Comscore Tracker

7 Fakta Unik Bendera Negara, Kenapa Ada yang Segitiga? 

Bendera negara memiliki berbagai desain yang unik 

Bendera adalah sepotong kain yang digunakan sebagai lambang lembaga atau organisasi. Negara-negara yang ada di dunia ini pun memiliki benderanya masing-masing. Dengan berbagai warna, gambar, bahkan bentuk, setiap bendera negara di dunia didesain sedemikian rupa untuk menonjolkan identitas negara maupun bangsa yang mendiaminya.

Dari ratusan bendera yang ada di dunia, tentu ada beberapa bendera yang terbilang unik dibanding yang lain. Bendera negara mana sajakah itu dan apa fakta di baliknya? Berikut ini ulasan tujuh fakta unik tentang bendera negara-negara di dunia.

1. Ada tiga bendera negara yang tidak berbentuk persegi panjang

7 Fakta Unik Bendera Negara, Kenapa Ada yang Segitiga? cohortguide.com

Kamu tentu tahu bahwa sebuah bendera umumnya berbentuk persegi panjang. Namun, ternyata gak semua bendera negara di dunia mempunyai bentuk tersebut. Bendera Swiss dan Vatikan, misalnya, yang tidak berbentuk persegi panjang tapi justru persegi.

Namun, yang paling unik tentu adalah bendera Nepal. Negara di Asia Selatan itu memiliki bendera yang bentuknya berupa dua segitiga yang disatukan. Menurut laman World Population View, dua segitiga itu melambangkan Pegunungan Himalaya yang memang melewati wilayah Nepal.

2. Hanya dua bendera yang menggunakan warna ungu

7 Fakta Unik Bendera Negara, Kenapa Ada yang Segitiga? freepik/user16676214

Bendera-bendera di dunia memiliki warna yang beragam. Namun, tahukah kamu warna apa yang paling jarang terdapat dalam bendera? Ternyata, warna ungu! Dilansir World Atlas, hanya dua bendera negara yang menggunakan warna ungu, yaitu Nikaragua dan Dominika.

Warna ungu dalam kedua bendera itu pun gak dominan. Pada bendera Dominika, warna ungu terdapat pada gambar burung beo sisserou di tengah bendera. Burung beo sisserou adalah burung nasional Dominika yang memiliki bulu berwarna ungu.

Sementara, dalam bendera Nikaragua, warna ungu terdapat pada gambar pelangi di dalam segitiga di tengah bendera. Warna ungu sendiri memang jarang digunakan dalam bendera karena pada zaman dahulu, bahan pewarna ungu sangat langka dan sulit diproduksi. Makanya, banyak negara menghindari warna tersebut untuk menghindari kerugian.

3. Bendera Belize adalah yang paling warna-warni 

7 Fakta Unik Bendera Negara, Kenapa Ada yang Segitiga? cavesbranch.com

Kebanyakan bendera di dunia hanya terdiri dari dua atau tiga warna saja. Namun, bendera Belize justru menggunakan begitu banyak warna. Laman Flagpoles menyebut bahwa bendera Belize adalah yang paling warna-warni di dunia dengan dua belas warna. Selain itu, bendera tersebut juga dihiasi dengan beberapa gambar yang unik.

Baca Juga: Viral, TNI Menangis Lihat Bendera Merah Putih Berkibar Sobek dan Lusuh

4. Beberapa bendera dihiasi beragam gambar yang unik 

7 Fakta Unik Bendera Negara, Kenapa Ada yang Segitiga? uk-featherflags.co.uk

Berbicara soal gambar unik, gak hanya Belize saja yang memilikinya pada bendera mereka. Bendera Wales, misalnya, yang dihiasi naga besar berwarna merah. Selain Wales, bendera Bhutan pun memiliki gambar naga.

Sementara, Uganda memiliki bendera yang dihiasi gambar bangau mahkota kelabu, yang merupakan burung nasional negara Afrika tersebut. Siprus dan Kosovo memuat gambar peta negaranya dalam bendera mereka. Bendera Angola juga unik karena terdapat gambar golok dan roda gigi. Sementara, bendera Mozambik malah memuat gambar senapan AK-47!

5. Banyak negara yang menggunakan simbol religius dalam benderanya 

7 Fakta Unik Bendera Negara, Kenapa Ada yang Segitiga? churchpop.com

Banyak negara yang memilih untuk memakai simbol religius dalam benderanya. Menurut laman Pew Research, jumlahnya adalah 64 negara. Simbol religius yang paling umum adalah lambang salib yang terdapat dalam 31 negara. Sementara, gambar bulan bintang yang merupakan simbol Islam terdapat dalam 21 bendera negara.

Ada pula beberapa simbol religius lain, misalnya gambar matahari pada bendera Uruguay dan Argentina yang melambangkan dewa matahari Suku Inca di Amerika Selatan. Pada bendera Meksiko, terdapat gambar elang memakan ular yang merupakan simbol lambang kepercayaan terhadap dewa Suku Aztek. Ada juga bendera Israel, yang memuat gambar Bintang Daud, lambang Yudaisme.

6. Beberapa bendera tampak mirip dengan bendera negara lain 

7 Fakta Unik Bendera Negara, Kenapa Ada yang Segitiga? britannica.com

Beberapa negara juga memakai bendera yang mirip dengan bendera negara lain. Bendera Indonesia yang berwarna merah putih, misalnya, merupakan kebalikan dari bendera Polandia yang putih merah. Namun, masih ada yang lebih mirip dari itu.

Bendera Romania dan Chad, contohnya, yang urutan warnanya persis sama, yaitu biru, kuning, dan merah, namun memiliki shade warna yang sedikit berbeda. Bendera Luksemburg dan Belanda pun sama-sama merah, putih, dan biru, namun warna biru pada bendera Belanda lebih gelap. Beberapa bendera juga punya urutan warna yang persis sama, tapi dihiasi simbol yang berbeda.

7. Bendera Denmark adalah yang tertua, sedangkan Mauritania yang termuda

7 Fakta Unik Bendera Negara, Kenapa Ada yang Segitiga? antonpihl.wordpress.com

Desain bendera umumnya gak selalu sama. Sepanjang sejarah, banyak negara yang mengalami perubahan dalam desain benderanya. Dari semua desain bendera, bendera Denmark adalah yang tertua. Dilansir laman Oldest, desain bendera Denmark berasal dari tahun 1219 dan terus digunakan sampai sekarang.

Sementara, bendera termuda dimiliki oleh Mauritania. Negara yang terletak di Afrika Barat Laut ini sebenarnya sudah merdeka sejak 1960. Namun, baru pada 2017 silam, mereka mengganti desain bendera negaranya. Dari yang tadinya hanya hijau polos dengan bulan bintang kuning, kini bendera Mauritania dihiasi dua strip merah di bagian atas dan bawah.

Itulah tujuh fakta unik tentang bendera negara-negara di dunia. Menurutmu, bendera negara mana yang paling unik?

Baca Juga: Bendera Merah Putih Pertama di Kota Medan Ada di Museum TNI 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya