Comscore Tracker

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjang

Ada hewan yang memiliki tiga mata, lho!

Mata adalah salah satu bagian tubuh terpenting bagi banyak hewan. Banyak hewan yang mengandalkan indra penglihatannya untuk beraktivitas. Mata berbagai jenis hewan tentu punya fungsi yang sama, yaitu menerima cahaya sehingga hewan bisa melihat keadaan sekelilingnya.

Tapi meski fungsinya sama, penampakan mata hewan sangat beragam. Ini dia 10 potret yang akan menunjukkan bahwa keanekaragaman mata di dunia hewan sangat luar biasa.

1. Besar banget ya matanya! Hewan ini bernama tarsius, dan mereka memang terkenal dengan ukuran matanya yang luar biasa 

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjangbritannica.com

Laman New Scientist menyebut bahwa mata tarsius sangat besar dibanding ukuran tubuhnya. Diameter matanya mencapai 1,5 cm, padahal panjang tubuh mereka hanya 12 cm. Ukuran matanya itu bahkan hampir menyamai mata orang utan, yang tubuhnya berukuran jauh lebih besar.

2. Kamuflase tokek setan ekor daun memang luar biasa, bahkan mata mereka pun memiliki warna dan corak seperti daun kering 

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjangreptiledirect.com

Tokek setan ekor daun (Uroplatus phantasticus) adalah tokek endemik Madagaskar. Selain karena kamuflase yang menakjubkan, tokek ini sangat sulit terlihat karena ukurannya yang kecil, dengan panjang hanya mencapai 9 cm.

3. Masih ingat fungsi pupil pada mata? Itu terlihat jelas dari dua foto mata kucing di bawah ini 

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjangcheezburger.com

Pada saat berada di lingkungan yang terang, pupil mata akan mengecil untuk membatasi cahaya yang masuk. Sedangkan di lingkungan yang gelap, pupil mata akan membesar supaya sebanyak mungkin cahaya masuk ke mata. Perbedaannya mungkin tidak terlalu terlihat pada mata manusia, tapi pada mata kucing, jelas banget ya perubahannya!

4. Pernahkah kamu memperhatikan bahwa kambing memiliki pupil mata yang berbentuk persegi panjang horizontal? 

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjanglabroots.com

Laman Mentalfloss menyebut bahwa bentuk pupil tersebut memungkinkan kambing memiliki sudut pandang panoramik, sehingga mereka bisa melihat ke hampir segala arah di sekelilingnya. Kemampuan itu sangat penting untuk membantu mereka selalu waspada pada keadaan sekeliling kalau-kalau ada predator yang mengintai.

5. Sementara bentuk pupil mata sotong malah lebih aneh lagi, yaitu seperti huruf W 

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjangsi.edu

Bentuk pupil yang unik itu bukan tanpa alasan. Sotong hidup di dalam laut, dimana intensitas cahaya bisa bervariasi tergantung kedalaman. Namun pupil sotong bisa mengatur distribusi cahaya yang masuk ke retina mereka. Maka meskipun intensitas cahaya di dalam laut tidak sama, sotong bisa melihat keadaan sekitar mereka dengan jelas.

Baca Juga: 10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albino

6. Beberapa hewan memiliki lebih dari dua mata, misalnya laba-laba yang memiliki delapan mata 

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjangowlcation.com

Laman ABC menjelaskan bahwa dua mata utama laba-laba di bagian depan berfungsi untuk melihat gambar berwarna. Sementara mata di bagian samping berfungsi untuk mendeteksi pergerakan di sekitarnya. Laba-laba butuh mata di bagian samping kepalanya karena mereka gak punya leher sehingga gak bisa menengok ke samping.

7. Iguana ekor duri madagaskar ini memiliki tiga mata, bisakah kamu lihat mata ketiga di atas kepalanya?

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjangeol.org

Sesuai namanya, iguana ekor duri madagaskar (Oplurus cuvieri) adalah hewan endemik Madagaskar. Corak pada iguana ini membantunya berkamuflase saat hinggap di batang pohon. Iguana ini bukan satu-satunya reptil yang memiliki kata ketiga, yang berfungsi sebagai 'kompas' guna menentukan arah dengan bantuan sinar matahari.

8. Coba lihat tatapan mata yang tajam dari elang ini. Keren banget ya kelihatannya! 

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjangmentalfloss.com

Elang adalah salah satu hewan dengan penglihatan tertajam di dunia. Laman All About Eyes menyebut bahwa penglihatan elang sekitar 8 kali lebih hebat dari manusia, sehingga mereka bisa melihat mangsa dengan jelas dari jarak 3,2 km. Mereka juga bisa mengalihkan fokus dengan jelas, sehingga seolah melakukan zoom in pada titik manapun yang mereka ingin lihat.

9. Mata burung sekretaris tampak sangat indah karena dihiasi bulu mata yang lentik. Cantik ya! 

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjanggtgoodtimes.com

Meski tampak cantik, burung sekretaris (Sagittarius serpentarius) adalah predator yang ganas. Makanan utama mereka adalah ular, dan mereka membunuh mangsanya dengan cara yang terbilang sadis: menginjak-injaknya! Burung yang mencapai tinggi 1,2 meter ini bisa terbang, tapi mereka hanya akan terbang jika benar-benar diperlukan.

10. Sebaliknya, mata hatchetfish ini tampak mengerikan seperti alien, ya! 

10 Potret Unik Mata Hewan, Ada yang Berbentuk Persegi Panjanghatchetfish

Hacthetfish alias ikan kapak mendapatkan namanya karena bentuk tubuh mereka seperti kapak. Ikan dari famili Sternoptychidae ini adalah penghuni laut dalam, dengan kedalaman hingga 1.000 meter. Menurut laman Seasky, mata hatchetfish besar dan menonjol ke atas supaya mereka bisa melihat makanan yang jatuh dari atas di kedalaman laut yang gelap.

Itulah 10 potret mata berbagai jenis hewan dengan keunikannya masing-masing. Mata hewan apa yang paling keren menurutmu?

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya