Comscore Tracker

6 Fakta Unik tentang Panda, Hewan Imut yang Imut dan Rakus!

Sudah tahu bahwa mereka adalah hewan omnivor? 

Panda adalah salah satu hewan terunik di dunia. Mereka termasuk keluarga beruang, tapi warnanya lain sendiri dibanding semua beruang lain. Gak seperti beruang lain yang suka makan daging, panda malah lebih doyan makan pohon bambu. Mereka juga berbeda dengan beruang lain yang tampak garang, karena panda malah selalu tampak imut bahkan hingga dewasa.

Namun keunikan panda gak hanya sebatas itu lho. Yuk pelajari 6 fakta unik lain tentang hewan endemik Tiongkok ini yang pasti akan membuatmu makin kagum pada mereka. Ini dia ulasannya.

1. Sangat rakus, panda bisa bertahan hidup dengan bambu karena malas 

6 Fakta Unik tentang Panda, Hewan Imut yang Imut dan Rakus!sciencenews.org

Panda adalah hewan yang terkenal dengan kerakusannya. Bagaimana tidak, mereka menghabiskan 10-16 jam sehari untuk makan! Jumlah bambu yang mereka konsumsi dalam sehari pun sangat banyak, yaitu mencapai 12 kg.

Tapi bahkan jumlah sebanyak itu pun sebenarnya gak cukup untuk hewan sebesar panda. Berat panda bisa mencapai 160 kg, sedangkan bambu hanya mengandung sedikit kalori. Maka laman BBC menyebut bahwa panda bisa bertahan hidup dengan bambu karena punya gaya hidup yang malas. Itu membuat panda hanya butuh 38 persen kalori yang biasa dibutuhkan hewan sebesar mereka.

2. Merupakan hewan omnivor 

6 Fakta Unik tentang Panda, Hewan Imut yang Imut dan Rakus!howtodoright.com

Meski merupakan fans sejati bambu, panda ternyata tidak seratus persen herbivor. Laman World Wildlife Fund menyebut bahwa 99 persen makanan panda adalah bambu, sementara 1 persennya adalah hewan kecil dan telur. Panda khususnya butuh makan daging saat mereka gak mendapat kalori yang sesuai kebutuhannya.

3. Ukuran bayi panda sangat kecil 

6 Fakta Unik tentang Panda, Hewan Imut yang Imut dan Rakus!dw.com

Panda adalah salah satu hewan yang perbandingan ukuran induk dan bayinya paling esktrem. Laman Huffpost menyebut bahwa induk panda memiliki berat rata-rata 90 kg, sedangkan bayi panda yang baru lahir hanya berbobot 100 gram. Artinya, induk panda berukuran 900 kali lebih besar dibanding bayinya.

Gak hanya sangat kecil, bayi panda juga terlahir dalam kondisi yang tampak seperti belum siap dilahirkan. Mereka buta dan tak berbulu. Butuh waktu lama bagi mereka untuk akhirnya membuka mata, yaitu usia 6-8 minggu, dan baru bisa merangkak pada usia 3 bulan. Dengan kondisi demikian, sekitar 40 persen bayi panda mati di alam liar.

Baca Juga: 5 Game Bertema Panda Terbaik untuk Android, Lucu Abis

4. Ada yang berwarna cokelat 

6 Fakta Unik tentang Panda, Hewan Imut yang Imut dan Rakus!irkstonenews.com

Meski terkenal dengan warna hitam putih, ternyata ada juga panda yang warnanya cokelat putih. Itu adalah panda qinling, subspesies panda dengan nama latin Ailuropoda melanoleuca qinlingensis. Panda qinling berukuran lebih kecil dari panda biasa, dan mereka tergolong langka karena diperkirakan hanya ada 200-300 ekor yang hidup di alam bebas.

5. Kadang buang air kecil sambil berdiri dengan kaki depannya 

6 Fakta Unik tentang Panda, Hewan Imut yang Imut dan Rakus!wwf.org.uk

Panda adalah hewan yang penyendiri. Mereka menandai wilayahnya dengan cara buang air kecil di batang pohon. Uniknya, kadang panda akan melakukannya sambil berdiri dengan kaki depannya, persis orang yang sedang handstand. Tujuannya adalah supaya mereka bisa meninggalkan baunya di titik yang lebih tinggi.

6. Panda adalah spesies beruang yang paling banyak bersuara 

https://www.youtube.com/embed/auPhO056GO4

Pernahkah kamu mendengar suara panda? Mungkin gak banyak orang yang tahu seperti apa suara mereka. Tapi jangan salah mengira mereka sebagai hewan pendiam, karena menurut Live Science, panda justru adalah spesies beruang yang paling sering bersuara. Suara mereka pun cukup unik, mirip seperti suara kambing atau domba, dan itu bisa kamu dengar dalam video di atas.

Itulah 6 fakta tentang panda, si hewan imut yang unik. Apakah mereka termasuk hewan favoritmu?

Baca Juga: Selain Hitam Putih, 5 Fakta Spesies Panda Cokelat Ini Harus Kamu Tahu

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya