengalami kerusakan lebih parah.

Perang untung bertahan hidup pun tak terelakkan. Para kru kapal yang menyadari kapal akan tenggelam berusaha menyelamatkan diri sendiri dengan merampas sekoci milik para penumpang wanita dan anak-anak. Sampai pada saat mereka di daratan, mereka dikritik habis-habisan namun tak mendapatkan hukuman apa pun hingga sekarang.

7. MV Sewol

7 Tragedi Kecelakaan Kapal Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, Merindingbbc.com

Tahun 2014 lalu, kapal Sewol yang membawa 476 penumpang dengan sebagian murid Danwon High School, akan berlayar menuju Pulau Jeju. Awalnya kapal ini akan mengantar para siswa untuk berdarmawisata dari Pulau Incheon. Tapi, kapal ini tiba tiba berbelok tajam dan terjungkir hingga akhirnya tenggelam di lepas pantai Pulau Jindo.

Sebanyak 302 orang tewas mengenaskan dengan sebagian di antara mereka terjebak di kabin-kabin kapal. Kapten kapal pun akhirnya dijadikan tersangka atas tragedi kecelakaan tersebut. Ia dinyatakan bersalah karena meninggalkan kemudi kapal dan juga memberikan instruksi yang salah kepada para korban.

Diketahui bahwa kapten kapal tersebut menyuruh para siswa untuk tetap berada di kabin dan mengenakan pelampung sembari menunggu pertolongan. Sedangkan dirinya sendiri melompat dari kapal dan berhasil selamat. Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata semua korban selamat adalah mereka yang lompat dari kapal.

Itu tadi beberapa tragedi kecelakaan kapal paling mengerikan yang pernah terjadi. Semoga ke depannya tidak ada lagi tragedi mengerikan serupa.

Baca Juga: Menakjubkan tapi Mengerikan, Inilah 5 Perairan Terbahaya di Dunia 

Nuna Ismail Photo Writer Nuna Ismail

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya