Comscore Tracker

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisik

Bisa tebak burung apa yang paling berbahaya di dunia? 

Burung adalah salah satu jenis hewan paling menakjubkan. Hewan yang disebut-sebut sebagai titisan dinosaurus ini terdiri dari begitu banyak ragam spesies. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri dalam hal penampilan maupun kemampuan.

Dari sekian banyak jenis burung, tentu ada beberapa jenis yang menonjol karena predikat
"paling" yang mereka miliki, misalnya paling besar, paling kecil, dan sebagainya. Mau tahu
burung apa saja yang punya predikat tersebut? Ini dia 10 di antaranya.

1. Burung terbesar: burung unta 

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisiktravelafricamag.com

Predikat burung terbesar tentu saja dipegang oleh burung unta (Struthio camelus). Burung
yang hidup di sabana dan gurun Afrika ini bisa tumbuh hingga setinggi 2,75 meter dan bobot hingga 150 kg. Selain itu, mereka juga adalah hewan berkaki dua terbesar di dunia, dengan kecepatan lari mencapai 72 km/jam.

2. Burung terkecil: kolibri lebah 

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisikimgur.com

Sementara gelar burung terkecil di dunia dipegang oleh kolibri lebah (Mellisuga helenae). Laman Guinness Book of World Records mencatat bahwa burung ini hanya memiliki ukuran panjang 5,7 cm dan berat 1,6 gram. Itu dipercaya sebagai batas bobot terendah yang bisa dimiliki hewan berdarah panas.

3. Burung tercepat: falkon peregrin 

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisikphysicsworld.com

Burung tercepat yang juga merupakan hewan tercepat di dunia adalah falkon peregrin (Falco peregrinus). Burung yang juga disebut alap-alap kawah dalam bahasa indonesia ini mampu terbang dengan kecepatan 320 km/jam. Kecepatan tersebut dicapai saat burung ini sedang terbang menukik untuk menangkap mangsanya.

Baca Juga: 5 Fakta Burung Marvellous spatuletail yang Miliki Buntut Cantik

4. Burung dengan bentang sayap terlebar: albatros kelana 

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisikoceanwide-expeditions.com

Albatros kelana alias Diomedea exulans adalah burung dengan bentang sayap terlebar di dunia. Burung laut ini disebut Britannica memiliki lebar sayap mencapai 3,4 meter! Albatros juga terkenal dengan kemampuannya menghemat energi saat terbang, sehingga mereka bisa terbang untuk waktu yang sangat lama dan jarak yang jauh.

5. Burung dengan luas area sayap terbesar: kondor andes 

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisikchimuadventures.com

Kondor andes (Vultur gryphus) adalah salah satu burung penerbang yang paling besar di dunia. Karena berat tubuhnya bisa mencapai 15 kg, mereka butuh sayap yang besar untuk bisa mengangkat tubuhnya ke udara. Maka mereka diperlengkapi dengan sayap terluas di antara semua burung, seperti dilansir dari National Geographic.

6. Burung dengan kemampuan terbang terlama: walet alpine 

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisikbirds.cornell.edu

Sayap besar bukan jaminan bagi burung untuk mampu terbang dalam waktu lama. Maka burung dengan kemampuan terbang terlama justru bukan albatros maupun kondor, tapi burung walet. Laman Audubon melaporkan bahwa burung walet alpine (Tachymarptis melba) bisa terbang hingga tanpa sekalipun mendarat hingga 10 bulan! Luar biasa ya!

7. Burung dengan kemampuan terbang tertinggi: burung bangkai ruppell  

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisikmonaconatureencyclopedia.com

Sementara terbang sangat tinggi pun adalah kemampuan yang hebat, Karena burung harus bertahan dalam suhu dingin dan tipisnya oksigen. Untuk kategori ini, yang jadi juara adalah burung bangkai ruppell (Gyps rueppellii). World Atlas mencatat bahwa burung ini sanggup terbang hingga ketinggian 11,2 kilometer!

8. Burung dengan paruh terbesar: pelikan australia 

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisikaustralianmuseum.net.au

Selain sayap, bagian tubuh khas lain yang dimiliki burung adalah paruh. Burung apakah yang memiliki paruh terbesar di dunia? Ternyata burung pelikan australia (Pelicanus conspicillatus). Paruh mereka bisa mencapai panjang 47 cm. Laman Animalia bahkan menyebut bahwa paruhnya tersebut sanggup menampung hingga 13 liter air!

9. Burung paling berisik: bellbird putih 

https://www.youtube.com/embed/dvK-DujvpSY

Burung juga biasanya terkenal dengan suaranya, entah siulan merdu seperti kenari maupun pekikan keras milik burung elang. Namun bukan elang burung yang memiliki suara paling keras di dunia, melainkan burung bellbird putih (Procnias albus). Suara burung ini mencapai kekuatan 125,4 desibel, alias lebih berisik dari suara konser musik rock!

10. Burung paling berbahaya: kasuari 

10 Burung Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Berisikbuzzfeednews.com

Bukan tanpa alasan jika Guinnesss Book of World Record menobatkan kasuari sebagai burung paling berbahaya. Dengan tinggi maksimal 2 meter dan berat 60 kg, ukuran burung ini sudah cukup mengintimidasi. Apalagi ditambah kaki yang kuat, kuku tajam, dan perangai mereka yang agresif. Kamu harus sangat hati-hati jika bertemu burung ini.

Itulah 10 jenis burung yang memegang rekor dari berbagai kategori. Kalau menurutmu, yang mana yang paling menakjubkan?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik dari Gouldian Finch, Burung Eksotis Asal Australia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya