Comscore Tracker

5 Fakta Arwana, Ikan Pembawa Keberuntungan yang Super Mahal 

Ternyata mereka orang tua yang baik lho 

Arwana adalah jenis ikan yang cukup familier bagi orang Indonesia. Banyak orang senang memelihara ikan ini, dan banyak pula yang tidak memelihara tapi senang mengamati mereka. Ukurannya yang besar, warnanya yang indah, maupun makanannya yang tidak biasa memang membuat ikan arwana unik dibanding ikan lain.

Kamu pasti juga tahu ikan arwana, bukan? Tapi mungkin kamu belum tahu beberapa fakta menarik tentang ikan yang unik ini. Inilah 5 fakta di antaranya. Check it out!

1. Terdiri dari beberapa spesies 

5 Fakta Arwana, Ikan Pembawa Keberuntungan yang Super Mahal thelivingplanet.com

Arwana adalah sebutan umum untuk ikan air tawar dari famili Osteoglossidae. Mereka terdiri dari beberapa spesies yang tersebar di wilayah berbeda. Spesies yang terkenal misalnya arwana silver yang hidup di Sungai Amazon, arwana hijau dari Asia, serta arwana merah yang berasal dari Sungai Kapuas di Indonesia.

Ciri khas arwana adalah bagian moncong yang menghadap ke atas serta tubuhnya yang memanjang, bisa mencapai panjang 1,2 meter. Mereka juga punya keunikan berupa tulang di bagian bawah mulutnya, sehingga kerap disebut bony tongue alias lidah bertulang. Dan tidak seperti kebanyakan ikan, arwana mampu mengambil oksigen langsung dari udara.

2. Pemakan segala yang mampu melompat dari air 

5 Fakta Arwana, Ikan Pembawa Keberuntungan yang Super Mahal researchgate.net

Meski berukuran besar, arwana ternyata bisa berakrobat juga. Khususnya spesies arwana silver, yang dicatat laman Animals bisa melompat keluar dari air hingga setinggi 1,5 meter untuk menangkap mangsanya. Karena kemampuannya itu, arwana silver sampai mendapat julukan unik yaitu monyet silver.

Hewan yang jadi santapan arwana sendiri sangat beragam. Mereka bisa dibilang sebagai pemakan segala karena sanggup makan hewan apapun yang bisa masuk ke mulutnya yang besar. Itu termasuk serangga, ikan kecil, udang, burung, ular, bahkan kelelawar!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Ikan Candiru, Hewan Mungil Paling Ditakuti di Amazon

3. Merupakan orang tua yang baik 

5 Fakta Arwana, Ikan Pembawa Keberuntungan yang Super Mahal ayushfishery.com

Mulut besar arwana ternyata tidak hanya dimanfaatkan untuk makan. Tidak seperti kebanyakan ikan, arwana adalah orang tua yang baik. Laman Aquarium Shop menyebut bahwa mereka akan memasukkan semua telurnya ke dalam mulutnya untuk proteksi. Jumlahnya cukup banyak lho, karena sekali bertelur arwana betina bisa menghasilkan 100-300 butir telur.

Telur-telur tersebut akan tetap berada dalam mulutnya dalam sampai menetas, yang bisa memakan waktu hingga 2 bulan. Beberapa spesies bahkan terus menjaga anak-anaknya di dalam sarang setelah menetas. Dan yang lebih keren, ternyata yang menjaga telur-telur arwana di dalam mulutnya bukan si betina melainkan si jantan!

4. Dianggap bawa keberuntungan 

5 Fakta Arwana, Ikan Pembawa Keberuntungan yang Super Mahal nationalgeographic.com

Arwana merupakan jenis ikan yang paling banyak dicari untuk dipelihara. Itu karena mereka dianggap sebagai pembawa keberuntungan, khususnya dalam kebudayaan China dimana mereka dianggap mirip naga yang bisa membawa kesuksesan. Apalagi spesies arwana merah, karena warna merah pun kerap dianggap perlambang keberuntungan.

Gak heran jika harga arwana menjadi sangat mahal. Laman Planet Arowana menyebut bahwa harga arwana merah dewasa bisa mencapai 9.000 poundsterling alias sekitar 160 juta rupiah. Namun, bisnis arwana sendiri membawa dampak buruk bagi populasi mereka. Beberapa spesies sudah terancam punah di alam bebas khususnya spesies yang berasal dari Asia.

5. Merupakan ikan yang sulit dipelihara 

5 Fakta Arwana, Ikan Pembawa Keberuntungan yang Super Mahal aquascope.net

Kalau kamu percaya bahwa arwana bisa membawa keberuntungan, mungkin kamu tertarik untuk memelihara mereka. Tapi kamu harus tahu bahwa mereka bukan peliharaan bagi orang awam. Selain karena harganya super mahal, perawatan mereka pun terbilang tidak mudah.

Ada beberapa faktor penyebabnya. Karena bertubuh besar dan suka melompat, maka akuarium yang digunakan pun harus berukuran besar. Mereka juga termasuk ikan yang sensitif dan mudah terserang parasit. Beberapa spesies suka pilih-pilih makanan, dan umumnya mereka hanya mau mengonsumsi mangsa hidup dan akan menolak pakan kering.

Itulah 5 fakta menarik ikan arwana, ikan unik yang konon membawa keberuntungan. Gimana, kamu tertarik memelihara ikan ini?

Baca Juga: 9 Hewan Liar Ini Gagal Dijadikan Hewan Jinak atau Didomestikasi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya