5 Bencana di Bumi yang Juga Terjadi di Ruang Angkasa

Dari banjir hingga gempa

Ruang angkasa memiliki banyak misteri yang menarik untuk dipecahkan. Sedikit demi sedikit, para ilmuwan telah mengungkap beberapa misteri yang terjadi di beberapa objek ruang angkasa, mulai dari planet, satelit, hingga fenomena misterius lainnya. Dalam puluhan tahun ini, para ilmuwan berhasil menemukan fakta bahwa bencana alam juga terjadi di ruang angkasa.

Sama halnya dengan Bumi, beberapa planet dan objek antariksa lainnya juga bisa mengalami bencana. Akan tetapi, bencana-bencana yang terjadi di ruang angkasa terbilang lebih ekstrem daripada di Bumi. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi iklim dan partikel-partikel yang membentuknya. Penasaran apa saja? Berikut lima bencana di Bumi yang juga terjadi di ruang angkasa.

1. Gempa

5 Bencana di Bumi yang Juga Terjadi di Ruang Angkasailustrasi Bulan (pexels.com/Sarowar Hussain)

Siapa bilang gempa hanya terjadi di Bumi? Faktanya, aktivitas seismik juga terjadi di ruang angkasa. Pada 1970-an, saat misi Apollo berlangsung, para ilmuwan menemukan bahwa gempa juga terjadi di Bulan. Saat itu, astronaut yang tergabung dalam misi Apollo menempatkan sejumlah alat pendeteksi gempa atau seismometer di permukaan Bulan. Hasilnya, lebih dari 12 ribu guncangan terekam di Bulan hingga 1977.

Kemudian, gempa juga terjadi di Planet Mars. Mengutip dari NASA JPL Caltech, gempa pertama terdeteksi dan terkonfirmasi di Mars pada 2019. Saat itu, robot InSight yang dilengkapi seismometer mendeteksi adanya guncangan yang berasal dari dalam permukaan Planet Merah. Hingga 2022, InSight mencatat lebih dari 1.300 gempa terekam di Planet Merah.

2. Badai

5 Bencana di Bumi yang Juga Terjadi di Ruang Angkasailustrasi badai (pixabay.com/FellixMittermeier)

Mengutip dari BBC Sky at Night Magazine, setiap planet yang memiliki atmosfer dan cuaca pasti mengalami bencana badai. Akan tetapi, jenis badai tersebut berbeda-beda di setiap planet. Badai yang terjadi di Bumi tidak sama dengan badai yang terjadi di planet-planet tetangga.

Dilansir Space, badai dengan kekuatan besar sering terjadi di Jupiter dan Saturnus. Ilmuwan atmosfer dari California Institute of Technology, Andrew Ingersoll, mengatakan bahwa badai di dua planet itu kerap disertai kilat dan guntur yang mengerikan. Tentunya, badai yang terjadi di Jupiter dan Saturnus berkali-kali lipat lebih besar daripada badai yang terjadi di Bumi.