Comscore Tracker

5 Hewan yang Menarik Perhatian Betina dengan Cara Menjijikkan, Iyuh!

Ada yang menggunakan kotoran!

Untuk bisa mendapatkan pasangan, umumnya kita akan berusaha menarik perhatian lawan jenis dengan berbagai cara. Misalnya dengan memoles penampilan, mengeluarkan kata-kata manis, atau memberikan hadiah kecil nan romantis. Entah kamu cowok atau cewek, kamu pasti pernah melakukan hal-hal tersebut supaya lawan jenis tertarik padamu.

Nah, berusaha menarik perhatian lawan jenis bukanlah kebiasaan manusia saja. Hewan pun melakukannya, misalnya dengan menampilkan warna-warna indah atau saling bertarung pamer kekuatan. Tapi ada pula beberapa hewan yang justru menarik perhatian betina dengan cara-cara yang menjijikan bagi kita sebagai manusia. Ini dia lima contohnya.

1. Kuda nil 

5 Hewan yang Menarik Perhatian Betina dengan Cara Menjijikkan, Iyuh!edmontonjournal.com

Bukan hal aneh jika hewan menggunakan kotorannya untuk menandai wilayah. Hal itu dilakukan oleh banyak hewan, termasuk kuda nil. Tapi kuda nil sangat unik karena bukan hanya buang air besar untuk menandai teritorinya, tapi juga untuk menarik perhatian lawan jenis!

Ya, dilansir BBC, kuda nil jantan akan buang kotoran sambil memutar-mutar ekornya sehingga kotorannya terpental ke segala arah. "Pertunjukan" itu bisa menarik perhatian betina, dan betina yang tertarik akan balas mempertontonkan dirinya buang air besar di depan si jantan sebagai tanda bahwa ia siap kawin. Menjijikkan bagi kita, romantis bagi kuda nil!

2. Kondor mesir 

5 Hewan yang Menarik Perhatian Betina dengan Cara Menjijikkan, Iyuh!egyptianstreets.com

Cara yang dilakukan oleh kondor mesir (Neophron percnopterus) untuk menarik perhatian pasangan juga masih berhubungan dengan kotoran, tapi lebih menjijikkan lagi. Kondor ini memiliki warna kuning pada wajahnya. Semakin mencolok warna kuning tersebut, semakin menarik seekor kondor mesir bagi lawan jenisnya.

Nah, cara burung ini mendapatkan warna kuning pada wajahnya adalah dengan makan kotoran! Tepatnya kotoran sapi atau kambing yang mengandung karotenoid alias pigmen warna kuning. Warna kuning mencolok pada wajah kondor ini adalah tanda bahwa tubuh mereka kuat untuk melawan risiko penyakit dari makan kotoran, sehingga itulah yang membuat lawan jenis tertarik.

Baca Juga: 10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!

3. Landak 

5 Hewan yang Menarik Perhatian Betina dengan Cara Menjijikkan, Iyuh!todayifoundout.com

Sementara landak sepertinya lebih tertarik pada urin daripada kotoran. Dilansir Live Science, landak betina yang siap kawin akan mengeluarkan aroma yang memancing para jantan untuk datang. Si betina lalu akan naik ke dahan pohon tinggi, sementara para jantan harus lebih dulu saling bertarung untuk mendapat hak mengawini si betina.

Setelah itu, jantan yang menang harus lebih dulu menstimulasi si betina supaya ia siap kawin dengan cara mengencinginya. Tapi bukan kencing biasa, melainkan tembakan air seni deras sehingga bisa menjangkau si betina yang ada di atas dahan pohon. Jika si betina tertarik, barulah ia akan menurunkan duri-durinya sehingga si jantan bisa mengawininya.

4. Burung sage-grouse besar 

5 Hewan yang Menarik Perhatian Betina dengan Cara Menjijikkan, Iyuh!cornell.edu

Burung sage-grouse besar (Centrocercus urophasianus) adalah sejenis burung darat unik yang masih berkerabat dengan ayam. Burung yang hidup di Amerika Utara ini memiliki keunikan dalam ritual mencari pasangan. Seperti bisa kamu lihat di gambar, burung sage-grouse besar jantan akan berusaha menarik perhatian pasangan dengan cara mengembungkan kantung gularnya.

Kantung gular sendiri adalah semacam kantung yang menempel pada tenggorokan. Selain mengembungkan kantung gularnya, si pejantan juga akan menggoyangkan sayap serta mengeluarkan suara panggilan. Bagi burung betina, pertunjukan tersebut sangat menarik. Tapi bagi kita, geli juga ya melihat burung jantan dengan dua kantung besar di dadanya!

5. Unta dromedari 

5 Hewan yang Menarik Perhatian Betina dengan Cara Menjijikkan, Iyuh!desertsun.com

Melihat gambar di atas, mungkin kamu bertanya-tanya benda apa yang menggantung di mulut unta tersebut. Apakah itu lidah unta yang membengkak? Bukan, itu adalah dulla, sejenis organ dalam miliki unta dromedari (Camelus dromedarius). Dulla hanya dimiliki unta dromedari jantan, dan organ tersebut terletak di tenggorokan dan dapat digembungkan.

Sama seperti burung sage-grouse besar, unta dromedari jantan akan mengembungkan dulla-nya untuk menarik perhatian betina. Selain itu, mereka juga akan menyemprotkan air seni kemana-mana dan memutar-mutar ekornya. Kamu pasti akan jijik melihatnya, tapi pertunjukan itu tampak sangat menggoda bagi unta betina, lho!

Itulah lima hewan yang menarik perhatian betina dengan cara yang aneh, bahkan terkesan menjijikkan. Namun meski menjijikkan, cara-cara tersebut adalah bagian dari keunikan dunia hewan yang luar biasa dan bisa membuat kita kagum!

Baca Juga: Menarik untuk Dipelihara, 12 Hewan Gemas Ini Aslinya Berbahaya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya